ANALISIS KRITIS PEMBERIAN NAMA ISLAM: PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA DAN PEMBENTUKAN KARAKTER

Authors

  • Ikat Sutriani UIN Raden Intan Lampung
  • Erlina UIN Raden Intan Lampung
  • Fachrul Ghazi UIN Raden Intan Lampung
  • Idham Kholid UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35106

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Pemberian Nama dalam Islam, Pembentukan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kritis praktik pemberian nama dalam Islam dari perspektif Pendidikan Agama Islam serta implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Pemberian nama dalam Islam bukan sekadar penanda identitas pribadi, tetapi juga merupakan sarana penanaman nilai-nilai moral dan spiritual yang memengaruhi perkembangan kepribadian anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui studi kepustakaan, dengan memanfaatkan literatur klasik dan kontemporer, termasuk tafsir Al-Qur’an, kumpulan hadis, karya ilmiah para ulama, serta penelitian-penelitian terbaru yang berkaitan dengan pemberian nama dalam Islam dan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Islam memandang nama sebagai simbol doa dan harapan yang mengandung nilai keimanan, akhlak, serta visi kehidupan seorang Muslim. Nama yang bermakna baik dan luhur berfungsi sebagai sarana internalisasi nilai-nilai tauhid, etika, dan tanggung jawab moral sejak usia dini. Sebaliknya, mengabaikan makna religius dalam pemberian nama dapat mengaburkan identitas spiritual seorang anak. Oleh karena itu, pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membimbing orang tua agar memahami dimensi etis dan pedagogis dari pemberian nama. Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses pemberian nama anak merupakan bagian integral dari pendidikan karakter dalam Islam yang harus dilakukan secara sadar dan bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ansari, F. (2025). Why Islamic Baby Names Are Important for Identity. EQuranLearning Blog. https://equranlearning.com/blog/why-islamic-baby-names-are-important-for-identity

Bahri, A. (2021). Makna Teologis dan Sosial dalam Pemberian Nama Anak Menurut Perspektif Islam. Jurnal Ushuluddin, 29, no. 1, 57–70. https://doi.org/https://doi.org/10.24014/jush.v29i1.14567

Bahri, S. (2021). FIQH PARENTING : Pemberian Nama Anak Perspektif Ibnu Qayyim al-Jauziyyah.

E, W. (2022). Pengaruh Nama pada Anak terhadap Psikologi Anak Menurut Islam. Etheses UIN Gus Dur Pekalongan (Skripsi), h.4. http://etheses.uingusdur.ac.id/2431/1/i-v.pdf

Faizah, S. (2022). The Religious and Cultural Meaning of Naming Children in Muslim Families. Journal of Islamic Studies and Culture 10, no.2, 33–48. https://doi.org/https://doi.org/10.15640/jisc.v10n2a4

Farisi, S, R. (2001). Hak Anak Dalam Syari’at Islam (pp. 104–107).

Fauzi, A. (2022). Internalisasi Nilai Tauhid dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 7, No. 3, 201–216. https://doi.org/10.22373/jpii.v7i3.12855

Ghuddah, A. al-F. A. (2003). Ibn Qayyim al-Jawziyyah, Tuhfat al-Mawdud bi Aḥkām al-Mawlūd. In al-Islāmiyyah.

Iffatul Hanief, Siti Jahro Sawaliyah, dan M. (2023). The Concept of Fitrah and Its Implications of Islamic Education. Amandemen: Journal of Learning, Teaching and Educational Studies 1, No. 1, 1–6. https://doi.org/10.61166/amd.v1i1.1

Islam, J. P., & Taufik, B. (2022). Implikasi nama Allah Al-Ahad terhadap kurikulum pendidikan karakter ِ. Tawazun, 15(2), 259–274. https://doi.org/10.32832/tawazun.v15i2.7245

Puspitasari, N., Yusuf, R., Pendidikan, P., & Islam, A. (2022). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK. Atta’dib : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(No. 1), 57–68. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/attadib/article/download/2565/1230

Rahmawati, N. (2023). Fenomena Penamaan Anak Muslim di Era Globalisasi: Analisis Identitas dan Nilai Pendidikan Islam. Tarbiyah: Journal of Islamic Education 8, no.1, 11–25. https://doi.org/10.21093/tjie.v8i1.6391

Rahmawati, T. (2023). Pembentukan Kepribadian Islami pada Anak (Studi Komparasi Pemikiran Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dan Abdullah Nashih Ulwan). Purwokerto: UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto. https://repository.uinsaizu.ac.id/20644/1/Titis Rahmawati_Pembentukan Kepribadian Islami Pada Anak %28Studi Komparasi Pemikiran Muhammad Nur Abdul Hafizh Suwaid dan Abdullah Nashih Ulwan.pdf

Rika Sulastri, Risti Nurul Izzah, dan M. A. (2023). Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya 6, No. 2. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jf/article/view/6001

Salsabila, R. (2024). Krisis Identitas dalam Penamaan Anak Muslim Modern: Perspektif Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Madrasah 12, no.1, 89–103. https://doi.org/10.36835/al-madrasah.v12i1.8542

Umurohmi, U., & Sari, R. N. (2025). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Anak menurut Pandangan Abdullah Nashih Ulwan. 3(1), 20–26.

Widyasari, S., & Puspita, R. (2023). Peran Identitas Sosial melalui Nama dalam Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Psikologi Islam. https://repository.unair.ac.id/88004/5/JURNAL_IKA YUNITA DINAR_071511733027.PDF.pdf

Yusuf, M. (2020). Hak Anak atas Pemberian Nama dalam Hukum IslamNo Title. Al-Ahkam: Jurnal Hukum Islam 30, No. 2, 245–260. https://doi.org/https://doi.org/10.21580/ahkam.2020.30.2.6125

Downloads

Published

2025-11-11