ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA INDONESIA MURID DALAM BERINTERAKSI DENGAN GURU KELAS IV SDN TAWANGSARI PURWOREJO

Kesantunan berbahasa, Penyimpangan kesantunan, Interaksi

Authors

  • Faizza Tanniya Bellen Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur ngazizah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Arum Ratnaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31290

Keywords:

Kesantunan berbahasa, Penyimpangan kesantunan, Interaksi

Abstract

Kesantunan berbahasa sangat penting diperhatikan dalam berkomunikasi demi kelancaran komunikasi. Komunikasi tersebut dapat dilakukan dalam kegiatan pembelajaran maupun diluar kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesantunan berbahasa indonesia murid dalam berinteraksi dengan guru, dan untuk mengetahui penyimpangan kesatunan berbahasa murid dalam berinteraksi dengan guru kelas IV SDN Tawangsari Purworejo. Jenis penelitian ini merupakan penilitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan murid kelas IV SDN Tawangsari Purworejo. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan tuturan murid. Hasil penelitian ini menunjukan kesantunan berbahasa murid dalam berinteraksi dengan guru termasuk dalam kategori sangat santun yaitu dengan persentase kesantunan 87% pematuhan kesantunan dan 14% tuturan yang melanggar prinsip kesantunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kardiana, G. T., Zahwa, M. N., Istifayza, N., Aprilia, V., Devi, W. T., Sari, D. M., & Yuniar, A. D. (2021). Kesadaran mahasiswa terhadap etika berbahasa. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 1(5), 605–613. https://doi.org/10.17977/um063v1i5p605-613

Mulyadi, J. (2021). Pemahaman dan Penerapan Prinsip Kesantunan Berbahasa dalam Pendidikan Karakter: sebuah Tindak Lanjut Fenomena Berbahasa Indonesia Terkini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 2614–2620. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.2243

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. CV. Alfabeta.

Wahyuningsih, Y., & Ngazizah, N. (2019, March). Menguatkan Kemampuan HOTS dengan Literasi Sains Pada Model Discovery Learning. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1).

Zamzani, Z., Maslakhah, S., Listyorini, A., & Yayuk Eny, R. (2021). Pengembangan alat ukur kesantunan bahasa Indonesia dalam interaksi sosial bersemuka. Litera: Jurnal Penelitian Sastra, Bahasa, dan Pengajarannya, 10(1), 35-50.

Downloads

Published

2025-08-09

Most read articles by the same author(s)