EKSPLORASI UNSUR SENI RUPA DASAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA: STRATEGI PENGEMBANGAN KREATIVITAS VISUAL SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.34095Keywords:
eksplorasi unsur seni rupa, kearifan lokal, kreativitas visual, pembelajaran seni budayaAbstract
Minimnya integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran seni di SD berdampak pada rendahnya kedalaman ekspresi kreatif visual siswa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan proses eksplorasi unsur seni rupa dasar yang diintegrasikan dengan nilai budaya lokal; (2) mengungkap respons siswa selama proses pembelajaran; dan (3) menganalisis bentuk kreativitas visual yang muncul dalam karya siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pasuruhan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses eksplorasi dikembangkan melalui pengamatan visual seperti ornamen ukir Menara Kudus atau motif batik Kudus yang diintegrasikan dalam penerapan garis geometris, bentuk dan warna; (2) siswa menunjukkan respons positif, antusias serta aktif bereksperimen dengan media alam yang ada di lingkungan sekolah; (3) Karya siswa menunjukkan kreativitas visual yang orisinal dan mampu mengolah budaya lokal menjadi ekspresi artistik sesuai imajinasi anak. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa eksplorasi unsur seni rupa berbasis kearifan lokal efektif membangun kreativitas visual siswa SDDownloads
References
Anggun, R. P., Rengganis, I., & Magistra, A. A. (2024). Analisis Kreativitas Seni Dalam Membuat Kriya 3 Dimensi Dari Barang Bekas Pada Mata Pelajaran SBDP (Seni Rupa) Siswa Kelas IV sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 48–54. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v9i1.69763
Asmarani, R., & Mariati, P. (2021). Application of Project-Based Models in Fine Arts Learning Through Class Exhibitions As a Place for Creative Processes and Art Appreciation At University. Education and Human Development Journal, 6(2), 21–29. https://doi.org/10.33086/ehdj.v6i2.2192
Jannah, R., & Mahmudah, I. (2024). Pembelajaran Seni Rupa Berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV C MI Muslimat NU Palangka Raya. Infinitum: Journal of Education and Social Humaniora, 1(1), 51–61.
Jatmika, S. H. W. (2022). Peningkatan Kreativitas Berkarya Seni Rupa Materi Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil Melalui Praktik Membatik dengan Teknik Lukis Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Panggul. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 179–191. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.136
Leung, S. K. Y., Wu, J., & Ho, T. H. (2025). Early Childhood Visual Arts Education: Teachers’ Content Knowledge, Pedagogical Content Knowledge, and Challenges. Asia-Pacific Education Researcher, 34(1), 351–363. https://doi.org/10.1007/s40299-024-00859-w
Marni, Y., Desyandri, & Mayar, F. (2023). Mengoptimalkan Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar: Strategi dan Praktik Baik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD, 9(2), 2658–2667. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.950
Mujiyono, M., Haryanto, E., & Gunadi, G. (2021). Peran Guru dalam Pengoptimalan Potensi Emosi Anak terhadap Peningkatan Kreativitas Ekspresi pada Pembelajaran Seni Rupa di SD Kota Semarang. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(2), 146–152. https://doi.org/10.31091/mudra.v36i2.1456
Pramudya, A. P. L., & Wijayanti, O. (2024). Strategi Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Seni Rupa Menumbuhkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Sokaraja Kulon, Banyumas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(2), 639–652. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i2.571
Rukoyah, S., Nursobah, A., & Jaelani, I. (2025). Analisis peran pembelajaran seni rupa dalam mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Intisabi, 3(1), 94–108. https://doi.org/https://doi.org/10.61580/itsb.v3i1.181 ANALISIS
Sari, J., Tarigan, N., Erdansyah, F., & Sumarsono. (2020). Pengaruh Penguasaan Prinsip Dan Unsur Seni Rupa Terhadap Hasil Belajar Menggambar Flora Di SMP Swasta Al-Ulum Medan. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/gr.v9i1.18308
Susilowati, S., Lilik, L., Chumdari, C., & Karsono, K. (2021). Nilai Karakter dalam Karya Seni Batik Ngawi Sebagai Muatan Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 64. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3140
Tohea, F. O., & Cholis, H. (2020). Kajian Formalistis Patung Sapi Desa Sapen, Mojolaban, Sukoharjo. Brikolase : Jurnal Kajian Teori, Praktik Dan Wacana Seni Budaya Rupa, 11(2), 77–97. https://doi.org/10.33153/brikolase.v11i2.2932
Wijayanto, W., Hikmah, F. A., & Wardani, K. (2025). Menggali Kreativitas dan Imajinasi Anak Melalui Pembelajaran Seni Rupa dengan Pendekatan Terintegrasi. Elementary School, 12(1), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/esjurnal.v12i1.4389
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.