PENGEMBANGAN MODEL STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DI SDII LUQMAN AL HAKIM 02 BATAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33044Keywords:
Model Strategi Pembelajaran, PAI, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model strategi pembelajaran PAI yang kontekstual, valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan di SDII Luqman Al Hakim 02 Batam. Menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan alur ADDIE (Analyze Design Develop Implement Evaluate), studi ini memadukan data kualitatif (observasi kelas, wawancara guru/ kepala sekolah, telaah dokumen RPP) dan kuantitatif (validasi ahli, angket kepraktisan, prates dan pascates, serta rubrik sikap religius). Model yang dikembangkan mengintegrasikan diferensiasi, Problem Based Learning (PBL) mini, langkah saintifik, media low tech/digital beretika, serta asesmen autentik. Hasil validasi menunjukkan model dan perangkat pendukung (SOP, RPP, LKPD berjenjang, bank media, dan rubrik sikap) dinilai layak oleh pakar, sementara uji coba kelas menampilkan tingkat kepraktisan yang baik dari sisi keterlaksanaan sintaks, kejelasan instruksi, dan keterterimaan siswa. Secara efektivitas, terdapat indikasi peningkatan pemahaman materi, penguatan sikap religius, dan kenaikan partisipasi aktif dibanding praktik pembelajaran reguler, terutama saat guru menerapkan tugas berbasis masalah skala kecil, scaffolding terstruktur, dan pembiasaan nilai secara konsisten. Temuan ini menyarankan adopsi bertahap model beserta pelatihan singkat guru, sekaligus membuka peluang replikasi dan pengujian komparatif pada kelas atau tema PAI lain di lingkungan sekolah dasar.
Downloads
References
Anggraini, Y. (2024). Improving Islamic Education Learning Outcomes Through Problem Based Learning Model at State Elementary School 11 Tanjung Alai. Jurnal Profesi Guru Indonesia, 1(4), 66–72. https://doi.org/10.62945/jpgi.v1i4.306
Arikunto, S. (2022). Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta. Jurnal EMBA, 1(3).
Damayanti, K., Effendi, M., & Daryono, R. W. (2024). The effectiveness of the problem-based learning model on student learning achievement in Islamic education learning. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 5(5), 1097–1108.
Emzir, E. (2022). Metodologi penelitian pendidikan: kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers, 28.
Hasibuan, A., Nirwana, Mardianto, Supriadi, & Suridah. (2021). Pengembangan Model Strategi dan Media Pembelajaran PAI. Education & Learning, 1(2), 12–19. https://doi.org/10.57251/el.v1i2.61
Hasibuan, S. P. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Ihwanah, A., Idi, A., Karoma, K., Afifah, N., & Diana. (2024). Character Building Through Differentiated Learning of Islamic Religious Education in the Digital Era. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 29(2), 178–192. https://doi.org/10.19109/td.v29i2.24890
Jannah, E. R., & Fuad, A. F. N. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hikmah, 21(1), 71–83.
Nugraha, M. S., Kafi, M. K., & Dedih, U. (2024). Desain Pembelajaran PAI Dengan Model Addie Pada Materi Selamat Datang Wahai Nabiku Kekasih Allah SWT Di SMP Wyata Dharma Bandung. Al-AFKAR:Journal for Islamic Studies, 7(2), 750–762. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i2.982.PAI
Nurhayati. (2023). DETERMINASI KINERJA GURU : PENGEMBANGAN KURIKULUM, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH. Jurnal Mumtaz Juli, 3(2), 106–116.
Nurhayati, N., Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803
Nurhayati, & Rosadi, K. I. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam: Sistem Pendidikan, Pengelolaan Pendidikan, Dan Tenaga Pendidikan (Literatur Manajemen Pendidikan Islam). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 451–464.
Purwanti, K. L., Rofiq, M., Fashihah, I., & Romaniyah, R. (2024). Analyzing the Merdeka Curriculum Implementation at Pilot Islamic Elementary Schools in Semarang, Indonesia. Journal of Integrated Elementary Education, 4(1), 26–41. https://doi.org/10.21580/jieed.v4i1.21249
Sartika, D., Tanjung, E. F., & Nurzannah, N. (2024). Implementation of Islamic Religious Education Using Fun Learning at Primary Schools. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 07(02), 87–102.
Sugiyono. (2022). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.
Susanto, H., Marpuah, S., Sudarmadi, Erwahyudin, D. D., & Wahyuni, N. (2024). The Development of Interactive Learning Media for Islamic Religious Education in Elementary Schools in Indonesia. Journal of Research in Mathematics, Science, and Technology Education, 1(2), 77–83. https://doi.org/10.70232/jrmste.v1i2.14
Suwadi, Sulistyowati, E., Hazrullah, & Adira, H. F. (2025). Development of TPACK Instrument to Measure Teacher Knowledge in Islamic Education for In-Service Teacher Professional Training. Educational Process: International Journal, 16. https://doi.org/10.22521/edupij.2025.16.193
Tang Muhammad. (2018). Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Era Digital. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 7(1), 716–740.
Zuhro, I. N., Sutomo, M., & Mashudi, M. (2022). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Model Addie. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 5(2), 180–193. https://doi.org/10.52166/talim.v5i2.3085
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















