PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL TERINTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI IPAS KELAS V.A SDN 55 PALEMBANG

Authors

  • Ervina Universitas Sriwijaya
  • Saparini Universitas Sriwijaya
  • Putri Mindarti SDN 55 Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27750

Keywords:

Hasil Belajar, Teaching at the Right Level, Problem Based Learning, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level yang diintegrasikan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas V.A SDN 55 Palembang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik, di mana pada tahap prasiklus hanya 12 dari 30 peserta didik (40%) yang mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) sebesar 75. Refleksi awal menunjukkan bahwa permasalahan utama terletak pada pendekatan pembelajaran yang belum sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Melalui tindakan pada siklus I, pendekatan Teaching at the Right Level yang dikombinasikan dengan model Problem Based Learning mulai diterapkan. Hasilnya menunjukkan peningkatan, dengan 23 peserta didik (76,67%) mencapai KKTP, meningkat sebesar 36,67% dari kondisi awal. Namun, hasil tersebut masih dianggap belum optimal sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, strategi pembelajaran yang sama diterapkan dengan penyempurnaan proses. Hasilnya, terjadi peningkatan lebih lanjut, di mana 27 peserta didik (90%) mencapai KKTP. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Teaching at the Right Level yang terintegrasi dengan model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di kelas V.A SDN 55 Palembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andayani, T., Faisal Madani. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal education. Vol. 9, No. 2, 2023, pp. 924-930. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4402.

Ardiansyah., Risnita., & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9.

Arif, Y. (2024). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran TaRL (Teaching at Right Level) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Matematika Di SMKN 8 Surabaya. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 2(2), 159–166.

Banerjee, A. V., & Duflo, E. (2019). The experimental approach to development economics. Annual Review of Economics, 11(1), 1-27. https://doi.org/10.1146/annurev-economics-080217-053758.

Hadi, F. R. (2021). Efektifitas Model Pbl Terintegrasi STEM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6644–6649. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2005.

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 151-164.

Prayogo, J. F. A., Fida Rahmantika Hadi, & Heni Kuswardiyanti. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level Dengan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. PENDIKDAS: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol. 05 No. 02 November 2024. https://jurnal.habi.ac.id/index.php/Pendikdas.

Rahmat, W., Marzuki, K., & Rahayu, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Pendekatan Teaching At the Right Level (Tarl) Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 17 Pare-Pare. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 2830–0866. https://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gpp.

Samisih. (2014). Pengaruh Guru Kelas dalam Menangani Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Layanan Bimbingan Belajar. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesa.

Saputri, M. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnng Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92-98. https://doi.org/10.31004/jpdk.vli2.602.

Wahyuni, L. S., Elly Sukmanasa, & Annisa Nurul Dhiani. (2024). Penerapan Pendekatan Teaching At The Right Level Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipas Di Kelas V Sdn Kedung Badak 2. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 9 No. 2 (2024): Volume 09 No. 2 Juni 2024. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/issue/view/494.

Zamili, U. (2020). PENDAHULUAN Ilmu pengetahuan dan teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut juga menyebabkan terjadinya perkembangan dalam k. 6, 311–318.

Downloads

Published

2025-07-02