Inovasi Pembelajaran dengan Media Visual: Studi Pengalaman di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25092Keywords:
inovasi pembelajaran, Media VisualAbstract
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah mengubah paradigma pendidikan, mendorong penggunaan media pembelajaran digital yang lebih inovatif dan interaktif. Meskipun media pembelajaran memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar, pemanfaatannya di SD Negeri 60 Moncongloe Lappara masih belum optimal. Hambatan utama adalah keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan guru, serta rendahnya kesadaran akan pentingnya variasi media pembelajaran. Banyak guru masih mengandalkan metode konvensional, yang menyebabkan siswa menjadi pasif dan kurang termotivasi. Padahal, media digital seperti video, e-book, dan platform interaktif dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Guru perlu memahami karakter siswa, serta meningkatkan literasi digital agar dapat memilih dan mengembangkan media yang sesuai. Media visual khususnya dinilai efektif karena menarik perhatian siswa dan membantu pemahaman melalui rangsangan visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis media visual yang digunakan, menggali pengalaman guru, dan menilai pengaruhnya terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Hasil menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang kreatif dengan media visual meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan kerja sama siswa. Guru berperan sebagai fasilitator yang mendorong eksplorasi, berpikir kritis, dan pembelajaran kolaboratif.Downloads
References
Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(1), 117–140.
Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., & Fitri, A. K. (2021). Pemanfaatan Media Visual dalam tercapainya tujuan pembelajaran. Akademika, 10(02), 291–299.
Miftah, M. (2013). Fungsi, dan peran media pembelajaran sebagai upaya peningkatan kemampuan belajar siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171–210.
Nursidiq, A. P., & Batubara, H. H. (2022). Pengalaman Guru Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Media pembelajaran. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1319–1334.
Rofiq, A. (2009). Pengelolaan kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK.
Susanti, S., & Zulfiana, A. (2018). Jenis–jenis media dalam pembelajaran. Jenis–Jenis Media Dalam Pembelajaran, 1–16.
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3635–3645.
Yusuf, M. (2014). Pengembangan Media Visual Dalam Pembelajaran. STAIN PALOPO.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.