UJI KELAYAKAN BAHAN AJAR LITERASI BACA-TULIS BERBASIS WHOLE LANGUAGE UNTUK SISWA SD DI WILAYAH 3T

Authors

  • Nurul Febrianti Rumalowak Universitas Negeri Semarang
  • Eko Handoyo Universitas Negeri Semarang
  • Tri Suminar Universitas Negeri Semarang
  • Tri Joko Raharjo Universitas Negeri Semarang
  • Eka Titi Andaryani Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25355

Keywords:

wilayah 3T, Whole Language, Instrumen Penelitian, literasi

Abstract

Kemampuan literasi siswa di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) masih tergolong rendah, yang disebabkan antara lain oleh keterbatasan bahan ajar yang relevan dan pendekatan pembelajaran yang kurang kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan instrumen penilaian bahan ajar literasi berbasis pendekatan Whole Language, khusus untuk siswa sekolah dasar di Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek validasi terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil validasi menunjukkan bahwa ahli media memberikan persentase kelayakan sebesar 83,70% (kategori “Layak”), ahli materi sebesar 91,49% (kategori “Sangat Layak”), dan ahli bahasa sebesar 91,8% (kategori “Sangat Layak”). Temuan ini menunjukkan bahwa instrumen penilaian bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas dan layak untuk digunakan pada tahap pengembangan dan implementasi selanjutnya. Penelitian ini memberikan kontribusi awal dalam peningkatan pembelajaran literasi yang kontekstual dan sesuai kebutuhan di wilayah 3T.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apresta, L., Darniyanti, Y., & Sapira, B. (2023). Pengembangan E-LKPD mata pelajaran Bahasa Indonesia pada elemen membaca dan memirsa dalam Kurikulum Merdeka di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(03), 979–984. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i3.1563

Hartini, Y., Apriliya, S., Saputra, E. R., & Mulyadi, S. (2023). Evaluasi Program Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Member PGSD Unidiksha, 11(1), 110–120. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.42891

Ifadah, A. S. (2020). Literasi : Pemahaman Literasi Baca - Tulis Anak Usia Dini Pada Mahasiswa PIAUD Semester 4 Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi, 04(2), 290–296. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2419

Lestari, S., Fatonah, K., & Saputra, D. S. (2023). Membangun Ekosistem Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Siswa di SD Al Marhamah Jakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tjut Nyak Dhien, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.36490/jpmtnd.v2i1.436

Muharzie, R., Alexis, A., Ningsih, D. A., Serlly, M., Ginting, G. P., & Hati, R. P. (2023). Pojok Baca Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Siswa Pada Sekolah Dasar Hinterland Kecamatan Belakang Padang. Minda Baharu, 7(1), 42–50. https://doi.org/10.33373/jmb.v7i1.4679

Mutiara, M. R. D. (2023). Penerapan Pendekatan Whole Language dalam Pengajaran Literasi Anak Usia Dini. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 115–123. https://doi.org/10.35905/anakta.v2i2.5776

Latifah, N. (2023). Pengembangan bahan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis whole language untuk siswa kelas IV sekolah dasar di Jakarta Barat (Tesis, Universitas Ngeri Jakarta)

Oktiana, P. K. (2021). Literasi Baca Tulis dan Kaitannya Dengan Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia. OSF Preprints, 75(17), 399–405. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/z7anj

Pantiwati, Y., Permana, F. H., Kusniarti, T., & Miharja, F. J. (2020). The Characteristics of Literacy Management in School Literacy Movement (SLM) at Junior High School in Malang - Indonesia. Asian Social Science, 16(4), 15. https://doi.org/10.5539/ass.v16n4p15

Rahma, A., Syafira, A. M., Nurhija, A. E., Al Faseh, A. B., & Dafit, F. (2023). Program Literasi SDN Kota Pekanbaru, Bukit Lembah Subur dan Mandau. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 465–473. https://doi.org/10.56667/dejournal.v4i2.1051

Utami, R. (2021) Pengembangan modul Bahasa Indonesia berbasis whole language kelas IV SD/MI (Tesis, UIN Raden Intan Lampung)

Wahyuni, T., Elan, E., & Sumardi, S. (2021). Pengembangan Buku Cerita Berbantu Pendekatan Whole Language untuk Memfasilitasi Keterampilan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 5(1), 129–140. https://doi.org/10.17509/jpa.v5i1.39705

Wilis N, R., & Arfanti, Y. (2022). Pengembangan bahan ajar membaca nyaring dengan penggunakan pendekatan whole language untuk siswa di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 348. https://doi.org/10.29210/30031873000

Yohamintin, Y., Gumala, Y., Pratiwi, V., & Awiria, A. (2021). Pembinaan Literasi Membaca melalui Self Motivation sebagai Upaya Mengembangkan Life Skill dan Meningkatkan Hasil Belajar pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 234–243. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10267

Yudiana, K., Putri, N. N. C. A., & Antara, I. G. W. S. (2023). Kesenjangan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar di Daerah Perkotaan, Pinggiran Kota, dan Pedesaan. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 540–547. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i3.69790

Downloads

Published

2025-05-20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>