INTEGRASI PENDIDIKAN SOSIAL DAN KEMANUSIAAN DALAM KURIKULUM PAI: UPAYA MENUMBUHKAN EMPATI DI ERA INDIVIDUALISTIK
Abstract, Abstrak,Pendahuluan,Metodologi,Hasil dan Pembahasan,Simpulan dan Saran, Daftar Pustaka
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35094Keywords:
Pendidikan Agama Islam, Empati, Nilai KemanusiaanAbstract
Pada era modern yang ditandai dengan meningkatnya individualisme dan melemahnya kepekaan sosial, Pendidikan Agama Islam (PAI) menghadapi tantangan besar dalam menumbuhkan empati dan kepedulian terhadap sesama. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi nilai-nilai sosial dan kemanusiaan dalam kurikulum PAI sebagai upaya membangun karakter empatik di kalangan peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui kajian literatur, analisis dokumen kurikulum, serta wawancara dengan guru PAI di tiga sekolah menengah. Data dianalisis secara tematik untuk melihat sejauh mana nilai sosial dan kemanusiaan diinternalisasikan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kurikulum PAI memiliki landasan moral dan sosial yang kuat, implementasinya masih dominan pada aspek kognitif dan ritual, sehingga belum sepenuhnya menyentuh ranah afektif peserta didik. Guru yang menerapkan kegiatan berbasis aksi sosial—seperti layanan masyarakat, kepedulian lingkungan, dan program dukungan teman sebaya—mengalami peningkatan nyata pada sikap empati, kerja sama, serta tanggung jawab sosial siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi dimensi sosial dan kemanusiaan dalam PAI tidak hanya memperkuat pendidikan moral, tetapi juga menyiapkan peserta didik menjadi pribadi yang berbelas kasih dan berorientasi pada kemaslahatan sosial di tengah arus individualistik. Diperlukan pelatihan guru, model pembelajaran kontekstual, dan kemitraan sekolah dengan masyarakat untuk mewujudkan transformasi pendidikan berbasis empati secara berkelanjutan.
Downloads
References
Buku :
Nik Haryanti. ILMU PENDIDIKAN ISLAM (IPI), 2014.
Prof. Dr. Agus Pahrudin, M.Pd., dan M.A. Dr. Ismail Suardi Wekke, S.Ag. PENGEMBANGAN MODEL KURIKULUM Pendidikan Agama Islam Multikultural. Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI), 2021.
Syafe’i, Imam. Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter di Perguruan Tinggi, 2014.
Jurnal :
Abdul Hayyie Al Kattani Abdul Jabar Idharudin, Akhmad Alim. “Penerapan Model Pendidikan Akhlak Syaikh Utsaimin di SDIT Al-Hidayah Bogor.” Jurnal As-Salam 3, no. 3 (2019): 53–66.
Achmad Asrori, Sunarto. “An Implementation of Islamic Education Moderation in Indonesia ( A Study at Raden Intan State Islamic University of Lampung ) In the Age of Globalization , education is no longer an afterthought but rather a temporary necessity . Globalization has a major” 15, no. 2 (2024): 329–42.
Erlina, Zulhannan, Umi Hijriyah. “Transformative Islamic Education : Insights from Ma ’ had al-Jami ’ ah Raden Intan Lampung” 9, no. 2 (2024): 475–85. https://doi.org/10.24042/tadris.v9i2.23831.
Hanif, Is Susanto, Moh Mukri. “Analisis : Jurnal Studi Keislaman The Impact of the Existence of Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung on the Economy of the Surrounding Community According to Maqasid al-Shari ’ ah Perspective A . Introduction Education in Indonesia is currently e” 23, no. 1 (2023): 137–60.
Jamil, Sofwan, Irawati Irawati, Moch Hilman Taabudilah, dan Rofiq Noorman Haryadi. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kesadaran Sosial dan Kemanusiaan.” Kaipi: Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam 1, no. 2 (29 September 2023): 35–38. https://doi.org/10.62070/kaipi.v1i2.32.
Kusuma, A, S Sumirah, dan ... “Peran Ekstrakurikuler Berbasis Keagamaan Islam terhadap Pengembangan Sikap Kepedulian Sosial Siswa.” Al-Miskawaih: Journal of … 3, no. 1 (2024): 1–9. https://journal.centrism.or.id/index.php/mijose/article/view/277.
Labib, Muhammad Alfreda Daib Insan, Anggi Radar Bintara, Ilham Syamsul, dan M. Arif Rahman Setiadin. “Nilai-nilai sosial dalam hadis Nabi (Studi Hadis tentang perumpamaan Muslim sebagai Tubuh).” Amerta: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora 4, no. 1 (2024): 28–34.
Maulana, Wahyu, dan Siti Akhlatil Insaniyah. “Integrasi Nilai-Nilai Humanis Dalam Kurikulum Pendidikan Multikultural : Tantangan Dan Peluang” XX, no. Ii (2023): 39–48.
Milenial, Generasi, dan Kurniawan Syah Putra. “Jurnal pendidikan nusantara” 9, no. 2 (2024): 5–8.
Nasution, Hambali Alman. “Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Humanistik dengan Pendekatan Active Learning di SDN Nugopuro Gowok” 17, no. 1 (2020): 31–42.
Nurhaliza, Siti. “Integrated Education Journal Volume 1 Nomor 1 Juni ( 2024 ) E-ISSN XXXX-XXXX Pendidikan Agama Islam dan Peningkatan Keterampilan Sosial dalam Memainkan Peran Penting Membentuk Karakter Moral dan Sosial Siswa Integrated Education Journal Volume 1 Nomor 1 J.” Integrated Education Journal 1, no. 1 (2024): 1–21.
Nurhasanah, Muwahidah, Abdul Jabar Idharudin, dan Sumarno. “Konsep Humanisme Berbasis Nilai Moderasi Beragama: Analisis Surat Al-Baqarah Ayat 143.” IMTIYAZ: Jurnal Ilmu Keislaman 9, no. 1 (2025): 144–62. https://doi.org/10.46773/imtiyaz.v9i1.1428
Putri Widya Ningsih, Muhammad Akmansyah, Koderi, Ahmad Sodiq. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10, no. 01 (2025): 0–10.
Sholehah, Nur Rahmadhani. “Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Membentuk Perkembangan Sosial Peserta Didik SD (Sikap Empati dan Toleransi) untuk Menerima Keberagaman.” Jurnal Dedikasi untuk Negeri (JDN) 4, no. 1 (2025): 161–74.
Yuli, Emilda, Puspita Sari, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta. “Inovasi Kurikulum” 22, no. 1 (2025): 407–20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















