HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN NUMERASI PADA SISWA KELAS III SD DI KECAMATAN CIBUNGBULANG
Penelitian Kuantitatif Korelasi
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29273Keywords:
Efikasi diri, Numerasi, Siswa SDAbstract
Efikasi Diri merupakan bagian penting teori sosial kognitif dimana seseorang dapat meyakini kemampuan dan menilai dirinya yang dapat berdampak pada kemampuan menyelesaikan berbagai situasi salah satunya berkaitan dengan perhitungan. Sesuai studi pendahuluan, siswa masih kesulitan dalam melakukan perhitungan yang disajikan dalam berbagai bentuk dan mengambil keputusan dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan numerasi pada siswa kelas III SD di kecamatan cibungbulang. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh 105 siswa kelas III sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Instrumen sebagai alat pengumpuan data berupa kuesioner dan tes yang menggunakan uji hipotesis pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dengan numerasi. Efikasi diri memiliki kontribusi sebesar 20,5 % dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa.Downloads
References
Anggraini, Devi, Mega Nur Prabawati, and Linda Herawati. “Analisis Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Soal Pada Siswa SMP Negeri 1 CIAMIS Ditinjau Dari Self-Efficacy.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika dan Statistika 5, no. 2 (2024).
Ayuningsih, Ni Putu Meina, and Ni Made Dwijayani. “Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Berorientasi Kearifan Lokal Berbantuan Tugas Berjenjang Terhadap Self Efficacy Dan Kompetensi Strategis Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 10, no. 1 (June 19, 2019): 105–111.
Baharuddin, Muhammad Rusli, Sukmawati, and Christy. “Deskripsi Kemampuan Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Pecahan.” Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 6 No., no. Pedagogy (2021).
Djaali. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2021.
Florina, Sri, and Laurence Zagoto. “Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran 2, no. 2 (2019).
Hasbullah, Abdul Rouf, Sheyla Nichlatus Sovia, Rezki suci Qamaria, and Moch. Choirul Rizal. Beberapa Aspek Terkait Hak Asasi Manusia. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2023. Accessed September 25, 2024.
Hermawan, Iwan. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mix Method. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan, 2019.
Hidayati, Vivi Rachmatul, Ida Ermiana, Linda Feni Haryati, Awal Nur Kholifatur Rosyidah, and Ashar Pajarungi Anar. “Sosialisasi Pentingnya Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Sebagai Upaya Pencegahan Learning Loss Akibat Pandemi.” Jurnal Altifani Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 3, no. 1 (January 16, 2023): 148–154.
Indraswara, Windu Tri, Dian Kusmaharti, and Via Yustitia. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Ditinjau Dari Self Efficacy.” Indo-MathEdu Intellectuals Journal 4, no. 3 (2023): 1685–1708.
Latifah, Anis. “Pengaruh Konsep Diri Dan Efikasi Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV SD/MI.” Basic Education 7, no. 29 (2018).
Mellyzar. “Hubungan Self-Efficacy Dan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa: Ditinjau Berdasarkan Gender.” Lantanida Journal 9, no. 2 (2022).
Nazillah, Hana Ihzan, and Ahmad Fajar. “Peningkatan Budaya Literasi Dan Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Proyek Kreatif Pada Siswa Kelas V Di MI Al-Barokah Cihanjawar” 2 No 1, no. Abdi Widya (2023).
Nurjaman, Adi, Dadang Juandi, and Indah Puspita Sari. Numerasi Sebagai Keterampilan Esensial Teori Implementasi Dan Evaluasi. Madiun: CV Bayfa Cendekia Indonesia, 2024.
Nurnaningsih, Rofidah. Numerasi Madrasah Ibtidaiyah. Yogyakarta: Hikam Media Utama, 2022.
Riyani, Siti Rosidah, and Veryliana Purnamasari. “Analisis Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Peserta Dididk Di SD Negeri Gemah.” Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 6, no. 4 (2024): 1793–1807.
Salsabilah, Adinda Putri, and Meyta Dwi Kurniasih. “Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Ditinjau Dari Efikasi Diri Pada Peserta Didik SMP.” Jurnal Pendidikan Matematika 12, no. 2 (2022).
Sarwahita, Salsabila Adwitiya, Tri Sutrisno, and Meidawati Suswandari. “Peran Guru Dalam Mendiagnosis Kesulitan Literasi Numerasi Di Sekolah Dasar Negeri Pondok 01.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9, no. 2 (2024): 1087–1096.
Shinta, Marisa, Yesi Gusmania, and Asmaul Husna. “Correlation of Numeratic Literacy and Self Efficacy of Learning Mathematics Student’s SDIT Mutiara Insani Batam.” Cahaya Pendidikan 9, no. 2 (2024).
Siregar, Nurdiana. “Hubungan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Rendah.” Journal Of Mathematics Science And Education 1, no. 2 (2019): 64–72.
Siregar, Rosmita Sari. “Peningkatan Literasi Numerik Melalui Model Group Investigetion Pada Siswa Kelas V SD.” Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma Vol. 8, No (2022).
Suciati, Indah, Amran Hapsan, and Rahmawati. Efikasi Diri Dan Hasil Belajar Matematika. Gowa: Ruang Tentor, 2022.
Sutrimo, Moh Slamet, Siti Nurul Sajdah, Yohana Veronica Feibe Sinambela, and Rooskartiko Bagas. “Peningkatan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran Dan Hubungannya Dengan Kemampuan Self-Efficacy: Systematic Literatur Review.” JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif) 7, no. 1 (2024): 61–72.
Syarif, Ahmad and others. “Hubungan Antara Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di MIS Amaliyah Cibinong,” Jurnal Pendidikan dan Agama Islam 22, no. 1 (2023),
Winata, Anggun, Ifa Seftia Rakhma Widiyanti, And Sri Cacik. Analisis Kemampuan Numerasi Dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal Pada Siswa Kelas XI SMA Untuk Menyelesaikan Permasalahan Science’, Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7.2 (2021), 498–508
Yustitia, Via, Tatang Yuli Eko Siswono, and Abadi. “Numeracy of Prospective Elementary School Teachers with Low Self-Efficacy: A Case Study.” Cypriot Journal of Educational Sciences 17, no. 9 (September 1, 2022).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.