PERAN GURU PENGGERAK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurinda Herta Universitas Jambi
  • Yantoro Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi, Indonesia
  • Bunga Ayu Wulandari Magister Pendidikan Dasar, Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13187

Abstract

Kurikulum merupakan bagian integral dari pendidikan dan berperan sebagai pedoman untuk proses pembelajaran di sekolah. Kurikulum tidak hanya sebagai dokumen, tetapi juga sebagai alat bagi guru untuk menyelenggarakan pembelajaran yang efektif. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Subjek penelitian meliputi guru penggerak, kepala sekolah, guru, dan pengawas. Instrumen pengumpulan data meliputi lembar observasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian tentang peran guru penggerak dalam implementasi Kurikulum Merdeka di tiga sekolah dasar di Kota Jambi mengungkapkan beragam pendekatan yang berhasil diterapkan. Di SD Negeri 01/IV, guru penggerak memulai dengan asesmen diagnostik non-kognitif, menyusun modul ajar sesuai kebutuhan siswa, dan menerapkan pembelajaran diferensiasi. Di SD Negeri 151/IV, mereka berhasil menerapkan Kurikulum Merdeka dengan penilaian komprehensif, dengan dukungan dari kepala sekolah dan fasilitas belajar. Di SD Negeri 138/IV, fokus guru penggerak adalah pada pengembangan soft skill dan karakter siswa melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana Nurhasanah, Reksa Adya Pribadi, M. D. N. (2021). ANALISIS KURIKULUM 2013. Didaktik : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 8, 322–328.

Cintamulya, I. (2015). Peranan Pendidikan dalam Memepersiapkan Sumber Daya Manusia di Era Informasi dan Pengetahuan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 90–101. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.89

Febia Ghina Tsuraya, Nurul Azzahra, Salsabila Azahra, & Sekar Puan Maharani. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Sekolah Penggerak. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 179–188. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.860

Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988

Nurul Hadi Mustofa, B. S. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional Di Sekolah Penggerak Sdn 3 Glinggangan Kecamatan Pringkuku Pacitan. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2, 1–9.

Poch, Y., Sumolang, I., M, S., Kowarin, & Makaluy, S. (2023). Kendala Guru Pak Dalam Mengimplementasi Strategi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan DIDAXEI , 4, 658–670.

Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran, M. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1194–1200. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.524

Sherly, , Edy Dharma, H. B. S. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference.

Supriadi, H. (2016). Peranan Pendidikan Dalam Pengembangan Diri Terhadap Tantangan Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(2), 92–119.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Downloads

Published

2024-04-08