MENINGKATKAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING, STAD, JIGSAW DAN GROUP INVESTIGATION PADA MUATAN IPAS KELAS IV DI SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32146Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini terletak pada kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPAS. Faktor penyebabnya adalah metode pengajaran yang masih berfokus pada buku, serta penggunaan media dan model yang kurang menarik, sehingga siswa kurang berpartisipasi aktif selama pembelajaran. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas IV SDN Alalak Selatan 2 Banjarmasin semester genap tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 20 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan aktivitas guru dari pertemuan I sampai III meningkat dari skor 30 menjadi 34. Selanjutnya, aktivitas siswa pada pertemuan I sampai III juga menunjukkan peningkatan dari 55% menjadi 80%, sehingga tergolong sangat aktif.Downloads
References
Anggraenie, N. C., Eti Rohaeti, E., &
Alawiyah, T. (2021). Profil
Motivasi Belajar Peserta didik
Kelas Xi Sma Gunung Halu.
FOKUS (Kajian Bimbingan &
Konseling Dalam Pendidikan),
4(2), 145.
https://doi.org/10.22460/fokus.v4
i2.6321
Delsi Novelni, & Elfia Sukma. (2021).
Analisis Langkah-Langkah model
Problem Based Learning dalam
Analisis Langkah-Langkah Model
Problem Based Learning Dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu
Di Sekolah Dasar Menurut
Pandangan Para Ahli. Journal of
Basic Education Studies, 4(1),
3869–3888.
Evawani, L. (2022). Perpustakaan
83% 89% 94%
55% 65%
80%
0%
50%
100%
Pertemuan 1Pertemuan 2Pertemuan 3
Grafik Kecenderungan
Aktivitas Pendidik, Aktivitas
Peserta Didik
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 3, September 2025
12
Sebagai Sumber Belajar Di
Madrasah. Jurnal Literasiologi,
8(1), 136–143.
https://doi.org/10.47783/literasiol
ogi.v8i1.350
Fadhilah, A., & Suriansyah, A. (2024).
Meningkatkan Aktivitas Belajar,
Motivasi dan Keterampilan
Berpikir Kritis Peserta didik
Muatan IPA Menggunakan Model
PANTING Memakai Media Lilin
Peserta didik Sekolah Dasar. AR-
RIAYAH: Jurnal Pendidikan
Dasar, 8(1), 103.
https://doi.org/10.29240/jpd.v8i1.
8809
Fahkruzie Qadli, M., Mayang Fa’uni,
A., Rosydah, L., & Fauzi, Z. A.
(2024). Implementasi Model
Protect Exam Dengan Permaian
Engklek Pada Peserta didik
Kelas III Di Sekolah Dasar Negeri
Teluk Tiram 6 Banjarmasin.
Jurnal Teknologi Pendidikan Dan
Pembelajaran (JTPP), 02(02),
553–561.
Fahri Fajrul Falah, Zain Ahmad Fauzi,
Annisa Hasanah, Norma Paulina,
Asyfa Nabila, & Linda Rosydah.
(2024). Improving Critical
Thinking Skills and Collaboration
Skills Using Problem Based
Learning Models, DNGM Models,
Wordwall Media and Dragon
Games. International Journal of
Multilingual Education and
Applied Linguistics, 1(3), 95–109.
https://doi.org/10.61132/ijmeal.v
1i3.73
Fatchurrohman, S., Ahmad
Suriansyah, Arta Mulya Budi
Harsono, Zain Ahmad Fauzi, &
Muhsinah Annisa. (2024).
Implementasi Media
Pembelajaran Tablet dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar
Peserta Didik di SDN Pelambuan
4. Journal Educational Research
and Development | E-ISSN :
3063-9158, 1(2), 254–258.
https://doi.org/10.62379/jerd.v1i2
.140
Fauzi, Z. A., & Ayuni, H. (2024).
Improving Social Studies
Learning in Elementary Schools:
a Literature Study. International
Conference On Social Science
Education Proceeding, 2, 202–
210.
https://doi.org/10.20527/yvgtgh9
5
Firmansyah, A. O., Karma, I. N., &
Pratiwi, D. (2025). Upaya
Meningkatkan Motivasi Belajar
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 3, September 2025
13
Peserta Didik Melalui Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Berbantuan Media Box
Sila Solah Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Pancasila Kelas 2 di
SDN 11 Mataram. Jurnal Ilmiah
Profesi Pendidikan, 10(1), 594–
599.
https://doi.org/10.29303/jipp.v10i
1.3144
HARTINI, Y., NOORHAFIZAH, N., &
NOVITAWATI, N. (2025). Studi
Literature Review Peran
Kepemimpinan Dan Strategi
Manajeman Mutu Untuk Kinerja
Dan Kualitas Pendidikan Yang
Lebih Baik. LEARNING : Jurnal
Inovasi Penelitian Pendidikan
Dan Pembelajaran, 5(1), 303–
311.
https://doi.org/10.51878/learning.
v5i1.4339
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021).
Model Pembelajaran Kooperatif
Dalam Menumbuhkan Keaktifan
Belajar Peserta didik. Irsyaduna:
Jurnal Studi Kemahapeserta
didikaan, 1(1), 1–13.
https://doi.org/10.54437/irsyadun
a.v1i1.236
Kamil, M. F., Safitri, D., Herdayanti,
S., Agustin, I., Aryanti, M.,
Maharani, S. D., Zahroh, F. A.,
Aslamiah, A., & Pratiwi, D. A.
