PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III UPTD SDN TENGKET 02 AROSBAYA

Authors

  • Solihin STKIP PGRI Bangkalan
  • Rendra Sakbana Kusuma STKIP PGRI Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.28665

Keywords:

Problem Based Learning, Berfikir Kritis

Abstract

Pendidikan adalah upaya untuk membantu manusia mencapai potensi mereka melalui proses belajar di sekolah. Agar siswa lebih aktif, antusias, dan senang belajar, proses pembelajaran harus dimodifikasi. Salah satu contohnya adalah model pembelajaran berbasis masalah, yang merupakan model pembelajaran kontekstual yang menggunakan masalah sebagai fokus utama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS siswa kelas III SDN Tengket 02 Arosbaya tahun ajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan populasinya terdiri dari 33 siswa. Angket, dokumentasi, dan observasi digunakan untuk mengumpulkan data. Desain penelitian ini menggunakan one group pre-test dan post-test design. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reabilitas, normalitas, dan uji paired T-test. Hasil identifikasi pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS kelas III SDN Tengket 02 Arosbaya. Hasilnya menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS kelas III SDN Tengket 02 Arosbaya pada tahun ajaran 2025/2026, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPAS kelas III SDN Tengket 02 Arosbaya tahun ajaran 2025/2026.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djariyo, Ihtiya Kusuma Dewi, R. M. S. (2015). Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 3(2), 302–307. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v5i2.847

Efriyenty, D. (2020). Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dan Pengendalian Internal Terhadap Kecurangan Akuntansi Pada Bank Perkreditan Rakyat Kota Batam. Jurnal Akuntansi Barelang, 4(2), 7–16. https://doi.org/10.33884/jab.v4i2.1948

Febriyanty, A. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Quizizz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 6 SDN Semanan 08 Pagi Jakarta Barat Pembelajaran Jarak Jauh 2021. Elementer Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 1–126.

Galuh Rahayuni. (2016). Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Model PBM Dan STM. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146.

Mariskhantari, M., Karma, I. N., & Nisa, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 1 Beleka Tahun 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 710–716. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.613

Nufus, H., Herizal, H., & Sahputri, L. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 7(1), 12–19. https://doi.org/10.36987/jpms.v7i1.1943

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Ipa Siswa Sd Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 115. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Basicedu, 4(2), 379–388. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.362

Putri Wangi, I. D. A., & Gede Angung, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran EFlashcard Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(1), 150. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32355

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa [Project-based learning model, creativity and student learning outcomes]. JPI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/index

Risnawati, A., Nisa, K., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Tema Kerukunan dalam Bermasyarakat SDN Wora. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 109–115. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.426

Sarimuddin, S., Muhiddin, M., & Ristiana, E. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif Dan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Ipa Siswa Kelas V Sd Di Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(3), 281–288. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i3.4864

Sulistianah, L., Taufik, M., & Nurhasanah, A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 373–385. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6801

Supriana, I. K., Suastra, I. W., & Lasmawan, I. . W. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA Program Studi Pendidikan Dasar Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 130–142. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/1967/1139

Uliyandari, M., & Lubis, E. E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Media Alat Peraga (Gunung Berapi) Pada Mata Pelajaran IPA SDN 013 Bengkulu Utara. PENDIPA Journal of Science Education, 4(2), 74–78. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.2.74-78

Downloads

Published

2025-08-05

Most read articles by the same author(s)