UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE SCHEMA BASED INSTRUCTION PADA SISWA KELAS IV SDN PONDOK KELAPA 05 PAGI

Authors

  • Stefany Putri Ariana Universitas Negeri Jakarta
  • Yurniwati Universitas Negeri Jakarta
  • Ika Lestari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.29323

Keywords:

Schema-Based Instruction (SBI), Soal Cerita, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuanpenyelesaian soal cerita matematika menggunakan metode Schema BasedInstruction pada kelas IV SDN Pondok Kelapa 05 Pagi. Metode yang digunakandalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis datadilakukan pada setiap kegiatan refleksi, yaitu tanya jawab dan diskusi antara penelitiatau pelaksana tindakan dengan observer. Data yang dianalisis berupa hasilevakuasi siswa setiap akhir siklus dan instrument pemantauan tindakan yang telahdiisi. Penerapan metode Schema-Based Instruction dalam pembelajaranmatematika terbukti memberikan dampak positif yang substansial. Peningkatankemampuan penyelesaian soal cerita matematika siswa tercermin dari hasil tesevaluasi. Meskipun pada siklus I persentase ketuntasan masih 28% (9 siswa) danpada siklus II meningkat menjadi 59,3% (19 siswa) namun belum mencapai target, pada siklus III terjadi peningkatan drastis menjadi 75% dengan 24 siswa yangtuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SchemaBased Instruction efektif dalam meningkatkan kemampuan penyelesaian soal ceritamatematika pada materi pengukuran luas dan volume siswa kelas IV SDN PondokKelapa 05 Pagi Jakarta 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atkins, S. L. (2018). Making Sense of

Word Problems. Creating a

Language-Rich Math Class, 85–97.

https://doi.org/10.4324/9781315689

753-9Darmayasa, J. B., Wulandari, S., &

Ervana, L. (2023). Matematika

dalam Kurikulum SMK Pasca

Pandemi Covid-19. Jurnal

Pembelajaran Matematika Inovatif,

6(3), 913–924.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.1

7112

Gagne, R. M. (1970). Learning Theory,

Educational Media, and

Individualized Instruction. 1970, h.

1-23.

https://eric.ed.gov/?id=ED039752

Kemdikbud. (2021). Apa itu rapor

pendidikan.

https://pusatinformasi.raporpendidik

an.kemdikbud.go.id/hc/en-

us/articles/6545029651609-Tentang-

Rapor-Pendidikan-dan-Rapor-Mutu

Ramdani, R. (2024). Pengembangan

Model Pembelajaran

Ethnomathematics Realistik untuk

Menumbuhkan Kemampuan

Pemecahan Soal Cerita pada Siswa

SMP. Scientia, 3(2), 85–94.

https://doi.org/10.51773/sssh.v3i2.2

87

Riley, M. S. (1984). Development of

children’s problem-solving ability in

arithmetic. National Institute ofEducation.

Öztürk, M., Akkan, Y., & Kaplan, A.

(2020). Reading comprehension,

Mathematics self-efficacy

perception, and Mathematics

attitude as correlates of students’

non-routine Mathematics problem-

solving skills in Turkey.

International Journal of

Mathematical Education in Science

and Technology, 51(7), 1042–1058.

https://doi.org/10.1080/0020739X.2

019.1648893

Powell, S. R. (2011). Solving Word

Problems Using Schemas: A Review

of the Literature. Learning

Disabilities Research & Practice,

26(2), 94–108.

https://doi.org/10.1111/j.1540-

5826.2011.00329.x

Saleh, S. (2017). Penerbit Pustaka

Ramadhan, Bandung. Analisis Data

Kualitatif, 1, 180.

https://core.ac.uk/download/pdf/228

075212.pdf

Verschaffel, L., Schukajlow, S., Star, J.,

& Van Dooren, W. (2020). Word

problems in mathematics education:

a survey. ZDM - Mathematics

Education, 52(1), 1–16.

https://doi.org/10.1007/s11858-020-

01130-4

Downloads

Published

2025-08-05