Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bangun Ruang Pada Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 76 Ujungpero
Keywords:
discovery learning, bangun ruang, hasil belajarAbstract
Pendidikan sebaiknya membuka ruang dan menuntun siswa untuk dapat menyukai kembali matematika dengan kemampuan mereka sendiri. Pada kenyataannya, berdasarkan temuan studi yang tealah dilakukan di UPTD SDN 76 Ujungpero, menunjukkan bahwa prestasi akademik siswa pada materi bangun ruang masih rendah. Arah penelitian ini yaitu melihat penerapan model discovery untuk meningkatkan prestasi akademik siswa pada materi bangun ruang kelas VI UPTD SDN 76 Ujungpero. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model spiral terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI UPTD SDN 76 Ujungpero. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data yaitu catatan lapangan, dan soal/tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan model pembelajaran Discovery Learning dalam pembelajaran matematika materi bangun ruang terbukti dapat meningkatkan prestasi akademik siswa dalam pembelajaran yang tersaji dalam kegiatan siklus I ada 3 siswa atau 20% tuntas dan 12 siswa atau 80% tidak tuntas dan setelah dilakukan perbaikan pembelajaran di siklus II maka menghasilkan data bahwa ada 15 siswa atau 100% tuntas.Downloads
References
Arikunto, S. Dkk. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.
Kurniasih, I. Dkk. (2014). Implementasi Kurikulum 2013. Kata Pena.
Ma’arif, M.S., Kurnianti, E., & Hasanah, U. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kompetensi Universitas Balikpapan. 16(2), 308-320.
Muthoharoh, V. & Sakti, N.C. (2021). Media Pembelajaran Interakif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(2), 364-375.
Oktaferi & Desyandri. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) pada Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. 4(3), 2637-2646.
Pranoto, E. (2023). Model Discovery Learning dan Problematika Hasil Belajar. Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(4), 1717–1724. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.991
Purnamawanti (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Suara Intelektual Gaya Matematika. 7(1), 11-24.
Rachmawati, D.W. Dkk. (2022). Metodologi Penelitian. Cendekia Publisher.
Rahayu, I.P. & Hardini, A.T.E. (2019). Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar. Journal of Education Action. 3(3), 193-200.
Rahayu, T. Dkk. (2019). Strategi Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Zahira Media Publisher.
Rahima, A.N, Ridha, M.R., & Patahuddin (2022). Penerapan Model Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA 3 SMAN 1 Soppeng 2021/2022. Jurnal Pemikiran Kesejarahan dan Pendidikan Sejarah. 20(2), 40-55.
Rini & Desyandri. (2020). Analisis Langkah Model Discovery Learning dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. 8(6), (124-137).
Sunarto, M.F. & Amalia, N. (2022). Penggunaan Model Discovery Learning Guna Menciptakan Kemandirian Dan Kreativitas Peserta Didik. Bahtera Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 21(1), 94-100.
Waruwu, N. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai. 7(1), 2896-2910.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.