Metode Pembelajaran Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa MTS

Authors

  • Rosid Bahar

DOI:

https://doi.org/10.23969/pjme.v5i2.2531

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar melalui metode Brainstorming dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selain itu, dikaji juga metakognisi siswa dengan menggunakan metode Brainstorming. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Masthuriyah Sukabumi, dengan sampelnya diambil secara acak dua kelas, satu kelas diberikan perlakuan dengan pembelajaran Brainstorming dan kelas yang satunya lagi dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis serta angket metakognisi. Analisis data menggunakan metode Mixed Method  Embedeed. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran melalui metode Brainstorming lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran Brainstorming lebih baik daripada siswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (3) Terdapat hubungan antara kemampuan koneksi dan metakognisi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-05-01