Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Desain yang digunakan adalah desain eksperimen semu (Quasi Experiment) yaitu rancangan kelompok-kontrol (pretest dan posttest). Sampel penelitiannya adalah 2 kelas, yaitu siswa kelas X RPL 2 yang terdiri dari 24 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X RPL 1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya: angket motivasi belajar matematika siswa, wawancara, observasi. Angket skala motivasi belajar matematika diberikan kepada siswa sesudah pembelajaran, angket ini terdiri dari 30 pernyataan yang dilengkapi dengan lima pilihan jawaban. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) meningkat, karena adanya peran serta guru dalam memfasilitasi dan mengakomodasi proses belajar mengajar dengan cara membuat kegiatan yang menarik sehingga membuat siswa lebih termotivasi.

Keywords

Analysis of Learning Motivation, Student Learning Motivation, NHT Learning

Article Details

How to Cite
Firmansyah, E., & Solihah, S. (2020). Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 68–82. https://doi.org/10.23969/pjme.v9i2.2715

References

Read More

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.