PETA POSITIONING UANG ELEKTRONIK BERDASARKAN PERSEPSI MASYARAKAT DI INDONESIA TAHUN 2017

Penulis

  • Nisa Salsabila Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom Bandung
  • Refi Rifaldi Giri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom Bandung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jrbm.v10i2.468

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya perkembangan uang elektronik di Indonesia yang menggantikan transaksi tunai. Penelitian ini dilakukan pada lima objek yaitu Mandiri e-money, Flazz BCA, BRIZZI, Rekening Ponsel dan Tapcash BNI. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran peta positioning mengenai uang elektronik berdasarkan persepsi masyarakat yang menggunakan dan tidak menggunakan uang elektronik di Indonesia tahun 2017. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling dan teknik analisis data menggunakan multi dimensional scaling. Hasil persepsi berdasarkan kemiripan menunjukkan bahwa uang elektronik merek Flazz BCA dan Mandiri e-money dan pada merek BRIZZI dan Tapcash BNI memiliki kemiripan antar produknya. Namun, merek Rekening Ponsel tidak memiliki kemiripan. Hasil persepsi berdasarkan atribut, pengguna mempersepsikan Mandiri e-money paling unggul dan bukan pengguna mempersepsikan  Flazz BCA paling unggul.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-09-29

Terbitan

Bagian

Articles