UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI PENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING (CRT) BERBANTUAN FLASH CARD DI KELAS V D SDN 55 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27748Keywords:
Hasil Belajar, Culturally Responsive Teaching, Flash Card, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pelajaran Bahasa Indonesia, dengan harapan tercapainya ketuntasan belajar yang lebih baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi, yang dilakukan secara berulang hingga siklus kedua, kemudian diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Dimana Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu sebesar 75. Berdasarkan penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan. Pada Pra siklus, tingkat ketuntasan belajar peserta didik sebesar 8%, pada siklus pertama, tingkat ketuntasan belajar peserta didik meningkat dengan hasil 56%, sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 84%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) dengan bantuan media Flash Card dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran Bahasa Indonesia peserta didik di kelas V D SD Negeri 55 Palembang.Downloads
References
Agnestina, D. S., Ernawati, D., & Indarti, T. (2024). Improving Student Learning Outcomes in Learning Descriptive Texts by Applying the Culturally Responsive Teaching (CRT) Approach Through Flashcard Media in Grade VII SMPN 51 Surabaya. Jurnal DISASTRI: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(3). https://doi.org/10.33752/disastri.v6i3.7140
Enjelina, R. F., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta didik Kelas V SD. Edutama : Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.69533/t35nhb59
Fathonah, A., Huda, S., & Firmansah, B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(2), 248. https://doi.org/10.30587/didaktika.v29i2.6508
Krisdiana, M., & Jamaludin, U. (2023). Pengaruh Media Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2).
Lembong, J. M., Lumapow, H. R., & Rotty, V. N. J. (2023). Implementasi Merdeka Belajar Sebagai Transformasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 765–777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Masfiastutik, S., Roosyanti, A., & Susanti, R. (2024). Penerapan Pendekatan CRT pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas II SD. Journal of Science and Education Research, 3(2), 72–80. https://doi.org/10.62759/jser.v3i2.134
Mulyani, T., Yuliantini, N., & Yusnia. (2024). Pengaruh Index Card Match Berbantuan Flash Card Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia SD Gugus III Bengkulu. JURIDIKDAS : Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 7(2), 215–221. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v7i2.33722
Safitri, D., Amanda, D. J., Wijayanti, D. Y., Suharjito, B., & Mahmudah, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Pelajaran Pendidikan Pancasila Unit III Kelas V B SDN Kepatihan 05 Jember. Elementary School Journal Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 11(4).
Supriyaddin, Hasan, Budiman, & Rahman, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Flash Card untuk Meningkatkan Hasil belajar Peserta didik Kelas V. Jurnal Evaluasi Dan Kajian Strategis Pendidikan Dasar, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.54371/jekas.v1i2.432
Susilo, H., Chotimah, K., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Bayumedia Publishing.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.