STRATEGI GURU DALAM MEMBIMBING ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH NON-INKLUSI KELAS 6B DI SDN KRATON 1 BANGKALAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34613Keywords:
Anak Berkebutuhan Khusus, Strategi Pembelajaran, Speech DelayAbstract
Penelitian ini berfokus pada strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus, khususnya seorang siswa kelas 6B dengan hambatan speech delay di SDN Kraton 1 Bangkalan yang merupakan sekolah non-inklusi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana strategi guru dalam membimbing anak berkebutuhan khusus pada sekolah non-inklusi kelas 6B di SDN Kraton 1 Bangkalan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan speech delay memiliki pemahaman yang lebih lambat terhadap materi sehingga membutuhkan perhatian khusus. Guru menerapkan strategi seperti pemberian model pengucapan yang jelas, penggunaan metode kasih sayang, menciptakan suasana kelas yang positif, serta pengawasan interaksi sosial untuk mencegah perundungan. Strategi tersebut membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan menjaga motivasi belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peran guru sangat penting dalam mendukung perkembangan akademik maupun sosial siswa dengan hambatan speech delay di kelas reguler.
Downloads
References
Ananda, D., Prayogi, R., Gabriela, U. A., & Andriani, O. (2024). Strategi Guru Mengajak Anak Berkenutuhan Khusus Untuk Bersemangat Ke Sekolah. JPBB: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(1), 53-58.
Andriani, O., Ramadhan, F. A., Ramadhan, F., & Wulandari, P. (2023). Pentingnya menggali karakteristik dan klasifikasi anak berkebutuhan khusus secara mental emosional dan akademik. JUPE2: Jurnal Pendidikan & Pengajaran, 2(1), 96–110.
Aprilia, T., Yuliati, N., & Saputri, S. W. D. (2021). Analisis Karakteristik Perkembangan Kognitif Anak Autis Usia 5-6 Tahun. Journal Of Early Childhood Education And Research, 2(2), 37-45.
Dewi, N., Zahra, S. N., Sugiant, A. C., Wulandari, A. S., Ernandi, D., & Herawati. (2025). Perkembangan keterampilan komunikasi pada siswa speech delay di sekolah dasar. Action Research Journal Indonesia. 7(2).
Halimah, Jumriah, & Susilo. (2024). Bahasa lisan pada anak usia 4 tahun dengan keterlambatan bicara (speech delay). Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. 7(3).
Junari, Q. P., Audina, N., Azhari, R. Z., Sari, W. P., & Lestari, E. P. (2025). Strategi pembelajaran yang cocok digunakan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK). Jurnal Inovasi Wawasan Akademik, 1(1), 37–48.
Khaerunnisa, E., Nursehah, U., & Aris, I. E. (2024). Strategi Guru Dalam Proses Pembelajaran Anak keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Di SD Alam Bahriatul Ulum Kabupaten Pandeglang. Cendikia:Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(11), 688-683.
Kumalasari, D., Lanos, M. E. C., & Hermansah, B. (2025). Peran Guru Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Di Kelas 1 SDN 74 Palembang. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(3), 365-373.
Pudjiati, D., Harmayanthi, V. Y., & Mawarni, V. (2023). Strategi Guru Mengatasi Speech Delay: Studi Kasus di Sekolah Inklusi. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 1(3), 27-33.
Radianza, J., & Mashabai, I. (2020). Analisa Pengendalian Kualitas Produksi Dengan Menggunakan Metode Seven Tools Qualty di PT. Borsya Cipta Communica. Jurnal Industri & Teknologi Samawa, 1(1), 17-21.
Rukmayana, D., & Muthohar, S. (2025). Strategi Pendidik Dalam Mengantisipasi Tindakan Bullying Untuk Mewujudkan Sekolah Ramah Anak. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 310-321.
Saputri, M. A., Widianti, N., Lestari, S. A., & Hasanah, U. (2023). Ragam anak berkebutuhan khusus. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 38–53.
Umrati & Wijaya, H. (2020). Analisis Data Kualitatif: Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
Zia, D. L. K., & Harsiwi, N. E. (2025). Strategi Guru Menangani Anak Berkebutuhan Khusus (Speech Delay) dalam Pembelajaran Kelas III SDIT Ulil Albab. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 3(3).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						
















