PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE GEOMETRI DATAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Zuhrotul Aini Universitas Hamzanwadi
  • Donna Boedi Maritasari Universitas Hamzanwadi
  • Musabihatul Kudsiah Universitas Hamzanwadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.10713

Kata Kunci:

Pembelajaran Matematika, materi bangun datar, media puzzle

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan media puzzle dan kelayakan media puzzle matematika berbasis kearifan lokal pada materi bangun datar  di kelas IV  di sekolah dasar dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media puzzle matematika berbasis kearifan lokal pada materi bangun datar di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian model  ADDIE yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu: tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap impelementasi dan tahap evaluasi. Uji coba lapangan dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Korleko Selatan dengan jumlah responden 12 siswa sebagai responden. Data yang diperoleh dalam penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Instrument pengumpulan data meliputi, lembar validasi dan angket respon siswa. Hasil antara lain : pada validasi  ahli media memperoleh jumlah skor keseluruhan 50, dengan rata-rata skor  3,66  dengan kategori/kriteria baik yang berada pada rentang skor  dan 40,8  50, 4 dari validator ahli materi memperoleh jumlah skor keseluruhan 54, dengan rata-rata skor  4,15 dengan kategori baik yang berada pada rentang skor 47, 58  58,74 dengan kategori baik. Oleh karena itu, media pembelajaran yang dihasilkan layak digunakan untuk memperoleh data pada uji coba lapangan. Berdasarkan hasil respon siswa yang di lakukan pada saat uji coba lapangan di peroleh hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran memiliki jumlah skor 700 menunjukkan respon siswa yang baik dengan rata rata  58,33 dan memiliki rentang 47,58  X  58,74 yang masuk dalam kategori baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengemembangan Model Addie Dan R2d2 : Teori Dan Praktik. Pasuruan: Lembaga Academic Dan Reseach Institute.

Beti, S., Uskono, I. V., Lakapu, M., Fermandez, M., & Dosinaeng, W. (2021). Analisis Konsep-Konsep Matematika Pada Oko Mama Masyarakat Kuanfatu Kabupaten Timor Tengah Selatan. Jurnal Kependidikan Matematika , 167-176.

Dian M. S, (2021). Pengembangan Media Permainan Puzzle Geometri Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini (Doctoral, UIN Raden Intan Lampung).

Enha, H.N (2015). Pengembangan Media Puzzle Pada Konsep Pengukuran Bangun Datar Terhadap Pemahaman Siswa Kelas IV MI Al-Mufidah Wongsorejo Banyungawi. (Doctoral Dissertation Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang)

Fahrurrozi, & Hamdi, S. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.

Fatihul, A. N., & Walujo, D. A. (2021). Metode Penelitian Pengembangan Bidang Pembelajaran (Edisi Khusus Mahasiswa Pendidikan Dan Pendidik). Tanggerang Selatan: Anggota Ikpai.

Hamid, A. M., Ramadhani, R., Juliana, M., Safitri, M., Jamaludin, M. M., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research& Development). Malang: Literasi Nusantara Abadi.

KLestari, F., Maylita, F., Hidayah, N., & Junitawati, D. F. (2020). Memahami Karakteristik Anak. Madiun: Cv. Bayfa Cendekia Indonesia.

Kriswandi, W. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika. Satya Wacana. 978-979-1098-78-1

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Researchand Development).

Muhammad. 2018. Sumber Belajar. Mataram: Sanabil.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat , 171-187.

Nursyahidah, F. (2015). Penelitian pengembangan. Penelitian dan pengembangan, 11, 2-23.

Satrianawati. (2018). Media Dan Sumber Belajar. Sleman: Grup Penerbit Cv Budi Utama.

Suharjan Agus & Markaban. (2009). Geometri Datar Dan Ruang Di Sd.Yogyakarta: Sleman Kepala PPPPTK Matematika Kepala Bidang Program Dan Formasi.

Sumarni, Sri (2019). Model Penelitian dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap (Mantap). Project Report. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Yogyakarta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana.

Wulansari, S, Pangestika, R.R. & Ratnaningsih, A. (2022). Pengemabangan Media Puzzle Matematika Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Bangun Datar Di Kelas IV SDN Ketangi. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 44-50

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-28