DARI TAMAN KE TANGGUH: EKSPLORASI HUBUNGAN ANTARA PAPARAN ALAM DI RUANG HIJAU PERKOTAAN DAN PERKEMBANGAN RESILIENSI PSIKOLOGIS PADA ANAK USIA 3-5 TAHUN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32743Keywords:
resiliensi psikologis; ruang hijau perkotaan; perkembangan anakAbstract
Urbanisasi pesat telah membatasi akses anak terhadap lingkungan alami, menimbulkan kekhawatiran terhadap perkembangan resiliensi psikologis pada tahap kritis usia 3-5 tahun. Penelitian ini mengeksplorasi hubungan antara paparan alam di ruang hijau perkotaan dengan pengembangan resiliensi psikologis melalui metode literature review naratif terhadap delapan studi primer periode 2019-2025. Kriteria inklusi meliputi penelitian empiris berbahasa Inggris yang membahas populasi anak prasekolah dengan fokus ruang hijau dan kesehatan mental. Analisis tematik mengidentifikasi empat dimensi utama: aksesibilitas spasial, kualitas ekologis, pembelajaran berbasis alam, dan faktor moderator. Temuan menunjukkan korelasi negatif signifikan antara aksesibilitas ruang hijau dengan kecemasan sosial (r = -0.42), hubungan positif indeks vegetasi dengan regulasi emosi (β = 0.38), serta peningkatan 23% skor inisiatif melalui program berbasis alam. Status sosio-ekonomi dan kualitas pendampingan berperan sebagai moderator signifikan. Penelitian ini mengkonfirmasi bahwa paparan alam berkontribusi substansial terhadap pembentukan resiliensi psikologis anak usia dini melalui mekanisme neurobiologis dan sosio-emosional yang kompleks.Downloads
References
Aguspriyanti, C. D., Zertson, Z., Husnul, K., Sudirman, M. R., Alifia, N. D., & Suwarlan, S. A. (2024). Strategi Revitalisasi Taman Gajah Mada Kota Batam dengan Pendekatan Arsitektur Perilaku. Jurnal Arsitektur TERRACOTTA, 5(2), 116–124. https://doi.org/10.26760/terracotta.v5i2.11407
Begawatsari, F., & Sartono. (2023). Analisis Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau Yang Terintegrasi Dengan Program Ruang Terpadu Ramah Anak Di Kecamatan Duren Sawit Kota Adminstrasi Jakarta Timur. Journal Teknik Unkris, 92–98.
Creswell, J. W. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (3rd ed.). Los Angeles, CA: Sage.
Dr. Mahipal, S.H., M.H, Setiadhi, A. N., Sasiras, A. A., Irawan, M. L., & Abdullah, N. (2024). Upaya Meningkatkan Ruang Terbuka Hijau Pada Kawasan Bogor. Indonesian Journal of Islamic Jurisprudence, Economic and Legal Theory, 2(4), 1904–1913. https://doi.org/10.62976/ijijel.v2i4.732
Ernst, J., Juckett, H., & Sobel, D. (2021). Comparing the Impact of Nature, Blended, and Traditional Preschools on Children’s Resilience: Some Nature May Be Better Than None. Frontiers in Psychology, 12(October). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.724340
Ernst, J., & Stelley, H. (2024). Supporting Young Children’s Self-Regulation Through Nature-Based Practices in Preschool. Behavioral Sciences, 14(11). https://doi.org/10.3390/bs14111013
Fadiyah Shafa, April Aulia, Farha V. Lasahido, N. (2024). PENGELOLAAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF FUNGSI MANAJEMEN (POACH).
Gosal, K., Wardana, T., Rivai, A., Firmansyah, A. M., & Palu, K. (2024). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN RUANG TERBUKA HIJAU (RTH) DALAM TATA KELOLA RUANG DI KOTA PALU. 01(04), 59–66.
Haq, I., Baharuddin, H., & Kamaruddin, N. (2025). Patterns of Interactive Space Utilization in Public Facilities of Enrekang City Park : A Biophilic Design Approach Study Pola Penggunaan Ruang Interaktif pada Fasilitas Publik Taman Kota Enrekang : Studi Pendekatan Biophilic Design Pendahuluan. 1(1), 42–51.
Johnstone, A., Martin, A., Cordovil, R., Fjortoft, I., Iivonen, S., Jidovtseff, B., … McCrorie, P. (2022). Nature-Based Early Childhood Education and Children’s Social, Emotional and Cognitive Development: A Mixed-Methods Systematic Review. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(10). https://doi.org/10.3390/ijerph19105967
Khairunnisa Aulia, Putri, S. U., & Maranatha, J. R. (2023). Penerapan Pendekatan Lingkungan dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak (Studi Kualitatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun). Jurnal Smart Paud, Vol. 6, No(2), 101–112.
Rasyida, A. (2021). Hubungan antara Persepsi terhadap Kualitas dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau dengan Kesejahteraan Psikologis Anak. Tataloka, 23(3), 404–417. https://doi.org/10.14710/tataloka.23.3.404-417
Rengganes, C. P., & Saptorini, H. (2025). IN SEMARANG CITY WITH BEHAVIORAL ARCHITECTURE APPROACH DESIGN OF Resilience Center FINAL ARCHITECTURE DESIGN STUDIO UNDERGRADUATE PROGRAM IN ARCHITECTURE.
Shadrina, S. N., Rahayu, M. J., & Pujantiyo, B. S. (2024). Evaluasi Kualitas Fisik dan Nonfisik pada Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) (Studi Kasus Taman Adipura Kencana Kabupaten Kudus). Desa-Kota, 6(1), 123. https://doi.org/10.20961/desa-kota.v6i1.78175.123-137
Soetijono, I. R., Nugroho, R., Jayus, J., & Ana, I. B. O. (2021). Pemenuhan Hak Anak Atas Ruang Terbuka Hijau: Studi Kebijakan di Kabupaten Jember dan Banyuwangi. Jurnal Kajian Konstitusi, 1(1), 63. https://doi.org/10.19184/jkk.v1i1.23959
Suci, Ramia Saputri, Sulkaidah Kanang, N. (2024). SUPERVISI PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS GURU SECARA EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI.
Tahalea, S., Novianti, E., Dewanti, A. R., & Damarjati, F. (2024). Once Upon a Town: Visualisasi Ruang Hijau Jakarta dalam Foto Montase akan Menghasilkan Karya Fotografi Montase. Jurnal Seni & Reka Rancang, 7(2), 2024.
Wardani, D. A. P., Pujiastutik, E. F., & sholekha, N. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 4(3), 321–326. https://doi.org/10.36636/primed.v4i3.5892
Weyant, E. (2022). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches: by John W. Creswell and J. David Creswell, Los Angeles, CA: SAGE, 2018, $38.34, 304pp., ISBN: 978-1506386706. Taylor & Francis.
Widati, T., & Amiany. (2024). Peningkatan Kualitas Hidup Perkotaan Melalui Peran Ruang Terbuka dalam Arsitektur Modern. Alibi: Jurnal Arsitektur Dan Lingkungan, 1(1), 39–47.
Yu, B., Ming Gao2, D. L., & Zhou, X. (n.d.). The influence of outdoor play spaces in urban parks on children’s social anxiety. (3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.