PENERAPAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN KELAS 1 SEKOLAH DASAR NEGERI KALIWEDI 2 KABUPATEN SRAGEN TAHUN AJARAN 2024/2025

Authors

  • Annastasya Nuarizki Berliana Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Moefty Mahendra Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.28094

Keywords:

Project-Based Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project-Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar dan keterampilan belajar mata pelajaran PPKn pada siswa kelas 1 SD Negeri Kaliwedi 2 Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penerapan PjBL meliputi tahap pertanyaan mendasar, perencanaan proyek, pelaksanaan proyek, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL mampu mendorong siswa untuk lebih aktif, bertanggung jawab, dan mampu bekerja sama selama proses pembelajaran. Kegiatan belajar menjadi lebih bermakna karena siswa dilibatkan secara langsung dalam pembuatan proyek kelompok yang berkaitan dengan kehidupan nyata seperti aturan di rumah dan di sekolah. Siswa menunjukkan peningkatan antusiasme, kemandirian, berpikir kritis, serta keterampilan kolaborasi yang berkembang selama proses berlangsung. Temuan ini mengindikasikan bahwa model PjBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar sekaligus keterampilan belajar siswa sekolah dasar pada jenjang awal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfaeni, S. I., & Asbari, M. (2023). Kurikulum Merdeka: Fleksibilitas Kurikulum bagi Guru dan Siswa. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 86-92.

Dewi, D. A. K., Damayani, A. T., & Suprihatini, G. (2024). ANALISIS PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PELAJARAN PPKN KELAS I SD NEGERI GAJAHMUNGKUR 04 SEMARANG. Jurnal Bionatural, 11(2), 27-35.

Hakim Thursan. (2020). Belajar Secara Efektif, Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. CV. Pustaka Imu.

Kaharudin. (2021). Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi Kaharuddin Prodi. IX(Apri), 1–8.

Prayitno, P. P. I.,dkk. (2024). Pelatihan Pengembangan Keterampilan Siswa Dengan Menerapkan Teknologi Dalam Pendidikan. JURNAL MULIA, 3(1), 129-133.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. ALFABETA.

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh aspek kognitif, afektif, dan psikomotor terhadap hasil belajar peserta didik. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(1), 1-9

Downloads

Published

2025-08-15