(2024). Analisis Kurikulum di
SDN Alalak Utara 3 Banjarmasin:
Observasi dan Implikasi untuk
Peningkatan Kualitas
Pembelajaran. MARAS: Jurnal
Penelitian Multidisiplin, 2(3),
1247–1255.
https://doi.org/10.60126/maras.v
2i3.356
Kasi, R. (2022). Pembelajaran Aktif :
Mendorong Partisipasi Peserta
didik. Jurnal Pembelajaran, 1(1),
1–12.
Ma’wa, J., Novitawati, N., &
Noorhapizah, N. (2024).
Pengaruh Self-Eficacy Pendidik,
Beban Kerja, dan Stres Kerja
Terhadap Profesionalitas
Pendidik TK di Kecamatan Bati-
Bati Kabupaten Tanah Laut.
Journal of Education Research,
5(2), 2138–2149.
https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.
1096
Madina, R., Rafianti, W. R., Aslamiah,
A., & Noorhapizah, N. (2024).
Meningkatkan Motivasi dan
Keterampilan Berpikir Kritis
Peserta didik Pada Muatan IPA
Menggunakan Kombinasi Model
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 3, September 2025
14
PBL, NHT dan Make A Match di
Kelas V Sekolah Dasar.
PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Pendidik Sekolah
Dasar, 11(3), 473–484.
https://doi.org/10.17509/pedadid
aktika.v11i3.77085
Mawardah, N. A., Damayanti, S. K.,
Ramadhini, N., Suriansyah, W.
R., & Pratiwi, D. A. (2025).
Analisis Kendala Penerapan
Cooperative Learning pada
Peserta Didik dalam Konteks
Kurikulum Merdeka di SDN
Semangat Dalam 1. MARAS
Jurnal Penelitian Multidisiplin,
516–529.
Monika, N. K. S., Suriansyah, A.,
Harsono, A. M. B., Prihandoko,
Y., & Fauzi, Z. A. (2024). Peran
Budaya Literasi dalam
Meningkatkan Minat Baca
Peserta Didik di SDN Antasan
Besar 1. Pendidikan Sosial Dan
Konseling, 02(3), 1105–1111.
https://doi.org/10.47233/jpdsk.v2i
3
Prasetyo, A. D. (2021). Peningkatan
Hasil Belajar Konsep Dasar IPA
Melalui Model Pembelajaran
Jigsaw. JENIUS (Journal of
Education Policy and Elementary
Education Issues), 1(2), 21–29.
https://doi.org/10.22515/jenius.v
2i1.3622
Rahmah, N., Fauzi, Z. A., & Fa’uni, A.
M. (2024). Menggunakan Model
Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Keterampilan
Kolaborasi Peserta Didik Di Kelas
VB. Jurnal Teknologi Pendidikan
Dan Pembelajaran, 02(01), 177–
185.
Rahmaniah, L., & Noorhapizah, N.
(2025). MENGEMBANGKAN
KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK
DALAM MENGENAL KONSEP
BILANGAN MENGGUNAKAN
MODEL PINTAR PADA
KELOMPOK A. Jurnal Inovasi,
Reynaldi Nomor, Jhon R. Wenas, &
Aaltje S. Pangemanan. (2022).
Pengaruh Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap
Hasil Belajar Peserta didik Pada
Materi Spldv. Khatulistiwa: Jurnal
Pendidikan Dan Sosial
Humaniora, 2(4), 50–58.
https://doi.org/10.55606/khatulisti
wa.v2i4.746
Sagita, D. K., Ermawati, D., & Riswari,
L. A. (2023). Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematis
Peserta didik Sekolah Dasar.
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar,
ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950
Volume 10 Nomor 3, September 2025
15
Jurnal Educatio FKIP UNMA,
9(2), 431–439.
https://doi.org/10.31949/educatio
.v9i2.4609
Putri, E. A., Suriansyah, A., &
Purwanti, R. (2024).
Meningkatkan aktivitas dan
motivasi belajar peserta didik
menggunakan model
pembelajaran bacatur pada
muatan IPAS kelas IVA di SDN
Mawar 7 Banjarmasin. Jurnal
Teknologi Pendidikan Dan
Pembelajaran| E-ISSN: 3026-
6629, 1(4), 729-746.
Sovarinda, I., Suriansyah, A., Budi
Harsono, A. M., & Widyarini, T. P.
(2024). Apresiasi Dan Reward
Pendidik Terhadap
Pembentukan Motivasi. Joyful
Learning Journal, 13(4), 73–82.
Suriansyah, A., Harsono, A. M. B.,
Iskandar, B. A., & Pratiwi, D. A.
(2024). Pendekatan Pendidik
Dalam Mengelola Perubahan
Emosional Peserta didik Kelas V
Selama Masa Pubertas Di SD
Negeri 4 Sungai Buluh. Journal
Educational Research and
Development| E-ISSN: 3063-
9158, 1(2), 149-154.
Wulandari, I. (2022). Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD ( Student Teams
Achievement Division) dalam
Pembelajaran MI. Jurnal Papeda:
Jurnal Publikasi Pendidikan
Dasar, 4(1), 17–23.
https://doi.org/10.36232/jurnalpe
ndidikandasar.v4i1.1754
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.