ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PADA MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE) DENGAN METODE FLIPPED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM

Penulis

  • Deby Khardita Universitas negeri semarang
  • Isnarto Universitas Negeri Semarang
  • Tri Sri Noor Asih Universitas Negeri Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.10806

Kata Kunci:

Kemampuan Penalaran Matematis, Kemandirian Belajar, Model Pembelajaran Student Facilitator Explaining, Metode Flipped Learning, Google Classroom

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pembelajaran matematika setelah diterapkan Model Pembelajaran Student Facilitator Explaining Dengan Metode Flipped Learning Berbantuan Google Classroom  terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, dokumentasi, angket, dan observasi. Isntrumen penelitian yang dipakai yaitu soal tes kemampuan penalaran matematis, skala liket kemandirian belajar, lembar observasi dan keterlaksanaan pembelajaran. Pada penelitian ini, metode penelitian kuantitatif dengan sampel penelitian teknik purposive sampling dan diperoleh VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Dengan hasil penelitian (1) pembelajaran SFEberbantuan Google Classroom berkualitas terhadap kemampuan penalaran matematis siswa (2) Terdapat pengaruh cukup kuat kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan penalaran matematis pada model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) menggunakan metode flipped learning berbantuan Google Classroom

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aini, P. N., & Taman, A. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48–65.

Alpandi, A., Prihatiningtyas, N. C., & Husna, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar di SMP Negeri 13 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(2), 101.

Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Riview. LEMMA: Letters Of Mathematics Education, 8(2), 61–75.

Ashri Khardita, D., Agoestanto, A., & Khardita, D. A. (2023). Systematic Literature Review: Mathematical Reasoning Ability In Mathematics Learning. Symmetry | Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 8(1). https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.7632

Birgili, B., Seggie, F. N., & Oğuz, E. (2021). The trends and outcomes of flipped learning research between 2012 and 2018: A descriptive content analysis. Journal of Computers in Education, 8(3), 365–394. https://doi.org/10.1007/s40692-021-00183-y

Cahya, I. M., & Warmi, A. (2019). Analisis Tingkat Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi.

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., Bernard, M., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa SMP Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works an How? Journal of Education and Social Sciences, 3. http://www.ucalgary.ca/~dmjacobs/phd/diss/Image74.gif

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika), 1(1), 18–36.

Jannah, N. W. (2018). Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Siswa SD Kelas 5.

Kalsum Nasution, M. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. 11(1).

Karim, M., & Saptono, S. (2020). Penerapan Flipped Learning Pada Pembelajaran Daring Efek Pandemi Covid-19 dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Man Salatiga Pada Materi Sel. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 2016, 141–145.

Nurul Zannati, G. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan PEnalaran Matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2).

Rachmayani, D. (2013). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika , 3(1).

Sawitri, D., & Harapan Bima, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index

Setiawati, S. (2019). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar dalam Menyelesaikan Soal Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.143

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. In Hotel Grasia. www.pisaindonesia.wordpress.com

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (19th ed.). Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–10.

Wardah Batin, A. Z. (2022). Penerapan Model Penerapan Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa XI IPS 2 SMA Negeri 1 Leuwiling. http://jurnaledukasia.org.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-28