Cyber Crime dan Keamanan Digital Anak Sekolah Dasar: Perspektif Kriminologi dalam Pencegahan Dini di Lingkungan Pendidikan Dasar

Authors

  • Theresia Vivin Universitas Nusa Cendana
  • Yohana Kristina Nima Universitas Nusa Cendana
  • Oksix Godlavson Rutin Tari Universitas Nusa Cendana
  • Elisabeth Rari Basa Universitas Nusa Cendana
  • Kurniati Amir Universitas Nusa Cendana
  • Maria Kartika Jinas Universitas Nusa Cendana
  • Angelita Revalina Tallo Ati Universitas Nusa Cendana
  • Juwaldi Amheka Universitas Nusa Cendana
  • Menci Adi Yatr Nomleni Universitas Nusa Cendana
  • Naya Fransiska Talan Universitas Nusa Cendana
  • Fadil Mas’ud Universitas Nusa Cendana
  • Kevy Listiana Fransisca Taneo Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.36431

Keywords:

Kejahatan Siber, Keamanan Digital, Kriminologi

Abstract

Perkembangan teknologi digital yang pesat meningkatkan risiko kejahatan siber pada anak usia sekolah dasar, seperti cyberbullying, online grooming, pencurian identitas, dan pelanggaran privasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk cybercrime yang mengancam anak SD, menganalisis faktor-faktor kriminogen yang menyebabkan kerentanan daring, serta merumuskan strategi pencegahan dini di lingkungan pendidikan dasar. Penelitian menggunakan metode studi pustaka dengan menelaah literatur ilmiah terkait keamanan digital anak, fenomena cybercrime, dan teori kriminologi. Hasil kajian menunjukkan bahwa tingginya aktivitas digital tanpa literasi keamanan yang memadai membuat anak rentan terhadap manipulasi melalui media sosial, gim daring, dan aplikasi pesan. Pencegahan yang efektif membutuhkan integrasi literasi digital dalam kurikulum, peningkatan kompetensi guru, penyusunan kebijakan keamanan digital sekolah, serta keterlibatan orang tua dalam pengawasan daring. Literasi hukum digital juga menjadi elemen penting agar anak memahami etika dan tanggung jawab dalam aktivitas digital. Strategi pencegahan digital pada sekolah dasar harus bersifat multidimensional, mencakup pendekatan pedagogis, teknis, dan hukum untuk menciptakan lingkungan digital yang aman bagi peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Açar, Kemal Veli. 2016. “Sexual Extortion of Children in Cyberspace.” International Journal of Cyber Criminology 10(2):110–26. doi:10.5281/zenodo.163398.

Collins, Sean P., Alan Storrow, Dandan Liu, Cathy A. Jenkins, Karen F. Miller, Christy Kampe, and Javed Butler. 2021. “No Title 済無No Title No Title No Title.” 10:167–86.

Dzulfian Syafrian, dkk. 2025. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Sustainability (Switzerland) 11(1):1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.

Ebrahimi, Elham, Marjorie Pare, Geoff Stoker, and Shauna White. 2025. “Cybersecurity Early Education: A Review of Current Cybersecurity Education for Young Children.” International Conference on Computer Supported Education, CSEDU - Proceedings 1(Csedu):822–33. doi:10.5220/0013501000003932.

Kardefelt Winther, Daniel, Mariya Stoilova, Moritz Büchi, Rogers Twesigye, David Smahel, Marie Bedrosová, Nikol Kvardová, and Sonia Livingstone. 2023. “Children’s Exposure to Hate Messages and Violent Images Online.” UNICEF Innocenti – Global Office of Research and Foresight 1–8.

Maruti, Endang Sri, and Inin Ananta. 2024. “Cyberbullying Among Elementary School Students on TikTok Social Media Platform.” Madako Elementary School 3(1):55–67. doi:10.56630/mes.v3i1.219.

Mas, Fadil, Yunitha Devrudyan Doko, and Karolus Budiman Jama. 2025. “Pendidikan Bahasa Indonesia Sebagai Sarana Penguatan Literasi Hukum Di Era Digital.” Haumeni Journal of Education 5(2):9–21. doi:10.35508/haumeni.v5i2.24455.

Mukminah, Nurul, and Lisa Amalia. 2023. “Analysis of the Threat of Cyber Crime on Elementary School - Age Children in the Digital Era.” International Conference on Islamic … 160–69. http://103.142.62.229/index.php/icis/article/view/1453%0Ahttp://103.142.62.229/index.php/icis/article/download/1453/606.

Naimah, Muhammad Fauzan Muttaqin, and Meilina. 2024. “Implementasi Literasi Digital Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 7(1):85–94. doi:10.23887/jippg.v7i1.75992.

OECD. 2021. “Children in the Digital Environment.” OECD Publishing (302).

Ondrušková, Dana, and Richard Pospíšil. 2023. “The Good Practices for Implementation of Cyber Security Education for School Children.” Contemporary Educational Technology 15(3). doi:10.30935/cedtech/13253.

Sarjono.dd. 2013. “Metode Penelitian,(Library Research).” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9):1689–99.

Von Solms, Rossouw, and Sune Von Solms. 2015. “Cyber Safety Education in Developing Countries.” IMSCI 2015 - 9th International Multi-Conference on Society, Cybernetics and Informatics, Proceedings 13(2):173–78.

Tintori, Antonio, Giulia Ciancimino, Ilaria Bombelli, Daniele De Rocchi, and Loredana Cerbara. 2023. “Children’s Online Safety: Predictive Factors of Cyberbullying and Online Grooming Involvement.” Societies 13(2). doi:10.3390/soc13020047.

Wefers, Sarah, Therese Dieseth, Emily George, Ida Øverland, and Jayeta Jolapara. 2024. “Sexual Offending Understanding and Deterring Online Child Grooming : A Qualitative Study Non-Technical Summary.”

Yuanata, Armawanti. 2025. “Analisis Deskriptif Pola Cyberbullying Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar Dan Strategi Pencegahannya.” DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar 8(1):p-ISSN.

Downloads

Published

2025-12-13