ANALISIS STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA PADA PELAJARAN IPS

Authors

  • Rosda Fatimah PGSD FKIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay PGSD FKIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Citra Ayu PGSD FKIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Afriza Rahma Rani PGSD FKIP Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i04.21783

Keywords:

Strategy, Character, Pancasila Student Profile

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi Pendidikan saat ini di Indonesia yang belum sepenuhnya berhasil dalam aspek pembentukan karakter siswa. Oleh karena itu, penerapan karakter profil pelajar pancasila perlu untuk diterapkan pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi yang digunakan guru dalam membentuk karakter profil pelajar Pancasila pada Pelajaran IPS di SDN 25 Pekanbaru. Pada penelitian ini menerapkan penggunaan metode kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas IV dan V. Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi yang diterapkan oleh guru dalam pembentukan karakter profil pelajar pancasil dalam Pelajaran IPS yaitu: 1) Guru memberikan pemahaman. 2) Guru melakukan pembiasaan. 3) Guru memberikan teladan. 4) Guru memberikan hukuman Adapun faktor penghambat dalam penerapan strategi pembentukan karakter profil pelajar Pancasila adalah terbatasnya waktu disekolah, kurangnya pemahaman guru terhadap profil pelajar Pancasila, dan hambatan yang berasal dari diri siswa yang sulit mengikuti pembiasaan yang telah dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnyana, K. S. (2020). Peran Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pembentukan Karakter. Pendidikan Dasar, 1(1), 11–20. Https://Jurnal.Stahnmpukuturan.Ac.Id/Index.Php/Edukasi/Article/View/523

Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 4(02), 67–75. Https://Doi.Org/10.46772/Kontekstual.V4i02.995

Amini, A., Hadifina, C. J., Devi, M. C., & Rafiqi, M. (2023). Strategi Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Journal On Education, 05(03), 6928–6932.

Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan Guru Dalam Manajemen Peserta Didik. Karimah Tauhid, 1(2), 234–239. Https://Doi.Org/10.30997/Karimahtauhid.V1i2.7701

Gunadi, S. S., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Analisis Strategi Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Penguatan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 13(1), 177–184. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58230/27454312.468

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(32), 274–285. Https://Doi.Org/10.47732/Alfalahjikk.V17i2.26

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V6i1.3622

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter. Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.51476/Dirasah.V5i2.402

Nikma, S., & Rozak, A. (2023). Kurikulum Merdeka Dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan. Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(1), 36–48. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33511/Qiroah.V13n1.36-48

Nurgiansah, T. H. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33-41.

Nurhaida, N., & Musa, M. I. (2015). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 1–14. Https://Jurnal.Usk.Ac.Id/Pear/Article/View/7506

Prasrihamni, M., Zulela, Z., & Edwita, E. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31949/Jcp.V8i1.1922

Suhara, Y. I., Kiska, N. D., & Aldila, F. T. (2022). Hubungan Karakter Gemar Membaca Terhadap Hasil Belajar Tematik Peserta Didik Sekolah Dasar. Integrated Science Education Journal, 3(1), 11–15. Https://Doi.Org/10.37251/Isej.V3i1.182

Susilowati, D. (2022). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas. Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (Semnastekmu), 2(2), 256–266. Https://Prosiding.Stekom.Ac.Id/Index.Php/Semnastekmu

Sutiyono, S. (2022). Analisis Faktor Pendukung Dan Faktor Penghambat Pembentukan Profil Pelajar Pancasila Sd Negeri Deresan Sleman. Journal Of Nusantara Education, 2(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.57176/Jn.V2i1.39

Downloads

Published

2024-12-31