PETA POSITIONING UANG ELEKTRONIK BERDASARKAN PERSEPSI MASYARAKAT DI INDONESIA TAHUN 2017
DOI:
https://doi.org/10.23969/jrbm.v10i2.468Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya perkembangan uang elektronik di Indonesia yang menggantikan transaksi tunai. Penelitian ini dilakukan pada lima objek yaitu Mandiri e-money, Flazz BCA, BRIZZI, Rekening Ponsel dan Tapcash BNI. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran peta positioning mengenai uang elektronik berdasarkan persepsi masyarakat yang menggunakan dan tidak menggunakan uang elektronik di Indonesia tahun 2017. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dan teknik analisis data menggunakan multi dimensional scaling. Hasil persepsi berdasarkan kemiripan menunjukkan bahwa uang elektronik merek Flazz BCA dan Mandiri e-money dan pada merek BRIZZI dan Tapcash BNI memiliki kemiripan antar produknya. Namun, merek Rekening Ponsel tidak memiliki kemiripan. Hasil persepsi berdasarkan atribut, pengguna mempersepsikan Mandiri e-money paling unggul dan bukan pengguna mempersepsikan Flazz BCA paling unggul.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2017-09-29
Terbitan
Bagian
Articles