PEMUDA: Pengembangan Model Inovatif Pembelajaran Kewirausahaan Mandiri Berbasis Dunia Kerja di SMK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.27861Keywords:
Kewirausahaan, model PEMUDA, pembelajaran kontekstual, pendidikan vokasi, SMKAbstract
Pendidikan kejuruan berperan penting dalam mencetak lulusan yang siap kerja dan berjiwa kewirausahaan. Namun, pembelajaran kewirausahaan di SMK masih cenderung teoritis dan kurang kontekstual. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model PEMUDA (Pembelajaran Mandiri dan Usaha Berbasis Dunia Kerja dan Aksi Nyata) sebagai inovasi pembelajaran kewirausahaan yang mengintegrasikan pengalaman langsung dari dunia usaha dan industri (DUDI) dengan pembelajaran mandiri berbasis aksi nyata. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tahap Define dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi literatur. Tahap Design menghasilkan rancangan model yang mencakup aktivitas pembelajaran mandiri, kunjungan usaha, dan penyusunan rencana usaha. Model diujicobakan pada 30 siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 5 Jember program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa model PEMUDA meningkatkan keterlibatan aktif siswa, pemahaman konsep kewirausahaan, serta minat dan kesiapan berwirausaha. Guru dan siswa menilai model ini praktis dan dapat diterima. Pada tahap Disseminate, model disosialisasikan kepada guru kewirausahaan dan dipublikasikan dalam jurnal. Model ini direkomendasikan untuk diterapkan lebih luas di SMK.Downloads
References
A.R., M., Usman, N., & Z, U. I. (2021). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Kejuruan Pengembangan Sekolah Menenga (Cetakan pe). DeepPublish.
Aji, B., Kartika, I., Putri, C., Mahestra, R. R., Khasanah, S. U., Putri, L. A., & Industri, F. T. (2023). Mendekonstruksi Pendidikan Digital: Kurikulum the Output of Renewable Innovation is Progressing (OERIP) Sebagai Katalisator Transformasi Pendidikan Berbasis Riset dan Inovasi. Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan, 1(1), 23–30. https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/prosidingunimbone/article/view/1449
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing : a revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives : complete edition (I. Addison Wesley Longman (ed.)).
Arifin, Z. (2020). No TitleKemitraan SMK dengan dunia usaha dan industri: Strategi penguatan link and match. Jurnal Pendidikan Vokasi,. 10(2), 123–135.
Azizah, N., Romli, A. A., Ardana, M. F., Zafirah, Iftikhariyah, & Hakimah, E. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Steam Melalui Pelatihan Pembuatan Ecoprint Untuk Mengempangkan Kreativitas Siswa Pada Abad 21. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 6100–6113. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14413
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. W.H. Freeman.
Borg., W. R., & Gall, M. D. G. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). Longman.
Dewey. (n.d.). Experience and education. Macmillan.
Harefa, Z. V., Tafonao, T., Harefa, D., Sapalakkai, R. S., & Sophia, S. (2022). Peran Guru sebagai Fasilitator dan Katalisator melalui Teori Konstruktivisme dalam Model Pembelajaran Kontekstual kepada Tuhan , kecerdasan , keterampilan , budi pekerti luhur dan turut bertanggung Berdasarkan beberapa pandangan diatas kita dapat mengarah. 4(2), 211–228. https://doi.org/https://doi.org/10.47167/kharis.v4i2.128 e-ISSN
Husniah, R., Ikrima, A., & Gusmaneli. (2024). Pengajaran Prinsip-Prinsip Ekonomi dalam Pendidikan Dasar sebagai Upaya Menanamkan Jiwa Inovatif. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 02(02), 1112–1117.
Ibrahim, M. ., & Antari, S. . (2024). SOSIALISASI IMPLEMENTASI PENGUATAN KEWIRAUSAHAAN DI SMK AS-SIDDIQY BLETOK SITUBONDO. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 4(1), 174–185. https://doi.org/https://doi.org/10.36841/mimbarintegritas.v4i1.5726
Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2023). 43 Persen Mahasiswa IPB Ingin Wirausaha. https://ehub.kemenkopukm.go.id/news/43-persen-mahasiswa-ipb-ingin-wirausaha
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.
Mahbubi, M., & Sa’diyah, H. (2024). Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran PAI. Jurnal Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 8(2), 168–176. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v8i2.23215.g9557
Noywuli, N., & Maun, M. Y. I. (2024). Penyelarasan dan Optimalisasi Link And Match Melalui Pertanian di Kabupaten Ngada. Jurnal Teknologi Peternakan, 1(1), 1–17. https://ejournal.stiperfb.ac.id/index.php/jtp/article/view/132
Pratomo Kurnia, R. P. (Universitas P. I. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Kesiapan Berwirusaha Siswa. Journal of Business Management Education |, 3(2), 67–77. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jbme.v3i2.14216 Refbacks
Putri, M. E., Zulhuda, R., Armi, D., & Putri, E. (2025). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Media Pembelajaran Inovasi Pendidikan Ekonomi di Indonesia. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 5(1), 4262–4281.
Setiawan, A. (2019). Analisis pembelajaran kewirausahaan di SMK: Studi kasus di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Ekonomi. 8(3), 210–220.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana University.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.