PENERAPAN METODE TALAQQI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI SMPIT PLUS BAITUL MA’ARIF
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31214Keywords:
Metode Talaqqi, Membaca Al-Qur’an, Kemampuan MembacaAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini mengkaji keefektifan model pembelajaran Picture and Picture dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII G SMP Negeri 2 Galesong Selatan, Takalar. Penelitian yang melibatkan 32 peserta didik ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan dan empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang signifikan setelah penerapan model Picture and Picture. Pada tahap prasiklus, nilai rata-rata hanya 63,34 dengan persentase ketuntasan sebesar 25%. Setelah siklus I, nilai rata-rata meningkat menjadi 76,06 (ketuntasan 53,12%), dan pada siklus II mencapai 85,03 (ketuntasan 84,37%). Peningkatan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Data menunjukkan adanya peningkatan yang cukup besar baik pada nilai rata-rata maupun persentase peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar. Temuan ini memiliki implikasi positif bagi penerapan model pembelajaran inovatif dan visual untuk meningkatkan kualitas pengajaran agama di sekolah. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengkaji penerapan model ini pada mata pelajaran dan jenjang kelas lainnya.Downloads
References
Alanshari, M. Zainuddin, Hepi Ikmal, Moch Faizin Muflich, and Siti Uswatun Khasanah. 2022. “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an.” Jurnal Agama Sosisal Dan Budaya 5(3):2599–2473. doi: https://doi.org/10.31538/almada.v5i3.2623.
Bunyamin, Andi, and Nashiruddin Pilo. 2023. “Aspek-Aspek Pendidikan Sosial Dalam QS Al Nur Ayat 4-19.” Journal of Gurutta Education 2(2):47–61. doi: https://doi.org/10.33096/jge.v2i2.1381.
Kartika, Tika. 2019. “Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Berbasis Metode Talaqqi.” Jurnal Isema: Islamic Educational Management 4(2):245–56. doi: 10.15575/isema.v4i2.5988.
Lilena, Husna Ameilia, Septiawadi Kari Mukmin, and Abuzar Al-Ghifari. 2024. “Nilai-Nilai Adab Penuntut Ilmu Dalam Al-Qur’an: Analisis Interpretasi QS. Al-Kahfi Dalam Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an.” Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu Al-Quran Dan Tafsir 4(2):646–64. doi: https://doi.org/10.19109/jsq.v4i2.24210.
Madiyan, Muhammad Ali. 2024. “Budaya Guru Dan Krisis Kepercayaan Terhadap Pendidikan.” Journal of Education Research 5(1):734–39. doi: https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.810.
Maghfiroh, Nisaul, and Ilyas Rozak Hanafi. 2023. “Peran Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam.” MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2(1):236–44. doi: 10.58561/mindset.v2i1.74.
Mawarni, Endah Setiyaning, Imam Subarkah, and Siti Fatimah. 2022. “Penggunaan Metode Talaqqi Melalui Pembiasaan Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Kelas 3 Di SD Negeri Kambangsari Kecamatan Alian, Kebumen.” Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series 5(2):49–56. doi: https://doi.org/10.20961/shes.v5i2.58304.
Oktaviani, Rika, Noer Syakila, Neng Rani, and Lina Agustina. 2025. “Penerapan Dan Pembelajaran Ilmu Hadits Di Pondok Pesantren Al-Muslim.” FIKRUL ISLAM: Jurnal Studi Keislaman 1(1):110–25.
Prasetiyo, Eko, and Aisyah Layli. 2021. “Meningkatkan Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek Dengan Metode Talaqqi Pada Usia 5-6 Tahun Di Ra Perwanida Krompol Bringin.” Kurikula : Jurnal Pendidikan 6(1):67–74. doi: 10.56997/kurikula.v6i1.714.
Qhotimah, Qusnul, Muhammad Ja, and Herri Gunawan. 2023. “Pengaruh Penerapan Metode Talaqqi Terhadap Keberhasilan Hafalan Al-Qur’an.” MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 10(3):139–52.
Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.”
Siswanto, M. Bambang Edi, and Siska Nur Wahida. 2022. Keterampilan Membaca Al-Qur’an. Jombang: Ainun Media.
Syatina, Haya, Junias Zulfahmi, and Maya Agustina. 2021. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Quran Siswa.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam 13(1):15–26. doi: https://doi.org/10.47498/tadib.v13i01.475.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.