IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PERMAINAN BOLA KASTI PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 003 AIR LENGIT

Authors

  • Eko Suryana Universitas Terbuka
  • Kms Muhammad Amin Fauzi Universitas Negeri Medan
  • Andayani Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36229

Keywords:

Project Based Learning (PjBL), Motivasi belajar, Permainan Bola Kecil, Kasti

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implemetasi Pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) pada permainan bola kasti untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 5 SD Negeri 003 Air Lengit. Model ini disusun untuk mendorong terciptanya ekosistem pembelajaran yang dinamis, kreatif, dan interaktif serta kolaboratif. Hal ini dilakukan melalui penerapan penyelesaian proyek yang terkait dengan pemahaman, penguasaan kompetensi dan implementasi dalam permainan bola kasti . Tahap penelitian ini dilaksanakan melalui pendekatan deskriptif kualitatif yang terdiri dari lima tahap Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL), yaitu: Penentuan proyek, Perencanaan proyek, Pelaksanaan proyek, Pemantauan dan Evaluasi, Presentasi Hasil serta Refleksi. Metode pengumpulan data mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi mengenai kegiatan siswa saat belajar PJOK. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penerapan PjBL mampu meningkatkan motivasi, kreativitas, serta keterlibatan aktif siswa. Siswa memperlihatkan antusiasme dan peningkatan kompetensi dalam permainan bola kasti. Kendala yang sangat umum dihadapi adalah perbedaan tingkat kompetensi awal siswa dalam penguasaan dan praktik permainan kasti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kurniartini, K. A., Astra, I. K. B., & Adnyana, I. K. S. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Peningkatan Hasil Belajar PJOK Materi Teknik Dasar Passing Bola Voli Kelas V SD No. 10 Jimbaran Tahun 2024/2025. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(4), 3567–3582. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i4.20354

Safitri, R., Alnedral, A., Gusril, G., Wahyuri, A. S., & Ockta, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning dengan Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Atletik Lari Jarak Pendek. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga (JPJO), 7(1), 20-29.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023, September). Pendidikan adalah faktor penentu daya saing bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK) (Vol. 5, pp. 84-90).

Indriani, L., Haryanto, H., & Gularso, D. (2022). Dampak model pembelajaran problem based learning berbantuan media Quizizz terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 214-222.

Widiyono, Y., & Purwanto, J. (2025). Inovasi Strategi pembelajaran pendekatan kreatif dalam kelas modern.

Ledoh, C. C., Rustiyana, R., Kuswanti, F., Kadir, F., Putri, A. W. S., & Permana, I. (2025). Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif di Abad 21. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Pratiwi, D., Putra, S., Darwiyanti, A., Nansi, W. S., Saptadi, N. T. S., Perang, B., ... & Alwi, M. (2024). Kebijakan Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Hadi, A., & Ramadhana, R. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Kelas VIII-A MTs Negeri 2 Makassar. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 46-54.

Abdurahman, A., Wiliyanti, V., & Tarrapa, S. (2024). Model pembelajaran abad 21. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Munir, N. S., Deviv, S. ., Nurhasana, N., & Sarianti, F. . (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inovatif Project Based Learning Berbantuan Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 2167–2177. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i3.2130

Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023). Memahami Media Untuk Efektifitas Pembelajaran. JUTECH: Journal Education and Technology, 4(2), 111-123.

Susanti, S., Aminah, F., Assa'idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak negatif metode pengajaran monoton terhadap motivasi belajar Siswa. Pedagogik: Jurnal Pendidikan dan Riset, 2(2), 86-93.

Harahap, M. F. (2025). Softball Olahraga Menyenangkan. NORMALISASI OLAHRAGA DAN AKTIVITAS FISIK DI ERA DIGITAL: Tantangan Menuju Indonesia Emas 2045, 91.

Angga, P. D., & Sari, A. J. (2025). Deep Learning: Bagaimana Implementasinya Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)?. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 10(2), 1373–1391. https://doi.org/10.29303/jipp.v10i2.3227

Serli Sapitri, & Ari Suriani. (2025). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Pragmatik : Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa Dan Pendidikan , 3(3), 282–292. https://doi.org/10.61132/pragmatik.v3i3.1844

Salamun, Widyastuti, A., Syawaluddin, Astuti, R. N., Simarmata, I., Simarmata, J., Simarmata, E. J., Yurfiah, Suleman, N., Lotulung, C., & Arief, M. H. (2023). Model-model pembelajaran inovatif . Yayasan Kita Menulis.

Muhammad, F. (2025). ANALISIS PARTISIPASI BELAJAR SISWA SUKU MELAYU DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SDN 03 BUAK LIMBANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025 (Doctoral dissertation, STKIP PERSADA KHATULISTIWA).

Kadir, M. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Materi Keragaman Floran dan Fauna di Indonesia Berbasis Android untuk Siswa Kelas VIII SMP IT Bina Insan Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Ristiani, R., Susanto, D., Amsad, L. N., & Rahmawati, E. (2025). Buku Referensi Model Pembelajaran Inovatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

2025-12-12