DESIGN PROSES BISNIS LAYANAN SISTEM REGISTRASI DAN TIKETING UNTUK PENYELENGGARAAN ACARA (EVENT ORGANIZER)
Keywords:
Proses bisnis; use case diagram; activity diagram; event organizer; registration system; ticketing systemAbstract
Industri penyelenggara acara di Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang pesat, sehingga membutuhkan sistem yang efisien untuk mengelola proses registrasi dan tiket. Metode tradisional memakan waktu dan menimbulkan masalah seperti antrian panjang, kesalahan data, tiket yang hilang, dan logistik persediaan yang tidak terkelola dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah ini dengan merancang proses bisnis layanan sistem pendaftaran dan tiket. Penelitian ini menggunakan paradigma prototipe, data diolah dengan analisis pemodelan, diagram layanan sistem, dan proses bisnis di identifikasi menggunakan use-case dan activity diagram, lalu di disain menggunakan diagram package. Melalui rancangan proses bisnis layanan sistem registrasi dan ticketing solusi yang efisien, akurat, dan aman untuk mengelola proses registrasi dan ticketing penyelenggara acara dapat dicapai.
Downloads
References
Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J., & Reijers, H. A. (2013). Fundamentals of Business Process Management. Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-33143-5
Firza Setyananda, A., Yuniar Putri, A., & Antonius Alijoyo, F. (2023). Business Process Management Employee Recruitment PT. EXA Solutions Partners. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(4), 3034–3037. https://doi.org/10.24815/jr.v6i4.36222
Hadiwiyanti, R., Suryanto, T. L. M., & Wibowo, N. C. (2021, April 27). Implementation of Event Management System Based on Campus Event Man-agement Information System As “Sistem Informasi Manajemen Acara Kampus” (SEMARAK). Nusantara Science and Technology Proceedings. https://doi.org/10.11594/nstp.2021.0912
Hannan, A. A. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Api Layanan Lokal Bandung Raya Berbasis Aplikasi KAI Access (Studi Kasus Pada PT KAI). Applied Business and Administration Journal, 2.
Khalisah, N. (2023). Perkembangan Pesat Event Organizer di Indonesia - Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/najmikhalisah7405/656da04612d50f51ae34eee2/perkembangan-pesat-event-organizer-di-indonesia
Lee, G., & Lin, H. (2005). Customer perceptions of e‐service quality in online shopping. International Journal of Retail & Distribution Management, 33(2), 161–176. https://doi.org/10.1108/09590550510581485
Nugroho, R. E. (2019). Pembuatan Sistem Informasi ”ETICK” (Event Registration and Ticketing) Menggunakan Framework Laravel. Indonesian Journal of Applied Informatics, 3(1), 11. https://doi.org/10.20961/ijai.v3i1.25794
Oktavenus, R. (2019). Analisis Pengaruh Transformasi Digital dan Pola Perilaku Konsumen Terhadap Perubahan Bisnis Model Perusahaan di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(5), 44. https://doi.org/10.24912/jmbk.v3i5.6080
Putri. (2023, October 25). Sistem Pengelolaan Event Terbaik untuk Event Organizer - Surya Digital Teknologi. Surya Digital. https://suryadt.co.id/teknologi/sistem-pengelolaan-event-untuk-eo/
Richard, M. (2019). Industri Event Organizer Diproyeksi Tumbuh 20% Tahun Ini. https://ekonomi.bisnis.com/read/20190213/12/888451/industri-event-organizer-diproyeksi-tumbuh-20-tahun-ini
Rozak, A., & Srihadiati, T. (2024). Tinjauan Kriminologis Terhadap Praktik Penipuan Calo Tiket Konser di Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4, 6707–6717.
Tommy Kuncara, Arman Syah Putra, Nurul Aisyah, & VH. Valentino. (2021).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






