ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS III B SD N NGANDUL 1 SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Authors

  • wirda nur hartanti Universitas Slamet Riyadi
  • Sri Handayani Universitas Slamet Riyadi
  • Mukhlis Mustofa Universitas Slamet Riyadi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33244

Keywords:

Kesulitan, Membaca Permulaan, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam membaca permulaan di kelas III B SD Negeri Ngandul 1 Sragen, serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan tersebut. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui solusi yang diberikan oleh guru dalam mengatasi kesulitan tersebut. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Ngandul 1 Sragen dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari peserta didik kelas III B, orang tua, dan guru kelas III B, sementara objek yang diteliti adalah kesulitan dalam membaca permulaan. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan peserta didik, orang tua, serta guru, sementara data sekunder dikumpulkan melalui dokumentasi berupa daftar nama peserta didik dan nilai mereka. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan triangulasi data untuk memastikan keabsahannya melalui teknik dan sumber yang berbeda. Metode analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan yang dialami peserta didik meliputi belum menghafal bentuk huruf abjad, kesulitan dalam pemenggalan kata, pengulangan kata yang tidak tepat, dan kesulitan membedakan huruf yang mirip, serta kesulitan dalam melafalkan kata yang mengandung huruf digraf. Faktor yang mempengaruhi kesulitan ini antara lain minat peserta didik, perhatian orang tua, dan konsentrasi belajar mereka. Sebagai solusi, guru mengadakan kegiatan membaca selama 15 menit sebelum kegiatan belajar dimulai, memberikan jam tambahan bagi peserta didik yang belum dapat membaca, serta memberikan perhatian dan motivasi untuk meningkatkan kemampuan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Rofi’i, & Sigit Vebrianto Susilo. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4Agus Rofi’i, & Sigit Vebrianto Susilo. (2022). Kesulitan Membaca Permulaan Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1593–1603. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3151. Diakses pada tanggal 12 Agustus 2025 pukul 14.25

Aminah, S., Mansoer, Z., & Musda Mappapoleonro, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membedakan Huruf b, d, dan p melalui Media Sandpaper Letter’s di Masa Pandemi. Stkip Kusuma Negara, 2. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/. Diakses pada tanggal 11 Agustus 2025 pukul 11.24

Aprilia, U. I., Fathurohman, & Purbasari. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I. Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 227–233. Diakses pada tanggal 4 Agustus 2025 pukul 19.21

Besari, A. (2022). Pendidikan Keluarga Sebagai Pendidikan Pertama Bagi Anak. Besari, Anam, 13(1), 165. Diakses pada tanggal 2 Agustus 2025 pukul 16.44

Dandi, S., Misdalina, & Noviati. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1404–1409. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf. Diakses pada tanggal 9 Agustus 2025 pukul 22.16

Diah Mauliedia1, Asyerina Ladau2, Widya, 3Thomas Joni Verawanto Aristo4. (2024). Implementasi membaca asik 15 menit untuk tingkatkan literasi di sdn 01 kenukut pada program kampus mengajar angkatan 8. 3(2). Diakses pada tanggal 8 Agustus 2025 pukul 12.33

Fatah, M., Suud, F. M., & Chaer, M. T. (2021). Jenis-Jenis Kesulitan Belajar Dan Faktor Penyebabnya Sebuah Kajian Komperehensif Pada Siswa Smk Muhammadiyah Tegal. Psycho Idea, 19(1), 89. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v19i1.6026. Diakses pada tanggal 13 Maret 2025 pukul 17.54

Fatchuroji, A., Yunus, S., Jamal, M., Somelok, G., Yulianti, R., & Sihombing, M. (2023). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Terhadap Hasil Belajar. Journal on Education, 05(04), 13758–13765. Diakses pada tanggal 7 Maret 2025 pukul 22.16

I Nyoman Dwi Kuscahyanto, Amilia Eni Rudianti, & Khairul Kisa. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Dengan Bantuan Ice Breaking Pada Kelas IV SDN 22 Ampenan Tahun Ajaran 2022/2023. Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, Vol. 3 No.(2), 19. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/500/396. Diakses pada tanggal 12 Agustus 2025 pukul 15.22

Jannah, N., Fadhila, D., & Enawar, E. (2022). Strategi Guru Kelas Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas 2 Sdn Sukasari Ii Kabupaten Tangerang. Jurnal Elementary, 5(1), 6. https://doi.org/10.31764/elementary.v5i1.5786. Diakses pada tanggal 12 Maret 2025 pukul 22.48

L, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan pada Siswa Sekolah Dasar. Research & Learning in Elementary Educational, 5(4), 2611–2616. Diakses pada tanggal 27 Februari 2025 pukul 20.26

Murtafiah, S. N., & Maknun, L. (2024). Pengaruh Pemakaian Tanda Baca Terhadap Intonasi Dan Makna Kalimat Dalam Membaca Teks Bahasa Indonesia. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(4), 1765–1771. https://doi.org/10.62567/micjo.v1i4.257. Diakses pada tanggal 7 Agustus 2025 pukul 19.26

Nurani, R. Z., & , Fajar Nugraha, H. H. M. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1462–1470. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.907. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2025 pukul 20.24

Nurhayati. (2019). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Gambar Dan Simbol Pada Kelompok B2 Tk Dharma Wanita Kalijaga. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 128–145. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2025 pukul 11.27

Pramesti, F. (2023). Analisis Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 2 Sd. Js (Jurnal Sekolah), 7(4), 624. https://doi.org/10.24114/js.v7i4.47751. Diakses pada tanggal 11 Agustus 2025 pukul 13.42

Santi1, Yeti Mulyati2, D. H. (2022). BENTUK SINGKATAN DAN POLA PENGGALAN KATA. הארץ, 29(8.5.2017), 2003–2005. Diakses pada tanggal 5 Agustus 2025 pukul 12.36

Saputra, J., & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Teori Dan Hasil Pendidikan Dasar, 1(1), 11–33. https://doi.org/10.22437/jtpd.v1i1.19615. Diakses pada tanggal 11 Agustus 2025 pukul 20.29

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitiatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung:Alfabeta.

Suryani, M. (2024). Hakekat Pendidikan dalam Kehidupan Manusia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 537–544. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3397. Diakses pada tanggal 10 Maret 2025 pukul 12.41

Widia, K., Nurhayati, S., & Haryati, S. (2022). Analisis Peran Orang Tua terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 2 Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2025 pukul 12.33

Witri, D., Saputra, H. H., & Rahmatih, A. N. (2022). Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II di SD Negeri 1 Wanasaba Daya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2181–2189. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.929. Diakses pada tanggal 10 Agustus 2025 pukul 22.42

Yulianti, Y., Dinie Anggraeni Dewi, & Dewi Wulan Sari. (2023). Analisis keterampilan dan kesulitan pembaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(2), 172–178. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i2.1460. Diakses pada tanggal 8 Maret 2025 pukul 11.13

Downloads

Published

2025-09-12