ANALISIS KEMAMPUAN SISWA MELALUI TEORI NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI BILANGAN CACAH KELAS IV DI SDN MALANGREJO PURWOREJO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31277Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Matematika materi bilangan cacah kelas IV SD Negeri Malangrejo. 2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita Matematika materi bilangan cacah kelas IV SD Negeri Malangrejo. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, kartu pencatat data, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara, dan kartu pencatat data. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: 1) kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita bilangan cacah berdasarkan teori Newman terbagi dalam kategori kesalahan tinggi, sedang, dan rendah. Siswa kategori kesalahan tinggi kurang mampu dalam membaca, memahami soal, transformasi, keterampilan proses, dan pengkodean. Siswa kategori sedang mampu keterampilan proses dan kurang mampu dalam membaca, memahami soal, transformasi, dan pengkodean. Kategori kesalahan rendah siswa mampu mencapai hampir semua indikator kemampuan pemecahan masalah Newman yaitu membaca, memahami soal, transformasi, keterampilan proses, dan pengkodean. 2) Faktor yang mempengaruhi siswa yaitu, faktor internal meliputi kesehatan fisik, minat, dan motivasi serta faktor eksternal meliputi lingkungan fisik sekolah, lingkungan sosial kelas, dan lingkungan sosial keluarga. Kata Kunci: bilangan cacah, soal cerita, teori NewmanDownloads
References
Agnessya, S., Pangestika, R. R., & Ratnaningsih, A. 2025. Analisis Kesulitan Pemecahan Masalah Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Teori Polya pada Materi Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas V SDN 1 Pangenrejo. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 1486-1497.
Amaris, D. 2024. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahapan Newman. Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.
Chusna, N., Suyoto, & Purwoko, R. Y. 2022. Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Kelas VI Semester I SD Negeri Kembaran. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(02), 156–163.
Muntaha, A., Wibowo, T., & Kurniasih, N. 2020. Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengonstruksi Model Matematika pada Soal Cerita. Maju, 7(2), 53–58.
Nailia, V., Setiawan, D., & Purbasari, I. 2023. Studi Analisis Kesulitan Penyelesaian Soal Cerita pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2595-2602.
Nasution, M. K. M., Salim Sitompul, O., Nasution, S., Aulia, I., & Elveny, M. 2020. Mathematic. Journal of Physics: Conference Series, 1566(1), 012030.
Nugraha, P. R. A., Puspadewi, K. R., & Wibawa, K. A. 2022. Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Pokok Bahasan Aljabar Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 12(2), 168-179.
Oktasya, I., Turmuzi, M., & Setiawan, H. 2022. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V SDN 01 Tempos. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 351–353.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Diakses pada 22 September 2024
Udil, P. A., Senia, M. E., & Lasam, Y. 2021. Analisis Kesalahan Siswa SD dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Cacah Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(1), 36–46.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.