PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN BERBANTUKAN MEDIA CANVA INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN TOLERANSI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD NEGERI INPRES TINGGIMAE KEC. SUMBA OPU KAB. GOWA

Authors

  • Nurfitria Ismail Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Suardi Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rismawati Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31765

Keywords:

model pembelajaran, Project Citizen, media interaktif, Canva, tanggung jawab, toleransi, Pendidikan Pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project citizen berbantukan media Canva interaktif dalam meningkatkan sikap tanggung jawab dan toleransi pada mata pelajaran pendidikan pancasila siswa kelas V SD Negeri Inpres Tinggimae Kecamatan Sumba Opu Kabupaten Gowa. Latar belakang penelitian ini didasari oleh peran Pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter bangsa, urgensi pengembangan sikap tanggung jawab dan toleransi, serta belum optimalnya model dan media pembelajaran yang digunakan di sekolah tersebut.  Metode yang digunakan adalah kuantitatif ekperimen, dengan desain Pretest-Posttest Control Grou Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test baik pada kelas eksperimen maupun kontrol. Di kelas eksperimen, pada sikap tanggung rata-rata nilai pre-test siswa adalah 61,5000, dan nilai rata-rata pos-test siswa adalah 93,6765. Kemudian pada sikap toleransi, rata-rata nilai pre-test siswa adalah 59,8824, dan nilai rata-rata post-test siswa adalah 91,1765. Sedangkan di kelas kontrol, pada sikap tangguung jawab rata-rata nilai pre-test siswa adalah 61,5882, dan nilai rata-rata post-test adalah 74,3529. Kemudian pada sikap toleransi, nilai rata-rata pre-test adalah 59,0882, dan nilai rata-rata post-test adalah 75,5000. Sehinggah berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Citizen berbantukan media Canva interaktif pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan sikap tanggung jawab dan toleransi siswa di kelass V SD Negeri Inpres Tinggimae Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hernawati, S., Rohman, A., & Naja, A. A. (n.d.). PENANAMAN NILAI-NILAI SIKAP TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI 2 WELAHAN JEPARA.

Marisda, D. H., Rahmawati, R., & Andriani, A. A. (2020). Respon Dosen dan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 25–30. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1463

Marsaoly, N., Alisani, M., Kasehung, J. N., & Studi Pendidikan Biologi ISDIK Kie Raha Maluku Utara, P. (2023). Pengunaan Model-Model Pembelajaran Dalam Pembelajaran Biologi. Journal Of Biology Education And Science, 3, 7–14. https://jurnal.stkipkieraha.ac.id/index.php/jbes

Mawarni, E., Yulianti, Y., & Sulistyowati, P. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Canva pada Materi Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(4), 2660–2671. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8184

Muzaki, A. N., Trisiana, A., & Putri, E. S. (2022). PEMAHAMAN MODEL PROJECT CITIZEN BAGI SISWA SMA/MA DALAM MEMPERKOKOH IDENTITAS NASIONAL. Bhineka Tunggal Ika, 09, 13–26.

Ruwaidah, A. I. S., Salsabil, A. M., Safitri, A., Hanapiah, F. N., Khotimah, H. H., Aulia, N. F., Noviyanti, N. S., Azzahra, S. F., & Furnamasari, Y. F. (2024). Peran Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Generasi Muda yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(3), 2696–2704. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i3.1129

Trisiani, A., & Wartoyo. (2020). PROJECT CITIZEN (Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan) (Siti Supeni, Ed.). UNISIRI Press.

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). PENANAMAN SIKAP TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBIASAAN APEL PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS III. Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154.

Downloads

Published

2025-08-17

Most read articles by the same author(s)