PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR MULTIMEDIA

Authors

  • Selpi Indramaya Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an Kepulauan Riau

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33046

Keywords:

sumber belajar, multimedia, hasil belajar, PAI.

Abstract

Tujuan penulisan tulisan ilmiah ini adalah untuk mengetahui berkenaan dengan pemanfataan sumber belajar berbasis multimedia dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam (PAI). Sungguh disadari atau tidak saat dimana teknologi sangat berkembang pesat bahkan menyentuh dunia pendidikan dengan aplikasi, program dan jenis multimedia yang beragam akan tetapi masih banyak  pendidik (guru) yang belum mampu untuk menggunakannya dengan benar dan siswa pun masih banyak yang belum mampu untuk menggunakannya dengan baik. Oleh karena itu perlu diadakan eduakasi akan pentingnya multimedia dalam meningkatkan hasil belajar PAI dan cara mengaflikasikannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

As Ari, H., & Aly, A. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Multimedia Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Al-kautsar program khusus tahun ajaran 2016/2017. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Darmawan, D. (2014). Inovasi pendidikan: pendekatan praktik teknologi multimedia dan pembelajaran online. PT Remaja Rosdakarya.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 1–17.

Fadilah, N. U. (2019). Media Pembelajaran. Kemenag, 1000, 1–6.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 11, 1–17.

Hidayati, A. (2018). Layanan informasi belajar berbasis multimedia. 1st ASEAN School Counselor Conference on Innovation and Creativity in Counseling. Ikatan Bimbingan dan Konseling Sekolah.

Indri, A. (2022). PENGGUNAAN MEDIA LIQUID CRYSTAL DISPLAY (LCD) PROYEKTOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MTS MUHAMMADIYAH LUBUK JAMBI. Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Juhaeni, S., Nurhayati, R., & Tanzila, A. N. (2020). Konsep dasar media pembelajaran. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 1(1), 34–43.

Kountur, R. (2018). Metode penelitian untuk penulisan skripsi dan tesis. Ppm.

Lutfinda, M. D., Rozi, S., & Rohmad, M. A. (2024). PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 JATIREJO. Universitas Islam Majapahit.

Marfuatun, S. (2010). Pemanfaatan sumber belajar berbasis multimedia dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Singosari Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi).

Muhammad, O., & Al-Syaibany, A.-T. (1979). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Nurhayati, Lias Hasibuan, K. I. R. (2021). Determinas Minat Belajar Dan Sikap Tehadap Prestasi Belajar Melalui Kreativitas Mahasiswa. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 3(10), 2013–2015.

Nurhayati, Fidri, M., & Saputra, D. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kota Batam. 1(1), 1–9.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2023). Belajar dan pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.

Septy, N. (2021). Media pembelajaran. Sukabumi, Indonesia: CV. Jejak.

Siregar, M. (2023). Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Sei Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Sugiyono. (2022). Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta, Bandung, 25.

Supratiknya, A. (2022). Metodologi penelitian kuantitatif & kualitatif dalam psikologi. universitas Sanata Dharma.

Suryani, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran sejarah berbasis it. Jurnal Sejarah Dan Budaya, 10(2), 186–196.

Undang-Undang, R. I. (2003). no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Yasin, A. N. (2017). Kelayakan teoritis multimedia interaktif berbasis articulate storyline materi sistem reproduksi manusia kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 6(2).

Downloads

Published

2025-09-11