PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PADA ANAK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35190Keywords:
peran guru, kesulitan belajar, sekolah dasar, intervensi.Abstract
Pendidikan dasar merupakan tahap fundamental dalam mengembangkan kemampuan akademik, karakter, dan nilai moral siswa. Namun, pada jenjang ini siswa sering menghadapi berbagai kesulitan belajar seperti membaca, menulis, berhitung, dan memahami konsep abstrak yang berdampak pada prestasi akademik serta kesejahteraan psikologis mereka. Guru memiliki peran penting dalam mengidentifikasi, mendiagnosis, dan mengatasi kesulitan belajar melalui strategi pembelajaran adaptif dan berpusat pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) untuk mensintesis temuan penelitian tentang peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa sekolah dasar. Data dikumpulkan dari basis data Google Scholar, ScienceDirect, ERIC, dan Garuda dengan kata kunci “peran guru,” “kesulitan belajar,” dan “sekolah dasar,” mencakup publikasi tahun 2015–2025. Analisis terhadap 20 artikel yang memenuhi kriteria menunjukkan tiga peran utama guru: peran diagnostik (mengidentifikasi dan menganalisis masalah belajar), peran intervensi (memberikan bimbingan individual, pembelajaran remedial, dan pendekatan kooperatif), serta peran inovatif (menggunakan teknologi dan media digital untuk meningkatkan motivasi dan interaksi belajar). Meskipun strategi ini efektif, guru masih menghadapi kendala seperti keterbatasan waktu, kurangnya keterampilan teknologi, dan minimnya dukungan kelembagaan. Penelitian ini menegaskan pentingnya kompetensi pedagogik dan reflektif guru serta merekomendasikan penelitian lanjutan tentang intervensi berbasis data dan dampak teknologi pendidikan terhadap hasil belajar siswa.Abstrak ditulis maksimal 250 kata yang menggambarkan masalah,tujuan penelitian, metodologi dan hasil yang diperoleh.
Downloads
References
Ali, A., Dea Venica, S., Aini, W., & Faisal Hidayat, A. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Information System and Education Development, 3(1), 1–6.
Anggraini, E. S., Wulandari, N., & Panjaitan, R. (2025). Peran Guru Mata Pelajaran Dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar DanPelaksanaan Pembelajaran Remedial Pada SiswaSmp Negeri 12 Medan. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa Harapan, 3(4), 1–12.
Dhea Divana Anggreni, Ridha Uli Utami Margolang, Nurleli Hasibuan, Santa Grace Naibaho, Tiara Sauna Br Sembiring, & Rahmilawati Ritonga. (2025). Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 3(3), 10–21. https://doi.org/10.61132/bima.v3i3.1973
Hafiansyah, M. B., & Rasyidina, Y. G. (2024). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus dan Cara Penanganan Guru kepada Anak Berkebutuhan Khusus serta Kebijakan Kepala Sekolah. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 16. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i1.1142
Ibrahim, D. S. M., Santoso, A. B., Aswasulasikin, A., Hadi, Y. A., & Akbar, A. Z. (2021). Intervensi Dini Kesulitan Belajar (Diskalkulia) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 46–56. https://doi.org/10.29408/didika.v7i1.3414
Karwati, E. (2016). Pengembangan Pembelajaran Dengan Menekankan Budaya Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 6(1), 53–60. https://doi.org/10.17509/eh.v6i1.2861
Kassirer, J. P. (2024). Diagnosis. In Masterclass in Medicine: Lessons from the Experts. https://doi.org/10.1201/9781003409373-3
Ms. Gunja Barai, & Prof. (Dr.) Preeti J. Maiyani. (2025). NEP 2020: Role of Teachers in Indian Culture and Eternal Value. International Journal of Advanced Research in Science, Communication and Technology, 34–38. https://doi.org/10.48175/ijarsct-23005
Nurharirah, S. (2024). Analisis Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran: Bentuk Inovasi Pendidikan di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 648–654. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11120
Nurlaili Hidayatul Baiti, Ayu Novtiana Devri, & Kharisma Idola Arga. (2024). The Impact of Learning Difficulties on Academic Achievement Students: Analysis of Causal Factors and Solutions. International Journal of Educational Development, 1(3), 19–26. https://doi.org/10.61132/ijed.v1i2.46
Pramanda, F. Y., & Priyatmono, B. (2025). Jurnal dinamika sosial dan sains. Jurnal Dinamika Sosial Dan Sains, 2(4), 670–676.
Priska Dinanti Putri, H. (2024). Peran Pendidikan Dasar dalam Pembentukan Dasar Kemampuan Anak di SD Negeri 6 Wonogiri. BAHUSACCA : Pendidikan Dasar Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 11–16. https://doi.org/10.53565/bahusacca.v4i1.929
Rahmadi, Djatmika, E. T., & Praherdhiono, H. (2024). Belajar Matematika Lebih Menyenangkan: Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Gamifikasi untuk Operasi Bilangan Bulat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(4), 5045–5060.
Salmia, S. (2020). The Role of Teachers in Overcoming Difficulties in Learning to Read: Writing and Counting Elementary School Students. Indonesian Journal of Primary Education, 4(2), 152–162. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i2.28909
Sari, D. W., & Harsiwi, N. E. (2024). Analisis Kegiatan Remedial untuk Siswa Kelas V-C Yang Mengalami Kesulitan Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Campuran Di SDN Rangkah I Surabaya. Jurnal Pengembangan Dan Evaluasi Pendidikan, 1(2), 73–79. https://doi.org/10.61692/jpep.v1i2.189
Sutanto, S. (2024). Transformasi Pendidikan di Sekolah Dasar Kecamatan Tawangharjo: Kendala dan Solusi untuk Meningkatkan Kualitas SDM Guru. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i2.1
Teaching, R. (2021). p_issn : 2460-3325 e-issn : 2808-2109 Abdullah Hasbi, Jasuli. 2, 107–114.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















