PENGEMBANGAN MEDIA CERITA GAMBAR BERSERI FABEL “SINGA DAN TIKUS” MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Muhammad Alfian Universitas PGRI Semarang
  • Suyitno Universitas PGRI Semarang
  • Husni Wakhyudin Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34570

Keywords:

learning media, serial picture stories, fables

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya permasalahan yang dihadapi peserta didik kelas IV Sekolah Dasar dalam memahami materi pembelajaran cerita fabel. Permasalahan tersebut muncul karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik dan interaktif, minimnya interaksi antara guru dan peserta didik selama proses pembelajaran, serta rendahnya minat belajar siswa terhadap materi yang disampaikan. Kondisi ini berdampak pada hasil belajar siswa yang belum optimal. Oleh karena itu diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran berupa media yang kreatif, interaktif, dan mampu menarik perhatian siswa. Salah satu solusi yang dikembangkan adalah media cerita gambar berseri fabel berjudul “Singa dan Tikus” yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development / R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pembelajaran serta menguji tingkat kelayakan dan keberterimaannya. Proses pengembangan media dilakukan hingga tahap uji kebertermaan yang dilaksanakan di SDN Krapyak Lor 05. Berdasarkan hasil validasi, ahli materi memberikan persentase kelayakan sebesar 96%, sedangkan ahli media memberikan penilaian dengan rata-rata 93%. Selain itu, hasil angket kebertermaan dari siswa memperoleh 96%, dan dari guru mencapai 100%. Dengan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media cerita gambar berseri yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik” dan “sangat layak” untuk digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi cerita fabel. Media ini terbukti mampu meningkatkan minat belajar siswa serta menjadi salah satu alternatif yang efektif bagi guru dalam mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliya Susanti, S. H. (2013). Penggunaan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN Tambak Kemeraan Kecamatan Krian. Volume 01, Nomor 02, 0–216.

Desy Getri Sari, & Gogahu, T. P. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis e-bookstory untuk meningkatkan literasi membaca siswa sekolah dasar. Vol. 4, No. 4, 1004–1015.

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall.

Himmatul Aliyah, F. R. (2025). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar peserta didik pada materi membandingkan bilangan di kelas I B SDN Kaligawe. Vol. 6, No. 1, 27–34.

Iftiyanah Fatimatuz Zuhroh, H. (2024). Pengembangan media gambar berseri melalui aplikasi Smart Apps Creator (SAC) untuk keterampilan menulis teks narasi peserta didik kelas IV sekolah dasar. Volume 12, Nomor 5, 894–903

Intan Mutiah, B. R. (2021). Pengembangan buku gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri 106836 Limau Manis. Vol. 1, No. 3, 221–228.

Islamiah, D., Nurrahmah, N., Akbar, M. R., & Hairunisa, H. (2022). Pengembangan media pembelajaran gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 16–24.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2014). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya (Edisi revisi, hlm. 7). Jakarta: Rajawali Pers.

Zahro, Y. A., Putriyanti, L., & Wakhyudin, H. (2025). Pengembangan media pop up book cerita rakyat Nusantara untuk meningkatkan kemampuan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 230–244.

Downloads

Published

2025-10-30