DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Studi Kasus pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Febi febriani Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Syafruddin Muhdar Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35580

Keywords:

Dampak Pengunaan, Gadget, Disiplin Siswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan gadget terhadap kemampuan konsentrasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan melibatkan siswa kelas V sebagai responden. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan observasi perilaku belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi intensitas penggunaan gadget yang bersifat non-edukatif, maka semakin rendah kemampuan konsentrasi belajar siswa. Siswa yang menggunakan gadget lebih dari dua jam per hari memiliki tingkat fokus yang lebih rendah dibandingkan siswa yang menggunakan gadget kurang dari satu jam. Dengan demikian, penggunaan gadget perlu diarahkan secara terkontrol dan diawasi oleh orang tua serta guru agar teknologi dapat dimanfaatkan secara positif sebagai media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kualitas fokus belajar siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

e development: Exploring effects on cognitive abilities. Children, 11(11), 1299.

Djollong, A. F. (2014). Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1).

Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 259334.

Kusumastuti, S. Y., Nurhayati, N., Faisal, A., Rahayu, D. H., & Hartini, H. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif: Panduan Lengkap Penulisan untuk Karya Ilmiah Terbaik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Marciano, L., Camerini, A.-L., & Morese, R. (2021). The developing brain in the digital era: A scoping review of structural and functional correlates of screen time in adolescence. Frontiers in Psychology, 12, 671817.

Mardhiyah, M., Dinilhaq, N. A., Amelia, Y., Arini, A., Hidayatullah, R., & Harmonedi, H. (2025). Populasi dan Sampel dalam Penelitian Pendidikan: Memahami Perbedaan, Implikasi, dan Strategi Pemilihan yang Tepat. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(2), 208–218.

Nasution, I. S., Puspita, T. Dela, Putri, A., Tamin, T. P. A., Siregar, A. S., & Andini, J. (2025). Analisis Kuantitatif Dampak Penggunaan Gadget Secara Eksesif terhadap Kesehatan Fisik dan Mental Mahasiswa UIN Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Inovatif, 5(2), 1697–1706.

Rahayu, N. K. S., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Studi literatur dampak penggunaan gadget bagi perkembangan kognitif anak usia sekolah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 344–349.

Rizqiyah, N., Jauhari, A. H., Fawaied, M., & Maudy, M. (2025). REVOLUSI DIGITAL DALAM PENDIDIKAN: Peran Teknologi Dan Media Sosial Dalam Pembelajaran. PENERBIT KBM INDONESIA.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan intensitas pemanfaatan gadget dengan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 722–731.

Santoso, W. S. D., Adillah, T. R., Fauzi, M. I., & Prodyanatasari, A. (2025). AN ANALYSIS OF THE DURATION AND IMPACT OF GADGET USE ONELEMENTARY SCHOOL STUDENT: ANALISIS DURASI DAN DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADASISWA SEKOLAH DASAR. WISDOM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Wisdom, 2(1).

Sari, D. A., Damayanti, A., Bahfen, M., & Zulhaini, L. (2024). Parental Education and Gadget Knowledge: Their Impact on Gadget Use Behavior in Children Aged 5-6 Years. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 9(1), 171–180.

Sari, M. R. P., & Dantes, N. (2023). Increasing Fifth Grade Students’ Learning Motivation Through Learning Modules Containing Augmented Reality. Jurnal Edutech Undiksha, 11(2), 307–316.

Supriyanto, S. (2025). The Impact Of Gadget Use on Elementary School Students’ Learning Focus in Undaan District, Kudus Regency. Jurnal Pendidikan Islam, 2(3), 5.

Suroso, S., Sitanggang, T. W., Komalasari, O., & Azis, F. P. (2023). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Anak Usia Sekolah Di SDN Cibogo Kecamatan Cisauk Kabupaten Tangerang. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 6(2), 107–113.

Susanti, S., Pulungan, F., Rezki, M. A., Purba, M. P., & Gaol, R. A. G. L. (2024). Pengaruh penggunaan gadget terhadap konsentrasi belajar siswa di SMP IT Swasta Ad Durrah. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(1), 57–65.

van Endert, T. S. (2021). Addictive use of digital devices in young children: Associations with delay discounting, self-control and academic performance. PloS One, 16(6), e0253058.

Windasari, I. W., & Dheasari, A. E. (2024). The Role of Parents and Educators in Early Childhood’s Digital Literacy. Electronic Journal of Education, Social Economics and Technology, 5(2), 112–117.

Downloads

Published

2025-11-13

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>