Urg URGENSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK ETIKA DIGITAL GENERASI ALPHA DI ERA INDUSTRI 5.0
Etika Digital
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.37456Keywords:
Etika digital, generasi Alpha, pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi pendidikan Islam dalam membentuk etika digital generasi Alpha pada era Revolusi Industri 5.0 dengan meninjau relevansi teori adab Ibnu Miskawayh. Pendekatan yang digunakan ialah kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Objek formal penelitian ini adalah teori adab Ibnu Miskawayh yang menekankan pembentukan akhlak melalui pembiasaan, rasionalitas, dan pengendalian diri, sedangkan objek materialnya ialah gagasan pendidikan Islam yang berorientasi pada pembentukan karakter dan moralitas. Lingkup kajian difokuskan pada perilaku generasi Alpha di ruang media sosial sebagai representasi dunia digital yang sarat tantangan etika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori adab Ibnu Miskawayh memiliki relevansi signifikan dalam konteks pendidikan etika digital. Nilai-nilai adab seperti kejujuran, kesantunan, tanggung jawab, dan pengendalian hawa nafsu dapat menjadi landasan moral bagi generasi Alpha dalam berinteraksi di dunia maya. Selain itu, teori ini menegaskan pentingnya peran pendidikan Islam dalam menanamkan nilai-nilai adab melalui pembiasaan dan keteladanan guru serta lingkungan pendidikan. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa gagasan Ibnu Miskawayh tentang adab dapat dijadikan pedoman praktis bagi pembentukan etika digital generasi Alpha di era digital. Oleh karena itu, sekolah-sekolah yang menyelenggarakan pendidikan Islam direkomendasikan untuk mengintegrasikan teori adab Ibnu Miskawayh dalam kurikulum pendidikan karakter digital agar peserta didik mampu memanfaatkan teknologi secara beretika, bertanggung jawab, dan sesuai dengan nilai-nilai moral Islam.
Downloads
References
Livingstone, S., & Blum-Ross, A. (2020). Parenting for a Digital Future. Parenting for a Digital Future, 3–5. https://doi.org/10.1093/oso/9780190874698.001.0001
Miskawaih, I. (2014). Tahzib al-Akhlaq wa Tathhir al-A’raq. In Jurnal Mudarrisuna (Vol. 4, Issue 2, p. 40).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















