PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS GAME EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 6 METRO PUSAT
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS GAME EDUKASI DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 6 METRO PUSAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36353Keywords:
Discovery Learning, Energi, Game Edukasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi model pembelajaran Discovery Learning berbasis game edukasi pada materi “Sumber Energi dalam Kehidupan Sehari-hari” di kelas IV SDN 6 Metro Pusat dengan jumlah siswa 17 orang (8 laki-laki dan 9 perempuan) menggunakan Kurikulum Merdeka. Studi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif guna mengeksplorasi proses belajar yang melibatkan game edukatif sebagai sarana untuk mendorong keterlibatan aktif siswa dalam membangun pemahaman konsep. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 6 Metro Pusat. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan Game Based Learning meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar, mendorong kerja sama, serta memperkuat pemahaman konseptual melalui pengalaman belajar yang nyata. Dari hasil penyajian data melalui Observasi menunjukan 65% atau kriteria skor A sangat baik dan wawancara menunjukan sebanyak 87% siswa dengan jawaban setuju terhadap model pembelajaran Discovery Learning berbasis game edukasi atau dikatakan sangat kuat. Dengan demikian model pembelajaran Discovery Learning berbasis game edukasi terbukti mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan merangsang motivasi belajar siswa. Temuan ini menyiratkan bahwa penerapan Game edukatif yang terintegrasi dengan model Discovery Learning berpotensi menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan mutu pembelajaran IPAS di sekolah dasar.
Kata Kunci: Discovery Learning, Energi, Game Edukasi, Kurikulum Merdeka
Downloads
References
Bruner, J. S. (dalam Hosnan, M. 2020). Discovery Learning Theory. Dalam M. Hosnan (Ed.), Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Rajawali Pers.
Fikri, A., & Purnama, R. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Game. Deepublish. Yogyakarta.
Fitriyani, N. (2021). Media digital berbasis permainan dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendas Inovasi, 5(3), 230–241.
Hosnan, M. (2020). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Jakarta: Rajawali Pers.
Husna, L. R., Winarni, E. W., & Koto, I. (2024). Pengembangan e-modul sumber energi berbasis Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas IV. Jurnal KAPEDAS (Kajian Pendidikan Dasar), 3(1), 157–164.
fadah, D. (2024). Bentuk energi, cerita bergambar, dan model Discovery Learning untuk pembelajaran IPAS. Journal of Education and Research, 5(2), 77–85.
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif dan Interaktif di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Meiliasari, D., & Puspa Putri, A. (2025). Efektivitas game edukasi dalam pembelajaran IPAS berbasis Discovery Learning pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Kreatif, 9(1), 14–27.
Nugroho, A. (2023). Pengaruh penerapan model Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 7(2), 66–74.
Nur Cholifah, T., & Fada, S. (2022). Model Guided Discovery Learning berbasis game untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Educatio: Jurnal Pendidikan, 7(1), 45–53.
Pangaribowo, D. R. (2021). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada materi sumber-sumber energi di SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 98–107.
Piaget, J. (dalam Schunk, D. H. 2020). Learning Theories: An Educational Perspective (7th ed.). Boston: Pearson Education.
Putra, A. P., & Sari, N. L. (2022). Analisis implementasi model pembelajaran inovatif di sekolah dasar dalam konteks Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(4), 13450–13461.
Putri, R. A., & Rahman, A. (2023). Penerapan model Discovery Learning pada materi IPAS untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Pendidikan Sains dan Humaniora, 8(3), 188–198.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alfabeta.
Sari, L. P. (2021). Efektivitas model Discovery Learning berbasis game edukasi terhadap hasil belajar IPAS siswa sekolah dasar. Jurnal Pembelajaran Dasar Indonesia, 6(2), 101–110.
Schunk, D. H. (2020). Learning Theories: An Educational Perspective (7th ed.). Boston: Pearson Education.
Sulastri, D., Rahman, A., & Hidayat, R. (2023). Integrasi game edukasi dalam pembelajaran berbasis konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Basicedu, 7(5), 12214–12228.
Yusuf, M., & Widodo, A. (2023). Penerapan game edukatif dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 9, 88–97.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















