Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Kaizala Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa

Authors

  • Kusmayati . SMK KIMIA PERMENTASI

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar materi program linear berbasis mobile learning dengan berbantuan aplikasi kaizala yang layak digunakan untuk pembelajaran; (2) Menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan bahan ajar program linear berbasis mobile learning; (3) Menganalisis kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan bahan ajar program linear berbasis mobile learning; (4) Menganalisis adanya hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar. Metode yang digunakan adalah Reaserch & Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada  24 orang siswa di SMK Kimia Permentasi Bandung. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa, tes kemampuan komunikasi matematis dan angket kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Bahan ajar pada materi program linear termasuk kategori sangat layak dari ahli materi, sangat layak dari ahli media, dan sangat kuat untuk hasil analisis respon siswa; (2) Kemampuan komunikasi matematis termasuk dalam kategori tinggi setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (3) kemandirian belajar siswa termasuk dalam kategori “sebagian besar” siswa telah mandiri dalam belajar setelah  menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (4) Terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariawan & Nufus (2017). Hubungan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 82-91.

Barlianty, A, & Acep, A (2022)). Model problem based learning untuk mengembangkan kemampuan komunikasi dan kemandirian siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 15-29.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: the ADDIE approach. Springer Science & Business Media, Vol. 722.

Fitriana, N.A. (2016). Eksperimen pembelajaran dengan pendekatan open-ended dan Contextual teaching and learning (ctl) terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari motivasi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gatak semester genap tahun ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Disertasi.

Hermawati, R. (2015). Pengaruh pembelajaran inquiry training terhadap kemampuan komunikasi matematis dan representasi matematis siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Kodariyati, L., & Astuti, B. (2016). Pengaruh model PBL terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia , 4 (1), 93-106.

Komalasari, K. (2012). Pembelajaran kontekstual: konsep dan aplikasi. Refika Aditama: Bandung.

Kurnia, TD, Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE untuk pengembangan bahan ajar berbasis kemampuan pemecahan masalah berbantuan 3d pageflip. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 516-525.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Analisis kemampuan representasi matematis mahasiswa pada mata kuliah geometri transformasi berdasarkan latar belakang pendidikan menengah. Jurnal Matematika Integratif, 13(1), 28-33.

Magdalena, I., Septianti, N., Barlianty, L., & Farawansya, S. A. (2020). Penerapan model pembelajaran paikem gembrot di masa pandemi covid-19 terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SDN Kedaung Barat IV. EDISI, 2(2), 348-365.

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Hasil belajar mahasiswa melalui model peningkatan tutor sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran , 6(3), 609-616.

Mustakim, M. (2020). "Efektivitas pembelajaran daring menggunakan media online selama pandemi covid-19 pada mata pelajaran matematika." Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

NCTM. (2009). A Teaching Guide to Reasoning and Sense Making. http://www.nctm.org/uploadedFiles/

Parlina, M., Septian, A., & Inayah, S. (2021). Students' mathematical problem solving ability using the kaizala application assisted e-learning learning model. Jurnal Padegogik, 4(2), 23-31

Sari, L. K., & Madio, S. S. (2021). Kesulitan belajar matematika siswa melalui pembelajaran jarak jauh. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 409-420.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Susilawati, S. (2020). Pengembangan bahan ajar barisan dan deret berbasis mobile learning berbantuan microsoft kaizala berorientasi kemampuan berpikir kreatif dan self efficacy siswa. Universitas Pasundan: Tesis.

Wijayanto, A.D., Fajriah, S.N., & Anita, I.W. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97-104.

Yaniawati, P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core model on improving mathematical communication and connection, analysis of students’ mathematical disposition. International Journal of Instruction, 12(4).

Yanti, S., & Surya, E. (2017). Kemandirian belajar dalam memaksimalkan kualitas pembelajaran. Artikel Penelitian, December, 1–10.

Downloads

Published

2022-11-30