Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru dalam Membimbing Siswa di SD Negeri 18 Pekanbaru

Authors

  • Riche Zunia Sumbahari Universitas Lancang Kuning
  • Herlinawati Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27373

Keywords:

Principal Leadership, Teacher Professionalism, Student Guidance, Qualitative Research

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru dalam membimbing siswa di SD Negeri 18 Pekanbaru. Penelitian ini mengatasi masalah pemahaman bagaimana gaya dan praktik kepemimpinan berdampak pada efektivitas guru dalam bimbingan siswa, yang krusial bagi perkembangan siswa secara holistik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan tujuh guru terpilih, observasi non-partisipan terhadap interaksi kelas dan aktivitas bimbingan, serta analisis dokumentasi catatan sekolah. Temuan mengungkapkan perilaku kepemimpinan spesifik yang mendorong atau menghambat pengembangan profesional guru dalam bimbingan siswa, menawarkan wawasan yang nuansanya mendalam mengenai dinamika antara kepemimpinan dan profesionalisme guru. Hasil penelitian ini memberikan implikasi berharga untuk perumusan kebijakan pendidikan dan intervensi di tingkat sekolah guna meningkatkan kualitas bimbingan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Creswell, J. W. (2014). Research

design: Qualitative, quantitative, and

mixed methods approaches (4th ed.).

Thousand Oaks, CA: Sage

Publications.

Departemen Pendidikan Nasional.

(2005). Peraturan Pemerintah Republik

Indonesia Nomor 19 Tahun 2005

tentang Standar Nasional Pendidikan.

Jakarta: Depdiknas.

Purwanto, N. (2014). Administrasi dan

supervisi pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Hallinger, P., & Murphy, J. F. (1985).

Assessing the instructional leadership

behavior of principals. The Elementary

School Journal, 86(2), 217-247.

doi:10.1086/461442

Leithwood, K. (1994). Leadership for

school restructuring. Educational

Administration Quarterly, 30(4), 498-

518.

doi:10.1177/0013161X94030004006

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994).

Qualitative data analysis: An expanded

sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks,

CA: Sage Publications.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen

kepemimpinan kepala sekolah.

Jakarta: Bumi Aksara.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015).

Perilaku organisasi (Edisi 16). Jakarta:

Salemba Empat. (Asumsi terjemahan,

jika sumber asli bahasa Inggris)

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode

penelitian pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Undang-Undang Republik Indonesia

Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru

dan Dosen.

Yukl, G. (2012). Effective leadership

behavior: What we know and what

questions need more attention.

Academy of Management

Perspectives, 26(4), 66-85.

Downloads

Published

2025-06-18