DESIGN PROSES BISNIS LAYANAN SISTEM REGISTRASI DAN TIKETING UNTUK PENYELENGGARAAN ACARA (EVENT ORGANIZER)

Authors

  • Doddi Sudartha STMIK LIKMI Bandung
  • Franciskus Antonius Alijoyo Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer LIKMI, Bandung, Indonesia
  • Tri Widarmanti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom, Bandung, Indonesia

Keywords:

Proses bisnis; use case diagram; activity diagram; event organizer; registration system; ticketing system

Abstract

Industri penyelenggara acara di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang pesat, sehingga membutuhkan sistem yang efisien untuk mengelola proses registrasi dan tiket. Metode tradisional memakan waktu dan menimbulkan masalah seperti antrian panjang, kesalahan data, tiket yang hilang, dan logistik persediaan yang tidak terkelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah ini dengan merancang proses bisnis layanan sistem pendaftaran dan tiket. Penelitian ini menggunakan paradigma prototipe, data diolah dengan analisis pemodelan, diagram layanan sistem, dan proses bisnis di identifikasi menggunakan use-case dan activity diagram, lalu di disain menggunakan diagram package. Melalui rancangan proses bisnis layanan sistem registrasi dan ticketing solusi yang efisien, akurat, dan aman untuk mengelola proses registrasi dan ticketing penyelenggara acara dapat dicapai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J., & Reijers, H. A. (2013). Fundamentals of Business Process Management. Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-33143-5

Firza Setyananda, A., Yuniar Putri, A., & Antonius Alijoyo, F. (2023). Business Process Management Employee Recruitment PT. EXA Solutions Partners. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(4), 3034–3037. https://doi.org/10.24815/jr.v6i4.36222

Hadiwiyanti, R., Suryanto, T. L. M., & Wibowo, N. C. (2021, April 27). Implementation of Event Management System Based on Campus Event Man-agement Information System As “Sistem Informasi Manajemen Acara Kampus” (SEMARAK). Nusantara Science and Technology Proceedings. https://doi.org/10.11594/nstp.2021.0912

Hannan, A. A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Api Layanan Lokal Bandung Raya Berbasis Aplikasi KAI Access (Studi Kasus Pada PT KAI). Applied Business and Administration Journal, 2.

Khalisah, N. (2023). Perkembangan Pesat Event Organizer di Indonesia - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/najmikhalisah7405/656da04612d50f51ae34eee2/perkembangan-pesat-event-organizer-di-indonesia

Lee, G., & Lin, H. (2005). Customer perceptions of e‐service quality in online shopping. International Journal of Retail & Distribution Management, 33(2), 161–176. https://doi.org/10.1108/09590550510581485

Nugroho, R. E. (2019). Pembuatan Sistem Informasi ”ETICK” (Event Registration and Ticketing) Menggunakan Framework Laravel. Indonesian Journal of Applied Informatics, 3(1), 11. https://doi.org/10.20961/ijai.v3i1.25794

Oktavenus, R. (2019). Analisis Pengaruh Transformasi Digital dan Pola Perilaku Konsumen Terhadap Perubahan Bisnis Model Perusahaan di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), 44. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i5.6080

Putri. (2023, October 25). Sistem Pengelolaan Event Terbaik untuk Event Organizer - Surya Digital Teknologi. Surya Digital. https://suryadt.co.id/teknologi/sistem-pengelolaan-event-untuk-eo/

Richard, M. (2019). Industri Event Organizer Diproyeksi Tumbuh 20% Tahun Ini. https://ekonomi.bisnis.com/read/20190213/12/888451/industri-event-organizer-diproyeksi-tumbuh-20-tahun-ini

Rozak, A., & Srihadiati, T. (2024). Tinjauan Kriminologis Terhadap Praktik Penipuan Calo Tiket Konser di Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 6707–6717.

Tommy Kuncara, Arman Syah Putra, Nurul Aisyah, & VH. Valentino. (2021).

Downloads

Published

2025-12-09

Most read articles by the same author(s)