PENGARUH MEDIA WAYANG KERTAS BERMUATAN CERITA DONGENG SASAK TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 5 SDN 42 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.24898Keywords:
Paper Puppet Media, Sasak Folktales, Listening Comprehension SkillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media wayang kertas bermuatan cerita dongeng Sasak terhadap keterampilan menyimak siswa kelas V di SDN 42 Mataram. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group. Sampel terdiri dari 38 siswa yang dibagi rata ke dalam kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengumpulan data melalui tes, wawancara, dan observasi, serta dianalisis menggunakan uji t. Hasil menunjukkan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen (80,63) lebih tinggi dibanding kelas kontrol (75,89), dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, media wayang kertas berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan menyimak siswa.Downloads
References
Agustin, N. S. (2019). Penggunaan media wayang kertas untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita melalui metode demonstrasi peserta didik kelas II SD Muhammadiyah Benjeng Gresik (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).
Astuti, P. (2021). Konstruksi Penilaian Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Tingkat SMP Negeri Kecamatan Marpoyan Damai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Aswasulasikin, A., Pujiani, S., Saputra, H., & Husni, M. (2024). Meningkatkan minat baca siswa melalui dongeng kearifan lokal Sasak pada siswa kelas 2 SDN 1 Waringin. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 581-594.
Bungin, B. (2005). Metode penelitian kuantitatif. Kencana.
Cahaya Rizki, M., Tahir, M., & Istiningsih, S. (2023). Pengembangan media wayang kartun berbasis kearifan lokal suku Sasak untuk siswa kelas IV SDN 2 Kayangan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 240-246.
Darmajaya. (n.d.). BAB III Metodologi Penelitian.
DESMITA, dkk. (2023). Wayang kertas sebagai media jembatan ajaib bagi anak-anak dalam mengembangkan keterampilan mendengarkan. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 4, 85-94.
Ermawati, E., Wardiah, D., & Pratama, A. (2023). Pemanfaatan media wayang kartun dalam pembelajaran menyimak. Didaktik: Jurnal Pendidikan, 8(2), 1414.
Handika, I., & Wangid, M. N. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 1(1), 85-93.
Hasanah, K. A. (2019, April). Penggunaan media wayang kartun untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita nonfiksi pada siswa kelas IV SD Negeri Kotagede 3. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST (Vol. 1).
Irmadurisa, A., Istiningsih, S., & Widodo, A. (2022). Menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan di sekolah dasar. Elementary Journal, 5(2), 55–63.
Komara, A., Laily, I. F., & Mudiyanto, H. (2023). Penggunaan media wayang kartun untuk meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak. International Journal of Education and Evaluation, 9(1), 13368.
Kurniawati, S. (2016). Pengaruh penggunaan media wayang kartun terhadap keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas III MI Jam'iyyatul Khair Ciputat Timur (Bachelor's thesis, FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Latif, M., dkk. (2013). Orientasi baru pendidikan anak usia dini. Kencana.
Maqdalena, Y. (2023). Pengaruh penggunaan media wayang kertas untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III SD N Atong Montasik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 4(2).
Marwan, K., Konadi, W., Kamaruddin, S., Sufi, I., & Akmal, Y. (2023). Analisis jalur dan aplikasi SPSS versi 25. Cv. Merdeka Kreasi Group.
Maulida, R. (2023). Pengaruh penerapan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Nurul Fajri Aceh Selatan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry).
Mila, & Anafiah. (2021). Pengaruh penggunaan media wayang terhadap keterampilan menyimak cerita siswa kelas V di SD 1 Petir Piyungan Bantul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 7(2), 1145–1150.
Mila, M., & Anafiah, S. (2021). Pengaruh penggunaan media wayang terhadap keterampilan menyimak.
Mulyati, Y. (n.d.). Ketrampilan berbahasa Indonesia SD. Universitas Terbuka.
Munawaroh Kusyari, A., dkk. (2017). Pengaruh metode demonstrasi berbantu media wayang kartun terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas II SDN Pandean Lamper 01 Semarang. Jurnal Pendas Mahakam, 2(2), 165.
