PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BAGIAN TUMBUH TUMBUHAN KELAS IV SDN BANJARSARI 3
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33655Keywords:
POGIL, creative thinking, science learning, plant partsAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih cenderung pasif dalam proses pembelajaran karena masih menggunakan model pembelajaran konvesional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) pada materi bagian tubuh tumbuhan di kelas IV SDN BanjarSari 3. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian yang mengacu pada empat indikator berpikir kreatif: kelancaran, keluwesan, orisinalitas, dan elaborasi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 49,17 dan nilai posttest 88,50 dengan nilai N-Gain sebesar 0,77 yang tergolong tinggi. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan model POGIL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bagian tubuh tumbuhan. Model ini juga mampu menciptakan suasana pembelajaran aktif, kolaboratif, dan kontekstual.
Downloads
References
Andriany, E. F., & Saputra, R. (2022). Pengaruh Model Direct Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 2 Kelas V. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.365
Fajri, A. S., Lastya, H. A., & Malahayati, M. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Kelas XI SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 7(1), 10. https://doi.org/10.22373/crc.v7i2.14284
Hafiza, H., Hairida, H., Rasmawan, R., Enawaty, E., & Ulfah, M. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 9 Pontianak pada Materi Sistem Koloid. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4681–4693. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2707
Ilmiah, J., Multidisipliner, K., Sakinah, N., Haji, S., Susanta, A., Bengkulu, U., & Pemecahan, K. (2024). PENGARUH PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING ( POGIL ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMAIT IQRA ’. 8(7), 393–400.
Iranda, R. P., & Darmana, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Model Pembelajaran Process Orientied Guided Inquiry Learning. 13(4), 4777–4786.
Jatmiko, D. D. H., Andriana, L., Pambudi, D. S., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2022). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Open- Ended Berdasarkan Teori Wallas Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 340–349. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1993
Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135–144. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238
Musdalifah, M., Syafni, G. S., & Ira, R. J. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd …. 4(1). http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3070%0Ahttp://repo.bunghatta.ac.id/307 0/3/73 Musdalifah 1510013411064 BAB I.pdf
Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185.
Utomo Aji, S., Aziz, T. A., & Hidajat, F. A. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif di Indonesia : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v6i1.29025
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















