EKSPLORASI KENDALA PEMBELAJARAN DAN STRATEGI SOLUSI GURU PGSD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35393Keywords:
Literasi Siswa Sekolah Dasar 1, Kendala Pembelajaran Membaca 2, Strategi Solusi Guru PGSD 3Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai kendala pembelajaran serta strategi solutif yang diterapkan oleh guru Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca siswa di jenjang sekolah dasar. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) dan pendekatan kualitatif, penelitian ini menelaah tujuh artikel jurnal yang relevan dan berfokus pada faktor-faktor penghambat serta strategi efektif dalam pengembangan literasi membaca. Hasil analisis menunjukkan bahwa kesulitan membaca siswa disebabkan oleh faktor internal, seperti rendahnya motivasi, minat, dan kemampuan kognitif, serta faktor eksternal, meliputi kurangnya dukungan keluarga dan keterbatasan sarana belajar. Guru memiliki peran strategis sebagai fasilitator, motivator, sekaligus inovator dalam menerapkan beragam strategi pembelajaran, antara lain metode fonik, metode eja, pendekatan berbasis cerita rakyat, serta model kooperatif seperti Think Pair Share dan CIRC, yang terbukti berkontribusi terhadap peningkatan pemahaman bacaan siswa. Dengan demikian, penelitian ini menegaskan bahwa peningkatan kemampuan membaca perlu dilakukan melalui pendekatan yang komprehensif dan kolaboratif antara guru, orang tua, serta lingkungan sekolah guna membangun ekosistem literasi yang berkesinambungan di tingkat pendidikan dasar.
Downloads
References
Amanata, R., & Taufik, T. (2020). Penerapan Membaca Pemahaman Menggunakan Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD, 8(8), 301–313. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd https://doi.org/10.23969/literasi.v 13i1.6836
Basyori, S. I. (2025). Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dalam Dunia Pendidikan Modern. Syntax Idea, 7(4), 559–564. https://doi.org/10.46799/syntaxidea.v7i4.12827
Dasan, S. (2025). Peran Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Literasi Dan Numerasi Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar Dan Usia Dini, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.70134/pedasud.v2i1.334
Destari, D., & Hidayat, N. R. (2024). Produktivitas Penelitian Pendidikan dalam Pemetaan Kata Kunci: Analisis Bibliometrik. Sanskara Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(02 SE-Articles), 95–103. https://doi.org/10.58812/sish.v1.i02
Ferando, M. F., Bardi, Y., Kristianus, Y., Mayeli, F. R., Rada, M. M., Mude, M. R., Penu, N., Du’a Bolor, S., Dan, K., Pendidikan, I., Kewarganegaraan, P., Kampus, A., Jenderal, J., Waioti, S., Nusa, M., & Timur, T. (2025). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Media Penguatan Literasi Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmuan Bahasa Dan Sastra Inggris, 3(1), 301–316. https://journal.aspirasi.or.id/index.php/Fonologi https://doi.org/10.30605/cjpe.8.3.2025.6425
Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9
Hanifa Lila Putri, & Ari Suriani. (2025). Analisis Faktor Penghambat Perkembangan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Journal Central Publisher, 2(5), 2055–2063. https://doi.org/10.60145/jcp.v2i5.445
Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24
Iskandar, S., Marisa, D., Afifah, U., & Oktriana, S. I. (2025). Analisis Strategi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 234–245. https://doi.org/10.23969/jp.v10i03
Izzah, F. N., Khofshoh, Y. A., Sholihah, Z., Nurningtias, Y., & Wakhidah, N. (2022). Analisis Faktor-faktor Pemicu Turunnya Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(1), 150–154. https://doi.org/10.26740/pensa.v10i1
Mahardhika Nursahid, S., Nur Jannah, W., & Septiany Rahayu, F. (2024). Pengaruh Penerapan Program Literasi terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SD Negeri 1 Perbutulan. Blantika: Multidisciplinary Journal, 2(10), 211–219. https://doi.org/10.57096/blantika.v2i10.215
Mea, F., Tinggi, S., Kristen, A., Bangsa, A., Guru, K., Guru, I., & Dinamis, K. (2024). Kreativitas Dan Inovasi Guru Dalam Menciptakan Kelas yang Dinamis. Inculco Journal of Christian Education, 4(3), 252–275. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i1.1051
Miftah, M., & Syamsurijal, S. (2024). Pengembangan Indikator Pembelajaran Aktif, Inovatif, Komunikatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(01), 95–106. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i01.3954
Nasution, N. (2024). Jurnal membaca guru dan siswa, pemanfaatan perpustakaan dan sudut baca kelas, evaluasi berkelanjutan, program literasi sekolah, supervisi pelaksanaan literasi, dan pengembangan media literasi. Jurnal Pendidikan: Media, Strategi, Dan Metode, 1(02), 84–91. https://doi.org/10.52185/abuyaVol1iss1Y2023281
Nur’ajiza, N., & Sya, M. F. (2025). Strategi Mengatasi Kesulitan Membaca dan Berbicara Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 4(5), 3047–3058. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v4i5.19157
Nurhakim, S. (2024). Perilaku Pencarian Informasi Dalam Menentukan Sumber Primer Berbahasa Belanda Bagi Penulisan Sejarah Islam. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 16(1), 65–88. https://doi.org/10.37108/shaut.v16i1.1266
Rahmayani, I. (2024). Implementasi Penguatan Kemampuan Membaca Melalui Program Literasi Di Kelas Rendah Mi Ma’Arif Nu Teluk. 135.
Rasyid Munthe, I., Fitriandika Sari, N., Helvi Rambe, B., Alfaini Ritonga, I., Br Aritonang, Y., & Fauziah, R. (2024). Peningkatan Literasi Membaca Melalui Kolaborasi Guru,Orang Tua, dan Siswa di SD TPI Janji Rantauprapat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 4(6), 5–14. https://doi.org/10.59818/jpm.v4i6.848
Salwa Zaldia Rahmadhani, & Ari Suriani. (2025). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Literasi Membaca Pada Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Journal Central Publisher, 2(5), 2028–2035. https://doi.org/10.60145/jcp.v2i5.441
Septiana, E., Fatmawati, L., & Setiawaty, R. (2024). Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Dan Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Ii Sd 3 Gulang. Jurnal Lensa Pendas, 9(2), 203–217. https://doi.org/10.33222/jlp.v9i2.3831
Shalza Dwi Arfianitha Mulyani, & Ari Suriani. (2025). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Literasi Membaca Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Journal Central Publisher, 2(7), 2220–2228. https://doi.org/10.60145/jcp.v2i7.468
Suanto, E., & Futra, D. (2025). Dampak Program Pendidikan Guru Penggerak terhadap Proses Pembelajaran pada Jenjang SMA. 8(September), 10369–10373. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i9.9169
Tristiantari, N. K. D. (2024). Analisis Berpikir Kritis Dan Kreatif Siswa Dalam Konteks Literasi Membaca. Www.Markandeyapustaka.Com. https://doi.org/10.59031/jkppk.v2i2.321
Umiyati, E., Ruslan, R., & Anhar, A. S. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Instructional and Development Researches, 4(4), 297–305. https://doi.org/10.53621/jider.v4i4.352
Untari, E. (2017). Pentingnya Pembelajaran Multiliterasi untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Mempersiapkan Diri Menghadapi Kurikulum 2013. Wahana Sekolah Dasar, 25(1), 16–22. https://doi.org/10.17977/um035v25i12017p016
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