Mutangalimah, M. (2020). Pengaruh metode demonstrasi dengan media wayang kartun terhadap peningkatan keterampilan menyimak cerita. (Penelitian pada siswa kelas II SDN 1 Plunjaran Wadaslintang Wonosobo) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
NU, K. M., Gresik, A. H., & Lestari, M. P. (2019). Pengaruh media wayang terhadap keterampilan menyimak cerita pada kelompok A di taman kanak.
Nur Mawadah, E. (2018). Peningkatan keterampilan menyimak dongeng melalui media wayang kartun dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada kelas II MI Darussalam Kec. Bancak Kab. Semarang. (Skripsi, IAIN Salatiga).
Nurtanti, D. (2015). Peningkatan minat berbahasa Jawa melalui metode bercerita menggunakan media wayang kartun pada anak kelompok B di TK Pedagogia Yogyakarta.
Oktavianti, R., & Wiyanto, A. (2014). Pengembangan media GAYANGHETUM (Gambar wayang hewan dan tumbuhan) dalam pembelajaran tematik terintegrasi kelas VI SD. Jurnal UPI Education Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 66.
Puji Lestari, M. (2019). Pengaruh media wayang terhadap keterampilan menyimak cerita pada kelompok A di Taman Kanak-kanak Muslimat NU 205 Al-Husna Gresik. Skripsi S1 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Ampel Surabaya, 7.
Putri, D. M. E., Zain, M. I., & Rahmatih, A. N. (2024). Pengembangan media pop-up book berbasis cerita rakyat Sasak "Putri Mandalika" untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 187-197.
Putri, W. (2022). Pengaruh media pembelajaran wayang kartun terhadap keterampilan menyimak pada peserta didik kelas IV di MI Nurul Islam 2 Karang Sari Lampung Selatan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Qurrotaini, L., & Fachrunisah, A. (2018). Meningkatkan keterampilan menyimak cerita melalui media wayang kertas di SDN Margahayu XIV Kota Bekasi. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 1(2).
Ratih, C. (2016). Penerapan metode bercerita menggunakan media wayang flanel untuk meningkatkan kemampuan berbicara pada anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Rivaldi, A., & Dafit, F. (2024). Pengaruh media wayang kertas terhadap kemampuan menyimak cerita siswa kelas II SDN 116 Pekanbaru. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 1662-1675.
Rizky Bagas Pratama, R. (2020). BAB III Metodologi Penelitian.
Saparahayuningsih, S. (2016). Meningkatkan keterampilan menyimak melalui mendongeng dengan media wayang kertas. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 42.
Sayekti, R., Handayani, S., & Restuningsih, A. (2023). Pengaruh media wayang fabel terhadap keterampilan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 16877-16882.
Sayekti, R., Handayani, S., & Restuningsih, A. (2023). Peningkatan keterampilan menyimak menggunakan media wayang fabel. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran, 9(2), 9044.
Sofiana, N., Antika, H. A. D., & Wiranti, D. A. (2023). Model role playing menggunakan media wayang kertas untuk meningkatkan keterampilan menyimak. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 11176.
STEI. (n.d.). BAB 3 Metodologi Penelitian.
Sugiyono, (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D (M.Dr. Ir. Sutopo, S.Pd (Ed); Ke-2 Ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukma, H. H., & Saifudin, M. F. (n.d.). Teori dan Praktik. K-media.
Susanti, W. (2021). Pembelajaran aktif, kreatif, dan mandiri pada mata kuliah algoritma dan pemrograman. Penerbit Samudra Biru.
SYURUR, D. N. (n.d.). Pengaruh media wayang kertas terhadap keterampilan menyimak dongeng pada muatan pembelajaran bahasa Indonesia peserta didik kelas II SDN Dabasah 4 Bondowoso.
Tahir, M., Fitriani, & Hasnawai. (2024). Pengembangan media wayang kartun berbasis kearifan lokal suku Mbojo muatan pembelajaran IPS untuk siswa kelas IV SDN Sangari Kab. Bima. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 2810-2824.
Zain, M. I., Mar'atusshalihah, & Rahmatih, A. N. (2024). Nilai-nilai pendidikan karakter pada cerita rakyat Sasak Cupak Gerantang. Journal of Classroom Action Research, 6(1), 36-43.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.