Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Dongeng Janji Seekor Tikus dan Semut Terbitan FAM Publishing Edisi Februari 2018

Authors

  • Doni Subrata Universitas Riau Kepulauan, Kota Batam, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/wistara.v4i2.11141

Keywords:

Nilai, Pendidikan, Dongeng

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan dalam kumpulan cerita dongeng Janji Seekor Tikus dan Semut terbitan FAM publishing edisi Februari 2018. Nilai-nilai pendidikan dalam suatu cerita mencakup sejumlah aspek yang dapat memberikan kontribusi signifikan pada pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman moral. Diantara nilai-nilai tersebut terdapat nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan religi dimana nilai ini  menyampaikan pesan moral dan etika melalui karakter, konflik, dan perkembangan plot yang ada di dalam suatu karya sastra melalui peristiwa yang dihadapi oleh tokoh-tokoh dongeng. Dalam Penelitian ini ditemukan beragam nilai-nilai pendidikan yang terdapat  di dalam kumpulan dongeng yang berjudul Janji Seekor Tikus dan Semut. Dalam dongeng ini ditemukan nilai amanah, tepat janji, penyayang, sabar, peduli, suka menolong, sikap memaafkan, kepedulian,  sikap berbagi,  kepercayaan terhadap takdir Allah, selalu membiasakan berdoa, dan bersedekah kepada orang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, A. (2021). Analisis Nilai Pendidikan Dalam Novel Sepatu Dahlan Karya Khrisna Pabhicara. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 1–6.

Haryadi, R. N., Santoso, D. A. A., Pahrizan, P., Ilham, D., & Sunarsi, D. (2021). Strength and Weakness of Oxford English Textbook “Aim High 5” by Susan Iannuzzi and Paul Kelly Based on the 2013 Curriculum. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3), 662-674.

Nurachmana, A., Purwaka, A., Supardi, S., & Yuliani, Y. (2020). Analisis Nilai Edukatif dalam Novel Orang-orang Biasa Karya Andrea Hirata: Tinjauan Sosiologi Sastra. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1), 57–66.

Solumuthu, K., Thambu, N., & Krishta, T. (2023). Educators� perspective on the innovation of Moral education textbooks for the development of future society. Muallim Journal of Social Sciences and Humanities, 98–110.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. In Bandung:Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-28