PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BAGIAN TUMBUH TUMBUHAN KELAS IV SDN BANJARSARI 3

Authors

  • Intan Chania Putri Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Beni Junedi Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Ratna Dewi Universitas Bina Bangsa Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33655

Keywords:

POGIL, creative thinking, science learning, plant parts

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih cenderung pasif dalam proses pembelajaran karena masih menggunakan model pembelajaran konvesional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui penerapan model pembelajaran process oriented guided inquiry learning (POGIL) pada materi bagian tubuh tumbuhan di kelas IV SDN BanjarSari 3. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 30 siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan melalui tes uraian yang mengacu pada empat indikator berpikir kreatif: kelancaran, keluwesan, orisinalitas, dan elaborasi. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 49,17 dan nilai posttest 88,50 dengan nilai N-Gain sebesar 0,77 yang tergolong tinggi. Uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan model POGIL terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bagian tubuh tumbuhan. Model ini juga mampu menciptakan suasana pembelajaran aktif, kolaboratif, dan kontekstual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriany, E. F., & Saputra, R. (2022). Pengaruh Model Direct Instruction Terhadap Keterampilan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema 2 Kelas V. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 3(1), 25–31. https://doi.org/10.56667/dejournal.v3i1.365

Fajri, A. S., Lastya, H. A., & Malahayati, M. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran POGIL untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Kelas XI SMKS Mahyal Ulum Al-Aziziyah. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 7(1), 10. https://doi.org/10.22373/crc.v7i2.14284

Hafiza, H., Hairida, H., Rasmawan, R., Enawaty, E., & Ulfah, M. (2022). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA di SMAN 9 Pontianak pada Materi Sistem Koloid. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4681–4693. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2707

Ilmiah, J., Multidisipliner, K., Sakinah, N., Haji, S., Susanta, A., Bengkulu, U., & Pemecahan, K. (2024). PENGARUH PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING ( POGIL ) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMAIT IQRA ’. 8(7), 393–400.

Iranda, R. P., & Darmana, A. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Terintegrasi Model Pembelajaran Process Orientied Guided Inquiry Learning. 13(4), 4777–4786.

Jatmiko, D. D. H., Andriana, L., Pambudi, D. S., Trapsilasiwi, D., & Hussen, S. (2022). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pemecahan Masalah Open- Ended Berdasarkan Teori Wallas Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 340–349. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1993

Lestari, I., & Ilhami, A. (2022). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 135–144. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.238

Musdalifah, M., Syafni, G. S., & Ira, R. J. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd …. 4(1). http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3070%0Ahttp://repo.bunghatta.ac.id/307 0/3/73 Musdalifah 1510013411064 BAB I.pdf

Rozi, F. A., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Disposisi Matematis Peserta Didik. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(2), 172–185.

Utomo Aji, S., Aziz, T. A., & Hidajat, F. A. (2024). Kemampuan Berpikir Kreatif di Indonesia : Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v6i1.29025

Downloads

Published

2025-10-16

Most read articles by the same author(s)