Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Profesionalisme Guru dalam Membimbing Siswa di SD Negeri 18 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27373Keywords:
Principal Leadership, Teacher Professionalism, Student Guidance, Qualitative ResearchAbstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menganalisis secara komprehensif pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap profesionalisme guru dalam membimbing siswa di SD Negeri 18 Pekanbaru. Penelitian ini mengatasi masalah pemahaman bagaimana gaya dan praktik kepemimpinan berdampak pada efektivitas guru dalam bimbingan siswa, yang krusial bagi perkembangan siswa secara holistik. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan desain studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan tujuh guru terpilih, observasi non-partisipan terhadap interaksi kelas dan aktivitas bimbingan, serta analisis dokumentasi catatan sekolah. Temuan mengungkapkan perilaku kepemimpinan spesifik yang mendorong atau menghambat pengembangan profesional guru dalam bimbingan siswa, menawarkan wawasan yang nuansanya mendalam mengenai dinamika antara kepemimpinan dan profesionalisme guru. Hasil penelitian ini memberikan implikasi berharga untuk perumusan kebijakan pendidikan dan intervensi di tingkat sekolah guna meningkatkan kualitas bimbingan siswa.Downloads
References
Creswell, J. W. (2014). Research
design: Qualitative, quantitative, and
mixed methods approaches (4th ed.).
Thousand Oaks, CA: Sage
Publications.
Departemen Pendidikan Nasional.
(2005). Peraturan Pemerintah Republik
Indonesia Nomor 19 Tahun 2005
tentang Standar Nasional Pendidikan.
Jakarta: Depdiknas.
Purwanto, N. (2014). Administrasi dan
supervisi pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Hallinger, P., & Murphy, J. F. (1985).
Assessing the instructional leadership
behavior of principals. The Elementary
School Journal, 86(2), 217-247.
doi:10.1086/461442
Leithwood, K. (1994). Leadership for
school restructuring. Educational
Administration Quarterly, 30(4), 498-
518.
doi:10.1177/0013161X94030004006
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994).
Qualitative data analysis: An expanded
sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks,
CA: Sage Publications.
Mulyasa, E. (2013). Manajemen
kepemimpinan kepala sekolah.
Jakarta: Bumi Aksara.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015).
Perilaku organisasi (Edisi 16). Jakarta:
Salemba Empat. (Asumsi terjemahan,
jika sumber asli bahasa Inggris)
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode
penelitian pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia
Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru
dan Dosen.
Yukl, G. (2012). Effective leadership
behavior: What we know and what
questions need more attention.
Academy of Management
Perspectives, 26(4), 66-85.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.