PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS V UPT SPF SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33522Keywords:
Kata kunci: Project Based Learning, hasil belajar, sistem pernapasan manusia, IPAS, siswa SDAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi sistem pernapasan manusia di kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa, yang disebabkan oleh model pembelajaran konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS), khususnya pada materi sistem pernapasan manusia. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment tipe nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 43 orang, terdiri dari 21 siswa kelas kontrol dan 22 siswa kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar berupa pre-test dan post-test. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan hasil belajar antara kedua kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelas yang menggunakan model PjBL. Rata-rata nilai post-test siswa kelas eksperimen adalah 82,50, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 68,09. Berdasarkan uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model PjBL terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci: Project Based Learning, hasil belajar, sistem pernapasan manusia, IPAS, siswa SDDownloads
References
Hidayat, Sukmawarti, & Suwanto. (2021). The application of augmented reality in elementary school education. Research, Society and Development, 10(3), 1-6. https://doi.org/10.33448/rsd-v1013.12823. Lestari, L, W. (2021). Media Tangga Pintar (Smart
Laut, A., Harahap, R., Dkk, (2018) Filsafat Pendidikan. Medan.
Lestari, D., Suryani, N., & Prabowo, H. (2023). Penerapan Project based learning dengan pendekatan Lesson Study untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem pernapasan manusia. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 6(1), 12-24.
Lestari, N., Nila, D., dkk. (2023). Manajemen pendidikan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran guru. Jurnal Kepemimpinan Pendidikan, 11(1), 44–53.
Napitupulu, S, & Diah A. (2020). Pengembangan Media Puzzle Gambar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD 101899 Lubuk Pakam. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 1. No. 2
Rangkuti, D., & Sukmawarti, S. (2022). Pendidikan sebagai proses dalam kehidupan manusia untuk mendapatkan ilmu pengetahuan yang berguna di masa depan. Jurnal Pendidikan Dasar, 19(2), 45-60.
Sihombing, R., & Yarshal, H. (2023). Pendidikan sebagai sarana pengembangan potensi diri siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 10(3), 73–81.
Tiara Ditha, & Sutarini. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Video Animasi Berbantuan Aplikasi Filmora Pada Pembelajaran Pecahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(4). Retrieved from https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id/index.php/ALFIHRIS/article/view/425
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.