PENGARUH PENGGUNAAN BUKU CERITA FABEL BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS IV SDN 15 NTOBO KOTA BIMA

Authors

  • Kasmiati STKIP Taman Siswa Bima
  • Muh. Rijalul Akbar STKIP Taman Siswa Bima
  • Rakhmatul Ummah STKIP Taman Siswa Bima

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.31934

Keywords:

buku cerita fabel bergambar, keterampilan bercerita, media pembelajaran, siswa sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pemanfaatan buku cerita fabel bergambar sebagai media pembelajaran terhadap keterampilan bercerita siswa kelas IV SDN 15 Ntobo Kota Bima. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain One-Group Pretest-Posttest dan sampel penelitian melibatkan 20 siswa yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan bercerita yang menilai empat indikator: kelancaran berbicara, ketepatan pemilihan kata, struktur kalimat, dan kelogisan alur cerita. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor rata-rata dari 59,82 pada pretest menjadi 75,52 pada posttest. Analisis paired sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), mengindikasikan pengaruh signifikan penggunaan buku fabel bergambar terhadap keterampilan bercerita siswa. Dengan demikian, media buku cerita fabel bergambar terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhari, A., Darmiany, D., & Husniati, H. (2021). Pengaruh metode bercerita berbantuan media gambar terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 1 Sakra Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 55–63. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/2

Haeniah. (2022). Strategi bercerita dalam meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia dini. Jurnal Anak Cerdas, 5(1), 32–39.

Juniza, D., Armariena, D. N., & Prasrihamni, M. (2022). Pengaruh media pembelajaran buku cerita bergambar terhadap keterampilan bercerita siswa kelas IV di SDN 11 Tanjung Batu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2),45–53. https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3563

Kemendikbudristek. (2022). Panduan implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lestari, M. (2024). Media ilustrasi visual sebagai strategi penguatan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 45–57. https://doi.org/10.21009/jipp.v10i1.5678

Mulyati, Y., & Cahyani, A. (2021). Pengaruh kegiatan bercerita terhadap kemampuan berbicara anak. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 44–50.

Nuha, A., Sari, N., & Wulandari, R. (2019). Peran buku cerita fabel dalam pembentukan karakter anak usia sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 15–25.

Nurhayati, S. (2025). Pengembangan instrumen validasi media pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 34–41. https://doi.org/10.12928/jpp.v13i1.6789

Putri, A. R. (2023). Pengaruh media buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 05 Berangah. Jurnal Pendidikan Dasar dan Literasi, 7(1), 18–26.

Pratiwi, D., & Nugroho, A. (2023). Penggunaan media cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(2), 101–110. https://doi.org/10.36706/jpdi.v8i2.3456

Rachmawati, T., & Rohman, A. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis karakter dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(2), 77–85.

Sugiyono. (2022). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2025-08-16