IMPLEMENTASI MODEL PROJECT-BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk memaparkan implementasi model Project-Based Learning dalam meningkatkan kreativitas siswa Sekolah Dasar yang mempertimbangkan perbedaan karakteristik belajar setiap siswa di Sekolah Dasar Cipinang Cempedak 07. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Selanjutnya, data dianalisis melalui tahapan penyederhanaan data, pengorganisasian data secara sistematis, dan penarikan kesimpulan berdasarkan temuan yang telah disusun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project-Based Learning dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kreativitas siswa. Peningkatan tersebut ditandai dengan munculnya rasa ingin tahu siswa, ketekunan dalam menyelesaikan tugas, dan juga semangat dalam melakukan proses pembelajaran.Downloads
References
Cahyadi, F., Subekti, E. E., & Sundari, R. S. (2025). Inovasi Pembelajaran untuk PGSD (Berbasis Project Based Learning). Cahya Ghani Recovery.
Dianawati, E. P. (2022). PROJECT BASED LEARNING (PjBL): Solusi Ampuh Pembelajaran Masa Kini. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Kusmiati. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNINGTERHADAP KREATIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 206–211.
Malfani, W., & Zainil, M. (2020). Penerapan Model Project Based Learning(PJBL)Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD. Journal of Basic Education Studies, 3(2), 703–717.
Mentari, R. P., & Rosiyanti, H. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Kelas 5 SD Lab School FIP UMJ.
Muchtar, T., Syahrul, & Saputra, A. M. A. (2025). PENGARUH DAN PERMASALAHAN PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 2904–2915.
Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). PENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR (Vol. 3, Issue 4).
Safi, A. (2019). Creative Learning Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Akademia Pustaka.
Sari, K. P., Neviyarni, & Irdamurni. (2019). PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KONSEP DIRI ANAK SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 44–50.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.