PERSEPSI ORANG TUA DALAM MENYEKOLAHKAN ANAKNYA KE SMP SWASTA NASIONAL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33360Keywords:
Parental Perceptions, Private Schools, EducationAbstract
The objectives of this study include: [1] To determine parents' perceptions of
National Private Junior High Schools; [2] To determine the extent to which parents'
positive perceptions influence their decisions in choosing a school. The background
of this study is based on the phenomenon of increasing public interest in private
schools, even though public schools are still considered more prestigious and
superior in terms of facilities and teaching staff. The method used in this study is
qualitative with a positivistic approach, data was obtained through observation, in-
depth interviews, and documentation of eight parents of students from various socio-
economic backgrounds, as well as the school. The results of the study indicate that
parents' perceptions of National Private Junior High Schools are very positive. The
school is seen as having advantages in character building, instilling religious values,
and a humanistic learning approach. Influencing factors, such as effective
promotion, positive experiences from the surrounding community, teacher
professionalism, affordable education costs, and a conducive school environment
are the main considerations in decision making. Parents also observed positive
developments in their children's self-confidence, religious habits, and social
interactions after attending the institution. This study concludes that parents'
perceptions play a significant role in children's educational decisions. The decision
to send children to private junior high schools is not solely due to limited access to
public schools, but rather based on confidence in the quality of education, the
school's vision, and the values it instills. This study is expected to serve as a
reference for educational institutions in improving service quality and building public
trust.
Downloads
References
komunitas. Sebagian
informan menyampaikan
bahwa sekolah ini sudah
sangat baik, berkualitas, dan
tidak memerlukan banyak
perbaikan. Namun demikian,
dorongan untuk terus
berinovasi, memperbaiki
sarana, dan mempererat
hubungan sosial tetap
menjadi perhatian utama
agar sekolah ini semakin
maju dan profesional.
E. Kesimpulan
Penelitian ini mendapatkan
simpulan yang merujuk pada rumusan
masalah yang telah ditetapkan.
Pertama, persepsi orang tua tentang
SMP Swasta Nasional menunjukkan
penilaian yang sangat positif. Sekolah
ini dipandang sebagai lembaga
pendidikan yang dikelola dengan
sungguh-sungguh, menunjukkan
keseriusan dalam pelayanan
akademik, serta memberikan
perhatian besar terhadap pembiasaan
nilai-nilai keagamaan dalam
kehidupan sehari-hari siswa. Hal
tersebut terlihat dari adanya
perubahan perilaku anak setelah
bersekolah, seperti yang sebelumnya
kurang rajin dalam menjalankan
ibadah shalat, kini menjadi lebih
konsisten dan mandiri dalam
menjalankan ibadah tersebut. Dengan
kata lain, siswa menunjukkan sikap
keberagamaan yang baik, di samping
peningkatan kedisiplinan dan
ketekunan dalam belajar.
Berdasarkan pandangan orang tua,
sekolah ini membina siswa tidak
hanya dari sisi akademik, tetapi juga
dari sisi spiritual dan karakter. Oleh
karena itu, mayoritas orang tua
menyatakan puas terhadap proses
pendidikan yang dilakukan oleh SMP
tersebut.
Kedua, karena persepsi orang
tua tentang sekolah itu sangat positif,
maka mereka merekomendasikan
atau menyampaikan kepada saudara-
saudara, tetangga, serta rekan kerja
untuk menyekolahkan anaknya di
sana. Mereka merekomendasikan
sekolah tersebut, karena mereka
mempersepsikan baik terhadap SMP
Swasta Nasional. Simpulan ini
menunjukkan bahwa persepsi positif
orang tua disertai dengan tindakan
menyebarkan informasi secara
terbuka memiliki dampak yang besar
dalam membentuk citra serta
kepercayaan masyarakat terhadap
sekolah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							
















