Kajian Pemahaman Para Pelaku Bisnis di Pasar Tradisional Terhadap Efek Digitalisasi dan Strategi Untuk Meningkatkan Pendapatan

Authors

  • Rifaldo Muhammad Stmik likmi
  • Franciskus Antonius Alijoyo School of Business and Information Technology STMIK LIKMI Bandung

Keywords:

Digitalisasi, Pasar Tradisional, Dampak, Strategi, Adaptasi

Abstract

Sejak jaman dahulu pasar tradisional adalah salah satu penggerak perekonomian secara global, dimana pasar tradisional menjadi panggung untuk berinteraksi antara pelaku usaha atau pelaku bisnis dan konsumen dengan cara yang unik. namun kinidengan adanya kemunculan revolusi digital, pasar tradisional menghadapi dampak dan tantangan secara signifikan dalam mempertahankan relevansinya. Penilitan ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemahaman para pelaku bisnis di pasar tradisional terhadap efek digitalisasi dan bagaimana dampak digitalisasi mempengaruhi strategi hingga adaptasi mereka

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, I., Studi, P., Wilayah, P., Kota, D., Arsitektur, J., & Teknik, F. (n.d.-b). PENGUATAN SINERGI ANTARA PASAR TRADISIONAL DAN MODERN DALAM RANGKA MEWUJUDKAN PEMERATAAN PEMBANGUNAN EKONOMI KERAKYATAN.

Bidang, G. B., Manajemen, I., Manajemen, J., Bisnis, F., Uii, E., Pengukuhan, P., & Besar, G. (2021). Digitalisasi UMKM untuk Meningkatkan Ekonomi dan Pencapaian SDGs.

Dicky Supriatna, A., & Alijoyo, F. A. (n.d.). Increasing The Competitiveness Of Sukasari District UMKM Through Digital Technology-Based Cooperatives 1. http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/InfoSains

Hamzah, M., Febrianto, A., Yakin, A., Nurbayah, S., Fiktor Riyantoro, S., Nurul Jadid Paiton Probolinggo, U., & Tinggi Agama Islam An-Nawawi Purworejo, S. (n.d.-a). PENGUATAN EKONOMI PESANTREN MELALUI DIGITALISASI UNIT USAHA PESANTREN. In Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (Vol. 8, Issue 01). http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie

Hamzah, M., Febrianto, A., Yakin, A., Nurbayah, S., Fiktor Riyantoro, S., Nurul Jadid Paiton Probolinggo, U., & Tinggi Agama Islam An-Nawawi Purworejo, S. (n.d.-b). PENGUATAN EKONOMI PESANTREN MELALUI DIGITALISASI UNIT USAHA PESANTREN. In Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam (Vol. 8, Issue 01). http://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie

Ratnawati, A., Sudrartono, T., Bisnis, M., & Ganesha, P. P. (n.d.-c). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKAT VOLUME PENJUALAN PADA USAHA TOKO ROTI SARI GOOD CIMAHI.

Rohimah, A. (2019). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. KANAL: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 91. https://doi.org/10.21070/kanal.v6i2.1931

Chusumastuti, D., Riani Elisabeth, C., Suryadharma, M., Dorthy Ellyany Sinaga, H., Tinggi Multi Media, S., & Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya, S. (2023). Gangguan Digital dan Transformasi Ekonomi: Menganalisis Dampak E-commerce terhadap Industri Tradisional. In Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan West Science (Vol. 1, Issue 03).

Radiansyah, E. (2022). PERAN DIGITALISASI TERHADAP KEWIRAUSAHAAN DIGITAL: TINJAUANLITERATURDAN ARAH PENELITIAN MASA DEPAN. JURNAL ILMIAH MANAJEMEN BISNIS DAN INOVASI UNIVERSITAS SAM RATULANGI VOL.9 NO.2, 828-837.

Published

2025-12-09

Most read articles by the same author(s)