A PENGARUH PEMBELAJARAN LESSON STUDY BERBASIS PROYEK DALAM BENTUK INFOGRAFIS DAN KETERAMPILAN 4C TERHADAP HASIL BELAJAR METODOLOGI PENELITIAN DENGAN KOVARIABEL MOTIVASI MAHASISWA

Hasil Belajar, Infografis, Keterampilan 4C, Motivasi, PjBL

Penulis

  • Dwi Yulianto STKIP La Tansa Mashiro

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.8603

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Infografis, Keterampilan 4C, Motivasi, PjBL

Abstrak

Pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dosen era pandemi adalah Lesson Study (LS) yang dikolaborasikan dengan pemberian tugas berupa proyek Infografis berbasis 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration) terhadap hasil belajar metodologi penelitian dengan kovariabel motivasi mahasiswa. Tujuan penelitian ini mengkaji pembelajaran LS berbasis proyek Infografis dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir 4C mahasiswa. Pelaksanaan lesson study yaitu persiapan (plan), pelaksanaan (do), refleksi (check) dan tindak lanjut (act). Rancangan penelitian berupa quasi eksperimen, rancangan single factor independent groups design dengan menggunakan kovariat. Populasi penelitian adalah mahasiswa STKIP La Tansa Mashiro dengan sampel 46 mahasiswa melalui teknik purposive sampling. Data penelitian menggunakan metode Non tes dan Tes serta dianalisis menggunakan Uji Anava One Way, Anacova dan Product moment. Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh model LS berbasis proyek Infografis dan keterampilan 4C terhadap hasil belajar metodologi penelitian. 2) terdapat pengaruh model LS berbasis proyek Infografis dan keterampilan 4C terhadap hasil belajar metodologi penelitian dengan kovariabel motivasi mahasiswa. 3) Terdapat pengaruh signifikan secara bersama-sama antara motivasi mahasiswa terhadap hasil belajar metodologi penelitian. Kesimpulkan model LS berbasis proyek Infografis dan keterampilan 4C mempengaruhi hasil belajar metodologi penelitian dan terdapat kontribusi motivasi terhadap hasil belajar metodologi penelitian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Adiastuty, N. (2015). Tahapan Pembelajaran Matematika SMK yang Mengarah pada Pemecahan Masalah (POLYA). Jurnal Euclid Prodi Pendidikan Matematika Uswagati Cirebon, 2(2).

April, V. N., & Soenyoto, T. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). The Journal of Physical Education, 1(1), 1–15.

Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Assiddiqi, D., R,. (2021). Peluang Menurunnya Capaian Hasil Belajar (Learning Loss) dan Alternatif Solusinya: Kajian Kasus Pembelajaran Online di Era Pandemi Covid-19 di Jurusan Teknik Mesin Unesa. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin: JPTM, 10(3).

Chandra, F. (2016). Pengaruh Problem Possing Berbantuan Mind Mapping terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal AXIOMA Jurnal Pendidikan Universitas Islam Jember, 1(1).

Daryanto dan Karim. (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Dit. PSMA Ditjen. (2017). Pendidikan Dasar dan Menengah. Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di SMA. Jakarta: Dit. PSMA Ditjen. Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Djaali (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dudley, P. (2014). Lesson Study: A handbook. Www.Lessonstudy.Co.Uk, 1–17. Retrieved from http://lessonstudy.co.uk/wpcontent/uploads/2012/03/Lesson pdf

Hendayana, Sumar, dkk. (2012). Lesson Study: Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik. Bandung: UI Press.

Huzaimah, P dan Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1).

Khomaria, I., Kartono, & Lestari, L. (2017). Penggunaan Media Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktia Dwija Indria.

Khotimah & Yuliastuti, (2019). Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Kegiatan 5S Di Sekolah Dasar. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 2(1) pp. 28-31.

Mahsup, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i2.594

Miftah, M. N., Rizal, E., & Anwar, R. K. (2016). Pola Literasi Visual Infografer dalam pembuatan Informasi Grafis (Infografis). Jurnal Kajian Informas & Perpustakaan, 87-94.

Nurlizawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1),33-41 DOI: https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127

Rahmi, A dan Suparman. (2019). Analisis Kebutuhan Modul dengan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan 4C pada Peserta Didik. Prosiding Sendika, 5(1).

Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Sarjani, N.M., Marhaeni, A.N. and Tika, I.N., (2014). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Teknik Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD 4 Tuban dengan Kovariabel Sikap Ilmiah. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1).

Ozdamli, F., Kocakoyun, S., Sahin, T., & Akdag, S. (2016). Statistical Reasoning of Impact of Infographics on Education. 12th International Conference on Application of Fuzzy Systems and Soft Computing (pp. 370-377). Vienna: Elsevier.

Suratno, T. (2012). Lesson study in Indonesia: an Indonesia University of Education experience. International Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 196– 215.

Susilo, Herawati, et. al., (2009). Lesson Study Berbasis Sekolah. Malang: Bayu Media.

Triana, D. dkk. (2020). Effectiveness of Environmental Change Learning Tools Based on STEM-PjBL Towards 4C Skills of Students. Journal of Innovative Science Education, 9(2).

Widiawati, Leni dkk. (2018). Higher Order Thinking Skills as Effect of Problem BasedLearning in the 21st Century Learning. International Journal of Multikultural dan Understanding Multireligious, 5(3)

Wiharto, M. (2017). Kegiatan Lesson Study Dalam Pembelajaran. In FGD-Pengayaan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (pp. 22–30).

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek. Sulawesi Tengah: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tadulako

Yudhanto. (2015). Pengembangan Sop Berbasis Infografis Jenis – Jenis Penelitian untuk Perkuliahan Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(1)

Yulianto, Dwi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran STEM-PjBL untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Symmetry: Journal of Research in Mathematics Learning, 1(2).

Yusnaeni, Herawati, S., A.D. Corebima, Siti, Z. (2016). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran Search Solve Create and Solve di SMA. Prosiding Seminar Nasional Biologi. (p. 443-446).

Yusup & Sari, (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Kalkulus. Research And Development Journal Of Education, 6(2) Pp: 01 – 12

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-28